Nyari Bisnis https://nyaribisnis.com Tempat Cari Ide Bisnis Usaha 2019 Thu, 18 Feb 2021 07:56:43 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.4 https://nyaribisnis.com/wp-content/uploads/2019/07/nb-150x150.png Nyari Bisnis https://nyaribisnis.com 32 32 Ini Dia Manfaat Serat Kelapa https://nyaribisnis.com/manfaat-serat-kelapa/ Thu, 18 Feb 2021 07:26:52 +0000 https://nyaribisnis.com/?p=8550 Buah kelapa yang sudah menua umurnya, kulitnya akan berubah menjadi sabut kelapa . Sabut kelapa ini, memiliki serat yang bisa di manfaatkan dalam berbagai hal seperti kerajinan dan lain – lain. Ini dia manfaat serat kelapa yang mungkin kalian belum melihat. Yuk kita simak pembahasan berikut! Ini Dia Manfaat Serat Kelapa Yang Di Sulap Menjadi...

The post Ini Dia Manfaat Serat Kelapa appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Buah kelapa yang sudah menua umurnya, kulitnya akan berubah menjadi sabut kelapa . Sabut kelapa ini, memiliki serat yang bisa di manfaatkan dalam berbagai hal seperti kerajinan dan lain – lain. Ini dia manfaat serat kelapa yang mungkin kalian belum melihat. Yuk kita simak pembahasan berikut!

Ini Dia Manfaat Serat Kelapa Yang Di Sulap Menjadi Barang Yang Fungsional

1. Lingkaran Dekorasi

Kamu sedang mendekorasi rumahmu, sedang ada acara ulang tahun?, Atau pernikahan dengan tema rustik dan vintage? Dia, kamu harus mencoba cincin dekorasi yang terbuat dari serat sabut kelapa ini. Selain menambah kesan estetika yang keren, dekorasi cincin juga bisa di tambahkan dengan dekorasi lainnya. Seperti, tambah bunga kering, di padukan dengan inisial nama, dan lain-lain.

Ring dekorasi juga bisa digunakan untuk wadah seserahan, wadah perhiasan pernikahan, hingga panjang depan pintu. Harganya juga cukup terjangkau, lingkaran lingkungan dekorasi yang terbuat dari akar rotan. Cincin dekorasi kerajinan dari serat sabut kelapa ini, bisa di banderol mulai dari Rp9.000 hingga puluhan ribu rupiah. Jadi, selain cantik, beragam kerajinan dekorasi dari sabut kelapa ini, tergolong murah.

2. Tali Rami

Kerajinan dari serat sabut kelapa yang pertama adalah tali rami. Kerajinan yang satu ini juga menjadi salah satu kerajinan yang sering di cari. Karena sedang tren. Kerajinan vintage yang sedang tren, memang mempunyai keindahan yang unik. Karena, dapat memberikan kesan yang natural.Soal, banyak orang yang membuat kerajinan vintage untuk jual, di jual penawaran untuk digunakan sendiri.

Nah, salah satu perlengkapan yang bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan vintage tahun tali rami ini. Kamu bisa menggunakan tali rami untuk mengikat kado, tempat menggantungkan foto, aksesoris, proyek DIY, hingga bahan kreatif lainnya. Untuk pembuatan mesin ini biasanya harus menggunakan mesin khusus yakni  pemintal sabut kelapa  . Agar hasil tali lebih kuat dan tahan lama

2. Sapu Ijuk

Masih bisa bertahan di orde milenial, kerajinan dari serat sabut kelapa yang satu ini, memang memiliki kesan jadul tapi sangat fungsional. Ya, benar sekali sapu yang terbuat dari sabut kelapa, masih tak mau kalah dari sapu-sapu modern zaman sekarang.Sebagian besar masyarakat mungkin masih menggunakan sapu sabut kelapa, dengan alasan kotoran debu lebih mudah di bersihkan, lebih murah, tahan lama, hingga lebih ramah lingkungan.

Pasalnya, kini sapu modern, yang terbuat dari bahan plastik sintetis yang tidak tahan lama dan tidak ramah lingkungan. Harganyapun juga lebih mahal dari sapu ijuk ini. Sedangkan harga sapu sabut kelapa di banderol mulai dari Rp5.000 hingga Rp30.000 saja.Apalagi jika kamu langsung membelinya di lokasi pengrajin, kemungkinan besar akan mendapatkan harga yang lebih murah, sudah berada di warung atau toko.

3. Pot Tanaman Hias

Buat kalian yang suka bercocok dan menanam, dan menyukai tanaman, sepertinya kamu wajib punya salah satu kerajinan dari sabut kelapa ini. Ya, pot tanaman dari serat sabut kelapa.Selain menjadi pot, sabut kelapa juga bisa digunakan sebagai media tanaman, jadi tidak perlu menambahkan tanah lagi, atau bisa menggunakan cocofiber.

Tanaman yang biasanya menggunakan pot tanaman dari sabut kelapa ini adalah bunga anggrek. Selain itu, pot yang memiliki warna dan bahan yang menyatu dengan alam, jadi terlihat lebih indah, cantik, dan natural.Jadi buat kalian yang ingin mencoba pot ini silahkan mencari di toko pengerajin ya.

 

Demikian pembahsan tentang manfaat serat sabut kelapa . Semoga pembahasan kali ini dapat menambah ilmu dan wawasan teman – teman semuanya. Sekian Terima Kasih

The post Ini Dia Manfaat Serat Kelapa appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Kegunaan Serat Sabut Kelapa https://nyaribisnis.com/kegunaan-serat-sabut-kelapa/ Thu, 18 Feb 2021 06:47:21 +0000 https://nyaribisnis.com/?p=8545 Seperti yang diketahui kita, Serat sabut kelapa tua mempunyai banyak manfaatnya. Hal ini juga bisa membuka peluang bisnis serat sabut kelapa lho. Di pembhasan kali ini, saya akan memberikan informasi tentang kegunaan serat sabut kelapa dalam kehidupan sehari – hari. Yuk kita simak bersama – sama. Mengenal Serat Sabut Kelapa Bagi kalian yang belum mengerti...

The post Kegunaan Serat Sabut Kelapa appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Seperti yang diketahui kita, Serat sabut kelapa tua mempunyai banyak manfaatnya. Hal ini juga bisa membuka peluang bisnis serat sabut kelapa lho. Di pembhasan kali ini, saya akan memberikan informasi tentang kegunaan serat sabut kelapa dalam kehidupan sehari – hari. Yuk kita simak bersama – sama.

Mengenal Serat Sabut Kelapa

Bagi kalian yang belum mengerti apa itu sabut kelapa, sabut adalah bagian mesokarp (selimut) yang berupa serat-serat kasar kelapa. Bagian yang berserabut ini merupakan kulit luar dari buah kelapa dan dapat digunakan sebagai bahan baku aneka industri.

Serat adalah bagian yang berharga dari sabut. Melihat sifat fisiknya sabut kelapa terdiri dari serat kasar dan juga yang halus, kualitas serat di tentukan oleh warna, yang mengandung unsur kayu. Produk yang sudah diciptakan dari bagian buah kelapa yang berserabut ini seperti karpet, keset, sikat, bahan pengisi jok mobil, tali dan lainnya.

Isi Dan Kandungan Serat Sabut Kelapa

Kandungan Dari sabut dapat di dapat dari serat matras, serat berbulu, serta sekam atau dedak atau gabus. Serat matras tersebut di peruntukkan untuk sikat pembersih, sapu, keset kaki sedangkan sekam atau gabus di gunakan sebagai media tanam dan pupuk kalium. Selain itu karena serat yang mempunyai gambar yang khas menjadikan sabut kelapa banyak dijadikan sebagai kerajinan.

Alat Untuk Mengolah Serat Sabut Kelapa

Bisnis sabut kelapa biasanya selalu di ini biasanya selalu di imbangi dengan alat tertentu. Perlu Anda ketahui juga, peralatan dalam pengolahan sabut kelapa yang digunakan sudah lebih modern dan tersedia di pasaran, seperti  mesin pengupas sabut kelapa. Di bawah ini adalah pembahasan serat sabut kelapa sangat berguna di kehidupan. Yuk mari kita simak bersama -sama!

Manfaat Serat Dan Sabut Kelapa Untuk Kehidupan Sehari – hari

  1. Bahan Pembuatan Sapu
  2. Bahan Pembuatan Keset / Alas Kaki
  3. Sebagai Penyaring Air
  4. Sebagai Pengganti Kayu Untuk Memasak
  5. Penetralisir Kolam dari Air dan Bau Semen
  6. Penetralisir Bak Mandi dari Bau Semen
  7. Sebagai Bahan Pembuatan Tali

Manfaat Serat Dan Sabut Kelapa Dalam Dunia Industri

Banyak limbahnya menjadi sampah. Oleh karena itu, sabut kelapa di negara Indonesia menjadi peluang bisnis yang tepat bagi pengusaha. Mereka mulai melirik usaha limbah sabut kelapa untuk diolah menjadi barang yang lebih berguna, bernilai dan lebih bermanfaat. Dalam dunia industri sabut kelapa dapat di olah menjadi sesuatu yang bernilai dengan jual tinggi. Misalnya:

  1. Bahan Pembuatan Kerajinan Tangan
    Saat ini banyak sekali barang-barang industri yang terbuat dari bahan sabut kelapa yang memiliki nilai jual tinggi. Misalnya tas, dompet, dan berbagai bentuk hiasan atau pernak-pernik lainnya.
  2. Bahan Pembuatan Briket
    Biasanya terbuat dari batubara, namun sekarang sudah banyak industri yang memproduksi briket dari bahan limbah sabut kelapa. Karena briket sabut kelapa terbukti lebih ramah lingkungan dan biaya produksinya pun lebih rendah dari briket batubara.
  3. Bahan Pembuatan Karpet
  4. Komposisi Pembuatan Kasur dan Bantal
  5. Berguna Untuk Pembuatan Jok Kendaraan
  6. Campuran Bahan Pembuatan Dashboard Kendaraan
  7. Bisa Untuk Pembuatan Hardboard
  8. Bahan Pembuatan Lapisan Spring Bed
  9. Sebagai Penahan Erosi

Manfaat Serat Dan Sabut Kelapa Dalam Dunia Pertanian

Pemanfaatan serat sabut kelapa dalam dunia pertanian tidak lepas dari kandungan unsur hara yang di dalamnya. Kandungan unsur hara tersebut antara lain Kalium, Fosfor, Kalsium, Magnesium, Natrium, dan beberapa kandungan mineral lainnya. Selain itu, sabut kelapa memiliki kemampuan menyimpan air yang sangat baik. Sabut kelapa mampu menyerap dan menyimpan udara 5 sampai 6 kali lipat dari volumenya. Pemanfaatan sabut kelapa dalam dunia pertanian antara lain:

  1. Untuk Sumber Hara Kalium Organik
  2. Berguna Pupuk Organik Padat
  3. Sebagai Pupuk Organik Cair
  4. Berfungsi Campurang Media Tanam
  5. Alat Media Tanam Sistem Hidroponik
  6. Campuran pH Penetral Tanah

Nah, demikian itu pembahasan tetang kegunaan serat sabut kelapa. Semoga pembahasan kali ini menambah pengetahuan dan wawasan kalian semuaya. Sekian Terima Kasih

The post Kegunaan Serat Sabut Kelapa appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Cara Berternak Ayam Petelur Bagi Pemula https://nyaribisnis.com/cara-berternak-ayam-petelur-bagi-pemula/ Thu, 18 Feb 2021 04:51:28 +0000 https://nyaribisnis.com/?p=8537 Cara beternak ayam petelur bagi pemula. Budidaya ternak ayam petelur merupakan salah satu jenis bisnis yang sepertinya sudah mulai diminati oleh sebagian besar masyarakat. Hal tersebut dikarenakan selain harga telur yang cukup mahal, bisnis satu ini juga termasuk salah satu bentuk budidaya yang sangat mudah dilakukan, termasuk bagi para pemula. Ayam Petelur Secara garis besar,...

The post Cara Berternak Ayam Petelur Bagi Pemula appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Cara beternak ayam petelur bagi pemula. Budidaya ternak ayam petelur merupakan salah satu jenis bisnis yang sepertinya sudah mulai diminati oleh sebagian besar masyarakat. Hal tersebut dikarenakan selain harga telur yang cukup mahal, bisnis satu ini juga termasuk salah satu bentuk budidaya yang sangat mudah dilakukan, termasuk bagi para pemula.

Ayam Petelur

Secara garis besar, beternak ayam petelur adalah pemeliharaan ayam yang memang bertujuan untuk menghasilkan telur. Seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan telur itu sendiri membuat bisnis satu ini akan sangat menjanjikan bagi siapapun yang menjalankannya.

Ternak ayam petelur berisi ayam betina yang menghasilkan telur dalam jumlah besar, kemudian telur dijual di pasaran. Meskipun terdengar mudah dan memiliki peluang yang baik menjalankan bisnis, tentu kamu harus tahu terlebih dahulu cara bisnis ini, bukan?

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara beternak ayam petelur bagi pemula. Tertarik mencobanya?

Cara Beternak Ayam Petelur

1. Persiapan Lokasi Dan Kandang

Cara Beternak Ayam Petelur Bagi Pemula

Langkah pertama untuk beternak ayam petelur adalah dengan mempersiapkan lokasi dimana kamu akan membuat kandang. Usahakan agar lokasi kandang yang kamu pilih terletak cukup jauh dari pemukiman warga,

agar tidak ada timbulnya bau dari kotoran serta mencegah terjadinya keributan yang diakibatkan oleh ayam, sehingga warga sekitar juga tidak akan terganggu. Selain itu, lokasi yang tidak terlalu ramai juga mencegah terjadinya stress pada ayam.

Namun, perlu diperhatikan pula bahwa lokasi budidaya ternak ayam petelur juga bisa dengan mudah dijangkau oleh transportasi, khususnya motor, agar proses pengawasan dan pemeliharaanpun berlangsung dengan mudah.

Untuk kandang budidaya ternak ayam petelur, terdapat dua tipe yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu kandang umparan atau koloni dan kandang baterai. Tentu saja kedua kandang tersebut masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan yang perlu kamu pertimbangkan.

Kelebihan dari kandang umparan yaitu kamu bisa meletakan begitu banyak ayam di dalam satu kandang. Hanya saja kekurangan dari jenis kandang ini yaitu bahwa ayam akan bertelur langsung di lantai sehingga kamu perlu mengumpulkan telur-telur secara khusus.

Sedangkan untuk kandang baterai, ruang kandang jauh lebih terbatas sehingga ayam bisa akan lebih focus untuk bertelur. Dalam kandang baterai, satu kandang hanya dapat diisi oleh satu ekor ayam saja dan tidak memakan banyak tempat karena kandang tersebut bisa disusun hingga 4 tingkat ke atas.

Pemilihan Bibit Ayam Petelur

Cara Beternak Ayam Petelur Bagi Pemula

Pemilihan bibit merupakan salah satu cara budidaya ternak ayam petelur yang paling penting dan menjadi kunci kesuksesan dalam bisnis. Nah, untuk bibit ayam petelur itu sendiri terdapat dua jenis, yaitu ayam ras petelur putih dan ayam petelur coklat.

Ayam dengan ras petelur coklat memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan ayam petelur putih. Akan tetapi, secara kandungan nutrisi kedua telur tersebut sama saja. Perlu diperhatikan bahwa di dalam budidaya ternak ayam petelur, memilih bibit haruslah yang sehat tanpa cacat sama sekali.

Selain itu, bulu harus menutup rata dengan pertumbuhan yang normal, serta berasal dari indukan unggul atau penjual yang terpercaya. Jika kamu berencana untuk membeli bibit dalam rangka budidaya ternak ayam petelur dari anakan, maka perhatikan apakah anak ayam tersebut berasal dari induk yang  sehat atau tidak.

berikur ciri-ciri anakan yang berkualitas :

  • Bulu yang menutup dengan rata dan halus
  • Tidak ada cacar pada tubuh
  • Nafsu makan yang baik
  • Ukuran badan normal dengan berat badan yang ideal
  • Tidak ada feses atau kotoran pada bagian duburnya

Pakan Ayam Petelur

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting di dalam budidaya ternak ayam petelur yaitu cara pemberian pakan. Pakan yang berkualitas adalah pakan yang mengandung protein, karbohidrat, mineral, kalsium, serta vitamin untuk memenuhi kebutuhan sang ayam.

Kamu bisa memberikan pakan kepada ayam dalam bentuk konsentrat, dedak dan jagung yang telah digiling menggunakan mesin. Perlu diingat bahwa ayam yang kurang mendapatkan pakan tidak bisa memberikan hasil produksi yang maksimal,

sehingga pakan apa yang kamu berikan kepada ayam akan sangat mempengaruhi keberhasilan bisnis budidaya ternak ayam petelur yang tengah kamu jalani. Namun, harus diketahui pula bahwa ayam juga tidak bisa mendapatkan pakan yang berlebih lho, karena hal tersebut akan membuat ayam mengalami penumpukan lemak serta menurunkan produksi telur.

Perawatan

Yang namanya melakukan ternak, perawatan pastinya sangat penting, begitu pula dengan budidaya ternak ayam petelur, yaitu dengan cara memberikan vaksin dan vitamin secara rutin. Dengan begitu, kekebalan tubuh ayam akan lebih terjaga. Kebersihan kandang juga bisa mempengaruhi kesehatan ayam,

sehingga jangan sampai kamu membiarkan kotoran ayam hingga menumpuk di kandangnya. Untuk pembersihannya itu sendiri, kamu bisa melakukan pembersihan berkala dengan menggunakan disinfektan atau cuci kutu guna menjaga kandang agar lebih steril.

Panen Telur

Ayam petelur biasanya akan mulai menghasilkan telur setelah memasuki usia 4 bulan, yang mana setiap hari mereka bisa menghasilkan telur untuk kamu kumpulkan atau kamu panen. Nah, setelah dipanen janganlah langsung dipasarkan, karena kamu juga harus mensortir dan memisahkan antara telur yang memiliki kualitas baik dan telur abnormal.

Biasanya telur abnormal memiliki ukuran yang lebih besar, lebih kecil, atau dengan bentuk yang aneh, seperti lonjong dan gepeng. Perlu diketahui bahwa hanya telur yang berkualitas saja yang pada nantinya bisa kamu jual di pasaran.

The post Cara Berternak Ayam Petelur Bagi Pemula appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Serat Kelapa Dan Manfaatnya https://nyaribisnis.com/serat-kelapa-dan-manfaatnya/ Thu, 18 Feb 2021 04:18:59 +0000 https://nyaribisnis.com/?p=8516 Serat kelapa dan manfaatnya. Seperti yang kita ketahui bersama, Buah kelapa muda mempunyai banyak manfaat yang melimpah. Tidak hanya buah kelapa muda saja, buah kelapa juga memiliki manfaat yang melimpah dan juga bisa mendatangkan peluang bisnis dengan hasil yang menggiurkan lho. Yuk kita simak bersama! Mengenal Serat Sabut Kelapa Serat sabut kelapa adalah bagian mesokrap...

The post Serat Kelapa Dan Manfaatnya appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Serat kelapa dan manfaatnya. Seperti yang kita ketahui bersama, Buah kelapa muda mempunyai banyak manfaat yang melimpah. Tidak hanya buah kelapa muda saja, buah kelapa juga memiliki manfaat yang melimpah dan juga bisa mendatangkan peluang bisnis dengan hasil yang menggiurkan lho. Yuk kita simak bersama!

Mengenal Serat Sabut Kelapa

5 manfaat kelapa yang belum kalian ketahui

Serat sabut kelapa adalah bagian mesokrap dengan kata lain, (selimut) yang biasanya kita liat di pinngiran jalan atau suatu daerah yang sudah menjadi limbah. penggunaan yang paling umum biasanya di gunakan untuk sistem sistem pembakaran. sabut kelapa yang di urai biasanya akan menghasilkan serat sabut dengan kata lain, (cocofibre) dan juga serbuk sabut dengan nama lain yakni, (cococoir).

Hasil utama dari sabut ialah serat sabut. Dari olahan serat sabut kelapa ini, banyak menghasilkan beragam variasi produk dan manfaatnya sangat luar biasa sekali. Di negara Indonesia sendiri sabut kelapa sering di gunakan untuk pupuk tanaman organik. Banyak alat dan  mesin serbaguna  yang sudah tersedia untuk menunjang pengolahan sabut dan serat kelapa ini.

Pada saat pengolahan kulit kelapa menjadi sabut dia akan menghasilkan limbah yang berupa butiran-butiran kecil yang di namakan dengan cocopeat. Cocopeat banyak di pergunakan kebutuhan pertanian smisalnya di jadikan sebagai media pencangkokan tanaman dan juga sebagai media tanam karena memiliki daya serap terhadap air yang tinggi. Ini dia penjelasan serat kelapa dan 5 manfaatnya.

Serat Kelapa Dan Manfaatnya

5 manfaat kelapa yang belum kalian ketahui

1. Sebagai Pupuk Organik

Seperti yang kita ketahui, masyarakat khususnya di negara Indonesia memanfaatkan serat kelapa ini untuk di jadikan pupuk oraganik. Serat kelapa ini, biasanya di olah bersama bahan zat khusus dan di jadikan pupuk organik pertanian yang biasanya digunakan oleh petani di Indonesia. Serat kelapa termasuk bahan organik yang juga bisa dimanfaatkan dan di olah menjadi banyak lagi macam – macam olahan.

2. Pembuatan Sapu Ijuk

Para ibu – ibu negara Indonesia pasti tidak ada dengan sapu satu ini. Ya, benar sekali. Sapu ijuk yang berbahan dasar sabut serat kelapa ini sudah banyak akal dan di pasarkan di berbagai wilayah indonesia. Khususnya daerah desa yang masih tradisional, masyarakatnya mungkin masih banyak menggunakan sapu ini.

Tetapi sekarang, sudah banyak sapu modern yang menggantikan sapu ijuk serat sabut kelapa ini. Karena, sapu sekarang harganya terjangkau dan kualitas daya tahan lebih lama dari sapi ijuk yang berbahan dasae serat sabut kelapa.

3. Sebagai Keset Kaki

Banyak sekali rumah di Indonesia yang menggunakan keset dari serat sabut kelapa ini, Keset ini beguna untuk membersihkan telapak kaki kita. Dari bahannya yak empuk serat sabut kelapa ini juga sangat baik dalam penyerapan udara. Jadi, tidak sedikit juga variasi keset di negara Indonesia yang sudah masuk di masyarat mulai yang berbentuk persegi panjang, bertuliskan selamat datang, dan banyak lagi.

4. Penghilang Bau Semen

Kalian baru selesai membuat kolam ikan untuk di pelihara? kalian masih nunggu sumpah aroma semen yang lama? Nah, ini dia solusi menghilangkan aroma semen yang masih baru. Seperti yang kita ketahui, saat kita memberdayakan ikan atau membudidayakan ikan pastinya kita tidak mau ikan tersebut mati atau tidak berkembang karena suatu masalah yakni aroma semen pada kolam ikan.

Hal ini dapat di atasi dengan serat sabut kelapa. Ya, benar sekali tidak hanya mudah di dapatkan, serat sabut kelapa ini bisa menetralisir aroma atau bau semen yang masih baru pada kolam yang akan di tempati ikan. Dengan memasukan serat serabut kelapa ini ke dalam kolam bersama ikan dan udara, aroma semen pada kolam yang masih baru akan hilang. Hal ini bertujuan agar ikan dapat berkembang biak dengan baik dan tidak mati.

5. Membuat Tali

5 manfaat kelapa yang belum kalian ketahui

Kalian pernah bermain permainan tarik tali tambang? tanpa kalian kadang-kadang tali tersebut terbuat dari serat sabut kelapa lho, Benar sekali, serat sabut kelapa ini juga bisa di olah dan di jadikan sebagai tali. tidak hanya tali untuk permainan tarik tambang, tali dari serat sabut kelapa ini juga bisa membuat tali barang – barang yang berat karena, serat sabut kelapa yang sudah di buat menjadi tali biasanya melewati proses yakni memintal tali.

Proses ini biasanya menggunakan khusus. Mesin Pemintal tali sabut  biasanya digunakan untuk membuat kerajinan yang menggunakan tali dari bahan dasar searat sabut kelapa. Karena proses ini menggunakan mesin yang canggih dan cepat, hasil dari tali tersebut menjadi kuat, kokoh, dan tahan lama juga. Pembuatan tali dari serat sabut kelapa ini juga bisa mendatangakan bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan yang banyak.

 

Demikian pembahasan tentang manfaat serat sabut kelapa . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu bagi kalian semua. Sekian Dan Terima Kasih.

The post Serat Kelapa Dan Manfaatnya appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Cara Ternak Ayam kampung Biar Cepat Besar https://nyaribisnis.com/cara-ternak-ayam-kampung-biar-cepat-besar/ Thu, 18 Feb 2021 04:07:49 +0000 https://nyaribisnis.com/?p=8506 Cara beternak ayam kampung biar cepat besar. Sebagian masyarakat menganggap beternak ayam kampung sama dengan ayam buras. Padahal ada perbedaan sebutan antara ayam buras dan ayam kampung. karena ayam buras digunakan untuk menyebut jenis ayam yang bukan ras, untuk membedakannya dengan jenis ayam ras seperti ayam broiler atau ayam petelur. Ayam Kampung Ayam kampung termasuk...

The post Cara Ternak Ayam kampung Biar Cepat Besar appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Cara beternak ayam kampung biar cepat besar. Sebagian masyarakat menganggap beternak ayam kampung sama dengan ayam buras. Padahal ada perbedaan sebutan antara ayam buras dan ayam kampung. karena ayam buras digunakan untuk menyebut jenis ayam yang bukan ras, untuk membedakannya dengan jenis ayam ras seperti ayam broiler atau ayam petelur.

Ayam Kampung

Ayam kampung termasuk jenis ayam buras. Jenis-jenis ayam buras antara lain ayam bangkok, ayam pelung, ayam arab, ayam kedu, ayam katai, ayam nunukan dan lain-lain. Awal mula beternak ayam kampung banyak dilakukan secara subsisten alias sebagai sampingan saja.

Ayam kampung dipelihara di pekarangan rumah dengan sistem umbaran, atau di bebaskan. Tujuan beternak ayam kampung untuk diambil dagingnya karena produksi telurnya lebih rendah daripada ayam petelur. Seiring meningkatnya permintaan ayam kampung baik daging maupun telurnya,

beternak ayam kampung kini banyak dibudidayakan secara semi intensif dan intensif. Ternak ayam kampung tidak hanya diambil dagingnya, melainkan banyak juga yang mengambil telurnya.
Untuk produksi telur, sebagian peternak lebih memilih jenis ayam buras lain yang memiliki produksi lebih tinggi.

Di antaranya jenis ayam arab dan pocin. Yang karakteristik telurnya mirip dengan ayam kampung. Sebagai perbandingan, produksi telur ternak ayam kampung hanya 115 butir per tahun, sedangkan ayam arab bisa mencapai 225 butir telur per tahun.

Sistem Beternak Ayam Kampung

Cara Beternak Ayam Kampung BIar Cepat Besar

a. Sistem Betermak Umbaran

Untuk beternak ayam kampung sistem umbaran, tidak ada ketentuan bentuk kandang khusus. Oleh karena disebut kandang acakan. Hal yang harus di perhatikan kandang tersebut adalah melindungi ayam dari dinginnya malam dan tangan jahil.

Upaya sistem umbaran adalah ayam dibiarkan lepas liar. Pada pagi ayam dilepaskan dan menjelang sore ayam akan masuk dalam kandang. Sistem umbaran ini sangat cocok dilakukan di perkampungan yang masih memiliki pekarangan luas. Dengan sistem ini, kamu bisa lebih hemat dalam memberikan pakan dan perawatan ayam.

Ayam biasanya mencari pakan sendiri. Namun sistem ini memiliki kelemahan, produktivitas beternak ayam kampung dengan sistem ini sangat rendah. Selain itu, ayam menjadi liar bahkan sampai tidak mau masuk kandang dan tidur bertengger di pohon.

Perkawinan pada ayam kampung sistem umbaran terjadi secara alami seperti di alam bebas. Biasanya ayam betina yang bertelur akan mengerami telurnya sampai menetas dan memelihara anak-anak mereka. Peternak hanya perlu menyediakan tempat untuk bertelur yang nyaman bagi ayam betina.

b. Sistem Beternak Semi Intensif

sedangkan sistem semi intensif biasa menggunakan kandang tipe pekarangan. Kandang bertipe berupa hamparan lahan yang di kelilingi pagar agar ayam tidak bisa kabur dari kandang tersebut. Dalam area kandang di sediakan kandang tertutup untuk tempat ayam beristirahat dan berteduh dari hujan.

Tipe kandang pekarangan sebaiknya dibiarkan beralaskan tanah dan ditumbuhi hijauan seperti rerumputan. Sesekali tanah bisa dicangkuli agar tidak terlalu padat sehingga cacing tanah bisa tumbuh untuk pakan alami ayam. Tipa kandang lain seperti tipe postal dan tipe baterai jarang digunakan untuk ternak ayam kampung.

Alasannya, karena biaya pembuatan dan operasionalnya tidak sebanding dengan produktivitas ayam kampung. Kecuali untuk beberapa jenis ayam buras lainnya seperti ayam arab, ayam poncin, ayam nunukan dan ayam kampung unggul hasil silangan.

Perkawinan pada sistem semi intensif, memanfaatkan kandang koloni. Kandang berukuran luas 1×2 meter dengan tinggi 0.75-100 cm. Kandang sebesar ini bisa dihuni oleh 6 induk betina dan 1 ekor jantan. Perkawinan bisa terjadi dalam beberapa hari. Setelah induk betina dikawini pejantan,

dalam tempo tiga hari telur yang dihasilkan bisa dipastikan fertil atau bisa menetas (tiga hari terhitung sejak kawin bukan masuk kandang). Telur yang dihasilkan dalam kandang koloni segera dikeluarkan dan diambil untuk dierami oleh indukan lain. Atau bisa juga dierami unggas lain seperti entog atau bebek.

Atau bisa menggunakan inkubator. Bila indukan betina dalam kandang koloni mengalami masa mengeram bisa dihilangkan dengan diguyur atau direndamnya dalam air bersih.

Perawatan Ayam Kampung

Cara Beternak Ayam Kampung BIar Cepat Besar

Ternak ayam kampung biasanya tidak membedakan antara ayam petelur dan ayam pedaging. Produktivitas bertelur ayam kampung sangat rendah, sekitar 115 butir per tahun. Pertumbuhannya juga lambat, hingga umur 2 bulan ukuran ayam masih sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Baru pada umur 8-12 bulan ayam kampung sudah siap untuk ukuran konsumsi.
Ada anggapan keliru mengenai ayam kampung, yaitu ayam betina hanya bisa bertelur apabila dikawini oleh pejantan. Pendapat itu keliru, karena ayam kampung seperti juga ayam ras petelur
dan unggas lainnya bisa bertelur meski tidak dikawini. Ayam kampung juga bisa produktif asal mendapatkan perlakuan dan pemberian pakan yang tepat. Telur yang dihasilkan karena tidak dikawini infertil dan tidak akan menetas
Ayam kampung sudah bisa bertelur setelah berumur 6 bulan. Tidak seperti ayam ras, betina ayam kampung mempunyai naluri yang tinggi untuk mengerami telur dan memelihara anaknya. Saat periode mengerami dan mengasuh anak, ayam betina menjadi agresif untuk melindungi anaknya.

Pakan Ayam Kampung

Tidak banyak pabrikan yang memproduksi pakan untuk ayam kampung, beberapa ada pakan untuk ayam buras jenis lain seperti ayam arab, ayam poncin, ayam kampung unggul. Bila pakan ayam ras diberikan untuk ternak ayam kampung bisa dipastikan biaya produksinya terlalu mahal.

Untuk menyiasati mahalnya pakan, peternak bisa meramu pakan buatan. Ayam kampung membutuhkan pakan yang mengandung protein kasar 12% dan energi sebesar 2500 kkal/kg. Berikut cara membuat pakan untuk ayam kampung:
  • Pakan untuk ayam umur 0-2 bulan bisa menggunakan pakan ayam broiler. Untuk umur ayam 2-4 bulan bisa diberikan pakan broiler dicampur dengan dedak dan jagung dengan perbandingan 1:3:1.
  • Untuk ayam dengan umur di atas 4 bulan, bisa diberikan campuran antara layer dan dedak atau jagung dengan perbandingan 1:2. Berikan pula hijauan sebanyak 20 % dari kebutuhan pakannya. Kebutuhan pakan sekitar 7-8 gram per hari, bisa diberikan 2-3 kali sehari.
  • Untuk ayam yang masuk periode bertelur, biasanya umur lebih dari 6 bulan, berikan pakan berupa campuran dari layer dan dedak dengan perbandingan 1:1. Dan tambahkan hijauan sebanyak 25% dari kebutuhan pakannya. Kebutuhan pakan untuk periode ini 85 gram per hari, bisa diberikan 2-3 kali sehari.
  • Bila tidak mau membeli pakan pabrikan, bisa dibuatkan pakan dari sumber alternatif. Berikut bahan-bahan yang bisa dijadikan pakan untuk ternak ayam kampung: talas (umbi dan daunnya), beras paling murah, dedak, tepung tulang atau cangkang keong. Anda bisa membuatnya menggunakan mesin pembuat pakan.

Masa Panen Dan Penjualan

Berbeda dengan ternak ayam ras, ternak yam kampung kebanyakan tidak fokus pada telur atau daging saja. Melainkan dijalankan secara sekaligus baik daging maupun telur. Jadi, penjualan ayam kampung juga tidak ketat pada hari atau bulan ke sekian ayam harus dipanen. Peternak mempunyai keleluasaan untuk menunggu harga terbaik.
Ayam kampung bisa dikonsumsi setelah umur lebih dari 8 bulan. Bila harga pada saat itu, tidak menarik peternak bisa menunggu hingga umur 12 bulan atau lebih. Ayam bisa diarahkan untuk diambil telurnya saja. Kecuali untuk telur, bila telur yang dihasilkan infertil harus tetap dijual karena akan busuk.
Namun bila telurnya fertil atau bisa menetas, peternak bisa menunda menjualnya dan telur bisa terus dierami indukan ayam dan ditetaskan.
nah Itu dia Cara beternak ayam kampung biar cepat besar. semoga dapat membantu anda, sekian terima kasih

The post Cara Ternak Ayam kampung Biar Cepat Besar appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Ini Dia 8 Manfaat Sabut Kelapa https://nyaribisnis.com/manfaat-dari-sabut-kelapa/ Thu, 18 Feb 2021 03:45:20 +0000 https://nyaribisnis.com/?p=8510 Pemanfaatan kelapa tua untuk membuka peluang bisnis sangatlah besar. Serat dari buah kelapa tua bisa manfaatkan banyak sekali untuk mengubah menjadi barang yang fungsional. Ini dia 8 manfaat sabut kelapa juga bisa untuk membuka peluang bisnis. Yuk kita simak bersama! Ini Dia 8 Manfaat Sabut Kelapa 1. Membuat Tali Untuk membuat tali dari sabut kelapa...

The post Ini Dia 8 Manfaat Sabut Kelapa appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Pemanfaatan kelapa tua untuk membuka peluang bisnis sangatlah besar. Serat dari buah kelapa tua bisa manfaatkan banyak sekali untuk mengubah menjadi barang yang fungsional. Ini dia 8 manfaat sabut kelapa juga bisa untuk membuka peluang bisnis. Yuk kita simak bersama!

Ini Dia 8 Manfaat Sabut Kelapa

1. Membuat Tali

Untuk membuat tali dari sabut kelapa kita membutuhkan  Mesin Pemintal Tali sabut  . Mesin pemintal sabut kelapa ini merupakan mesin yang digunakan untuk proses memintal. Tali sabut kelapa adalah bahan untuk pembuatan berbagai macam kerajinan yang berbahan dasar sabut kelapa. Mesin ini juga bisa membuat tali tambang yang sering juga kita jumpai saat ada perlombaan tarik tambang di daerah kalian.

Kegunaan dan Keunggulan Mesin Pemintal Tali:

  1. Mesin tali sabut kelapa berfungsi memintal sabut kelapa hingga menjadi produk tali tambang dengan sifat yang lebih elastis dan sangat kuat sesuai kebutuhan Anda
  2. Penggunaan mesin pintal tali ini sangat mudah dioperasikan
  3. Bentuk mesinnya yang fleksibel tentu sangat mudah dibawa kemana saja
  4. Penggunaan alat pemintal tali lebih hemat bahan bakar dan hemat energy
  5. Mempermudah usaha Anda untuk mendapatkan produk tali yang kuat dan berkualitas

2. Pembuatan Keset

Manfaat lainnya dari sabut kelapa yang perlu kalian ketahui dan mungkin juga sudah kalian ketahui adalah di manfaatkan sebagai keset. Keset ini memilikki bahan baku yang hampir sama dengan sapu ijuk dan juga coco fiber. Biasanya keset dari sabut kelapa di luar rumah. Penggunaan keset dari serat sabut kelapa ini sangat ramah lingkungan dan dapat mengurangi penggunaan sampah.

3. Pembuatan Sapu Ijuk

Sapu ijuk merupakan salah satu jenis peralatan rumah tangga yang tidak dapat lepas dari kehidupan bersih-bersih dari ibu rumah tangga atapun asisten rumah tangga. S apu ijuk merupakan salah satu jenis sapu yang salah satunya dibuat dengan menggunakan limbah dari pengolahan kelapa, yaitu sabut kelapa.

4. Bahan Kerajinan

Satu lagi manfaat dari serabut kelapa yang mungkin sudah tidak ada lagi dilingkungan kita, yaitu serabut kelapa sebagai bahan dasar kerajinan atau merchandise. Dengan kata lain sebagai hiasan yang indah. Barang ini bisa juga di jual belikan agar dapat keuntungan. Contoh kerajinannya seperti Kanvas sabut kelapa , Manik – manik kecil dll.

5. Untuk Sebagai Pupuk Organik

Sabut kelapa memiliki usur hara dan juga kandungan mineral yang cukup tinggi yang baik untuk pertumbuhan tanaman, maka serabut kelapa ini sangat cocok untuk dibuat menjadi pupuk organik. Selain itu, menggunakan pupuk organik dari serat sabut kelapa juga dapat bermanfaat bagi lingkungan.

6. Penetralisir Bau Semen

Pada kolam ikan yang baru Saja di buat Sering kali muncul bau udara yang menyengat. Oleh karena itu, membuat perkembangan ikan menjadi terhambat. Jadi, masalah ini bisa di atasi dengan serat sabut kelapa yang kering. Tinggal rendam sabutnya di dalam kolam dan aroma semen pada kolam akan hilang.

7. Bahan Dasar Pembuatan Briket

Kalian tentu saja mendengar nama briket berasal dari batubara atau juga, tempurung kelapa bukan? Tetapi, sekarang briket juga dapat menentukan dari bahan serabut kelapa. Jadi, kalian akan terasa asing jika briket berasal dari serabut kelapa. Karena bahannya yang ramah lingkungan, briket dari serat sabut kelapa juga tampak sangat keren.

8. Pembakaran Media 

Bagi yang sering membuat arang dari batok kelapa pasti juga sering memanfaatkan sabut kelapa salah sebagai salah satu media untuk dikunjungi batok kelapa tersebut. Misalnya, ada sampah atau limbah yang tidak bisa di urai dengan tanah. Nah, Serat kelapa yang kering bisa dibakar bersama sampah yang harus di bakar agar tidak mengotori lingkungan.

Demikian pembahasan tentang manfaat sabut kelapa yang mungkin bisa kalian coba di rumah dan kalian bisa memasarkannya juga akan mendapat keuntungan yang menggiurkan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu kalian semua. Sekian Terima Kasih.

The post Ini Dia 8 Manfaat Sabut Kelapa appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
10 Pemanfaatan Serat Sabut Kelapa https://nyaribisnis.com/manfaat-serat-sabut-kelapa/ Thu, 18 Feb 2021 03:03:44 +0000 https://nyaribisnis.com/?p=8503 Seperti yang kita ketahui, buah banyak sekali macam – macam kelapa serta manfaatnya yang melimpah bagi manusia. Buah kelapa yang sudah menua umurnya juga masih bisa di manfaatkan sabutnya untuk sulap menjadi barang yang fungsional. Pembahasan kali ini 10 pemanfaatan serat sabut kelapa dan bisa menghasilkan keuntungan. Yuk kita simak bersama! 10 Pemanfaatan Serat Sabut...

The post 10 Pemanfaatan Serat Sabut Kelapa appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Seperti yang kita ketahui, buah banyak sekali macam – macam kelapa serta manfaatnya yang melimpah bagi manusia. Buah kelapa yang sudah menua umurnya juga masih bisa di manfaatkan sabutnya untuk sulap menjadi barang yang fungsional. Pembahasan kali ini 10 pemanfaatan serat sabut kelapa dan bisa menghasilkan keuntungan. Yuk kita simak bersama!

10 Pemanfaatan Serat Sabut Kelapa

1. Sabut Kelapa Sebagai Penetralisir Bau Semen

Pada kolam ikan yang baru Saja di buat Sering kali muncul bau udara yang menyengat. Oleh karena itu, membuat perkembangan ikan menjadi terhambat. Jadi, masalah ini bisa di atasi dengan serat sabut kelapa yang kering. Tinggal rendam sabutnya di dalam kolam dan aroma semen pada kolam akan hilang.

2. Untuk Sebagai Pupuk Organik

Sabut kelapa memiliki usur hara dan juga kandungan mineral yang cukup tinggi yang baik untuk pertumbuhan tanaman, maka serabut kelapa ini sangat cocok untuk dibuat menjadi pupuk organik. Selain itu, menggunakan pupuk organik dari serat sabut kelapa juga dapat bermanfaat bagi lingkungan.

3. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Kalian tentu saja mendengar nama briket berasal dari batubara atau juga, tempurung kelapa bukan? Tetapi, sekarang briket juga dapat menentukan dari bahan serabut kelapa. Jadi, kalian akan terasa asing jika briket berasal dari serabut kelapa. Karena bahannya yang ramah lingkungan, briket dari serat sabut kelapa juga tampak sangat keren.

4. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Satu lagi manfaat dari serabut kelapa yang mungkin sudah tidak ada lagi dilingkungan kita, yaitu serabut kelapa sebagai bahan dasar kerajinan atau merchandise. Dengan kata lain sebagai hiasan yang indah. Barang ini bisa juga di jual belikan agar dapat keuntungan.

5. Pembuatan Sapu Ijuk

Sapu ijuk merupakan salah satu jenis peralatan rumah tangga yang tidak dapat lepas dari kehidupan bersih-bersih dari ibu rumah tangga atapun asisten rumah tangga. S apu ijuk merupakan salah satu jenis sapu yang salah satunya di buat menggunakan limbah dari pengolahan kelapa, yaitu sabut kelapa.

6. Media Pembakaran Pengganti Kertas

Bagi yang sering membuat arang dari batok kelapa pasti juga sering memanfaatkan sabut kelapa salah sebagai salah satu media untuk dikunjungi batok kelapa tersebut. Misalnya, ada sampah atau limbah yang tidak bisa di urai dengan tanah. Nah, Serat kelapa yang kering bisa dibakar bersama sampah yang harus di bakar agar tidak mengotori lingkungan.

7. Pembuatan Keset

Manfaat lainnya dari sabut kelapa yang perlu kalian ketahui dan mungkin juga sudah kalian ketahui adalah di manfaatkan sebagai keset. Keset ini memilikki bahan baku yang hampir sama dengan sapu ijuk dan juga coco fiber. Biasanya keset dari sabut kelapa di luar rumah. Penggunaan keset dari serat sabut kelapa ini sangat ramah lingkungan dan dapat mengurangi penggunaan sampah.

8. Membuat Tali Tambang

Untuk membuat tali dari sabut kelapa kita membutuhkan  Mesin Pemintal Tali sabut  . Mesin pemintal sabut kelapa ini merupakan mesin yang digunakan untuk proses memintal. Tali sabut kelapa adalah bahan untuk pembuatan berbagai macam kerajinan yang berbahan dasar sabut kelapa. Mesin ini juga bisa membuat tali tambang yang sering juga kita jumpai saat ada perlombaan tarik tambang di daerah kalian.

9. Sebagai Bahan Baku Spring Bed Dan Jok

Bagi anda yang mungkin belum tahu, beberapa jenis jok dan juga spring bed alias tempat tidur yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang di olah dari sabut kelapa. Ya, sabut kelapa terlebiih sebelumnya di olah menjadi serat coco yang berupa serat sabut kelapa.

10. Pembuatan Coco Net

Coco net merupakan salah satu bentuk olahan dari manfaat sabut kelapa yang berbentuk seperti jaring-jaring. Coco net ini biasanya di manfaatkan untuk mencegah kejadian longsor pada daerah yang memiliki undakan, sehingga dapat meminimalisir bencana longsor pada suatu daerah.

Demikian pembahasan 10 pemanfaatan sabut kelapa yang bisa kalian coba untuk memulai bisnis atau mengubahnya menjadi barang fungsional. Semoga pembahasan kali ini menambah wawasan dan ilmu kalian semua. Sekian Terima Kasih.

The post 10 Pemanfaatan Serat Sabut Kelapa appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Cara Budidaya Ayam Potong, Bagi Pemula https://nyaribisnis.com/cara-budidaya-ayam-potong-bagi-pemula/ Thu, 18 Feb 2021 02:20:03 +0000 https://nyaribisnis.com/?p=8495 Cara budidaya ayam potong. Dari sekian banyak jenis bisnis ternak ayam yang biasa di jalankan adalah ayam pedaging, masih menjadi bisnis yang terbilang paling menjanjikan. Karena untuk budidaya ternak ayam pedaging, Anda hanya perlu waktu yang singkat, untuk menghasilkan ayam-ayam dengan daging yang berkualitas. Ayam Potong Ayam pedaging atau boiler merupakan bisnis budidaya ayam, yang...

The post Cara Budidaya Ayam Potong, Bagi Pemula appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Cara budidaya ayam potong. Dari sekian banyak jenis bisnis ternak ayam yang biasa di jalankan adalah ayam pedaging, masih menjadi bisnis yang terbilang paling menjanjikan. Karena untuk budidaya ternak ayam pedaging, Anda hanya perlu waktu yang singkat, untuk menghasilkan ayam-ayam dengan daging yang berkualitas.

Ayam Potong

Cara Budidaya Ayam Potong

Ayam pedaging atau boiler merupakan bisnis budidaya ayam, yang secara khusus hanya diambil dagingnya. Pertama kali di budayakan di Nusantara pada tahu 1950-an dan populer sejak tahun 1980-an. Sebelum ayam boiler sangat di kenal sebagai unggas yang di ambil dagingnya,

ayam buras lebih dulu di jadikan sebagai kebutuhan, untuk memenuhi permintaan daging masyarakat. karena ayam buras atau ayam kampung, tidak bisa memenuhi semua permintaan pasokan daging ayam, di karenakan produksi ternak ayam kampung tergolong cukup lama.

1. Jenis-Jenis Ayam Boiler Atau Ayam Pedaging

Nah, sehingga kini ayam boiler merupakan jenis ayam yang sering dibudidayakan untuk bisnis. Ayam boiler sendiri memiliki banyak jenis, dari hasil persilangan dan genetika, sehingga menghasilkan strain ayam boiler yang sangat dinamis.

Bahkan, ayam boiler selalu mengalami peningkatan kualitas, dan berikut beberapa jenis ayam boiler yang banyak dibudidayakan di Indonesia:

1. Cobb

Jenis ayam boiler strain cobb ini dikembangkan dan populer di lebih dari 60 negara dan memiliki fokus pengembangan untuk memperbaiki performa rasio pemberian pakan. Jika dilihat dari genetik, strain cobb ini dikembangkan untuk memiliki pembentukan daging dada.

2. Ross

Jenis ayam boiler stran Ross ini merupakan ayam yang dikembangkan untuk memiliki FCR yang efisien. Tidak hanya itu, pertumbuhan ayam ini juga terbilang cepat dan memiliki daya tahan hidup yang lebih baik.

3. Hybro

Untuk jenis ayam boiler selanjutnya adalah jenis ayam strain Hybro, yang memiliki fokus pengembangan untuk ketahanan daya hidup. Ayam ini juga memiliki performa yang baik di daerah tropis dan memiliki ketahanan terhadap penyakit ascites.

2. Cara Budidaya Ayam Potong

Nah, sudah tahu kan jenis-jenis ayam boiler apa saja yang sering dijadikan bisnis budidaya ternak ayam pedaging. Untuk selanjutnya, bagi pemula yang ingin memulai bisnis budidaya ternak ayam pedaging, bisa ikuti cara dan langkah-langkah mudah berikut ini:

1. Menentukan Lokasi Kandang

Cara budidaya ternak ayam pedaging yang pertama harus kamu lakukan adalah menentukan lokasi kandang. Disarankan, kamu memilih lokasi pembuatan kandang di tempat yang mudah dijangkau dan diakses tranportasi.

Namun, untuk lebih baiknya, kandang diusahakan berada di tempat yang tidak bising, jauh dari pemukiman penduduk, hingga dekat dengan sumber air.

2. Membuat Kandang

Setelah menentukan lokasi kandang, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam budidaya ternak ayam pedaging adalah membuat kandang. Kamu bisa membuat kandang dengan 2 jenis pilihan, yang sering dibuat para peternak.

a. Jenis Kandang Tanpa Panggung

Untuk jenis kandang yang satu ini, merupakan jenis kandang yang paling sering digunakan. Selain mudah dari segi pembuatannya, biaya membangun kandang tipe ini juga tergolong murah.

b. Jenis Kandang Berbentuk Panggung

Jenis atau tipe kandang berbentuk panggung, biasanya memang memiliki biaya pembuatan yang agak mahal.

Namun, tipe kandang panggung tidak akan kotor karena mudah dibersihkan. Kandang tipe ini tidak memerlukan alas, karena kotoran ayam akan langsung jatuh ke bawah.

3. Memilih Bibit Unggul/Melakukan Pembibitan

Dalam budidaya ternak ayam pedaging, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan pembibitan.

Dalam melakukan pemilihan bibit unggul ayam ras atau boiler, disarankan untuk memerhatikan beberapa poin penting ini:

  • Pilih bibit yang memiliki gerakan yang aktif, sehat dan tidak mengalami cacat fisik atau sakit.
  • Bibit harus memiliki tubuh yang bulat, gemuk atau berisi.
  • Bulu dari bibit ayam unggul tidak erlihat kusam, sehat, dan mengkilap.
  • Daerah di sekitar anus tidak kotor, mata tajam, dan hidung juga bersih.

4. Melakukan pemberian pakan

Cara Budidaya Ayam Potong

Dalam budidaya ternak ayam pedaging, pemberian pakan juga ada caranya. Ada hal-hal yang yang harus diperhatikan, baik dari segi kandungan dan waktu pemberian pakan. Pasalnya, nutrisi ayam pedaging wajib terpenuhi agar ayam bisa mendapatkan pertumbuhan yang maksimal dan berkualitas.

Untuk sistem pemberian pakan ayam pedaging, biasa menggunakan sistem adlibilitum yakni makanan yang selalu tersedia dan tanpa batas. Sehingga, kamu harus selalu rutin mengecek ketersediaan pakan di dalam kandang. Untuk jenis pakannya sendiri yakni berupa pelet,

crumbles (putiran pecahan) dan bentuk tepung. Kamu bisa membuat pakan sendiri menggunakan mesin pembuat pakan.

5. Melakukan pemeliharaan

Tidak hanya soal pakan, dalam melakukan budidaya ternak ayam pedaging, kamu juga harus melakukan pemeliharaan.

Tidak didiamkan begitu saja, hingga ayam besar dengan sendiri, dibalik ayam pedaging yang sehat dan berkualitas, ternyata ada beberapa rangkaian proses yang di lakukan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Di 7 hari pertama, bibit ayam pedaging unggul yang sudah dipilih harus dimasukan ke inkubator, atau bisa juga dengan cara indukkan.
  • Setelah itu, berikan pakan dan minum air hangat.
  • Lalu pada minggu kedua, suhu inkubator bisa sedikit dikurangi, dan untuk jenis pakan masih tetap menggunakan jenis crumbles.
  • Di minggu ke 3, bibit ayam pedaging tidak lagi membutuhkan pemanas.
  • Saat minggu ke 4, bulu-bulu ayam akan mulai terlihat tumbuh. Di saat itu juga kebutuhan pakan akan bertambah 2 kali lipat.
  • Pada minggu ke 5, kamu sudah harus melakukan pembersihan kandang secara rutin, karena ayam-ayam tadi sudah menghasilkan kotoran yang cukup banyak.

6. Masa Panen

Dalam proses ini, kamu bisa melakukannya dengan cara yang sistematik, dimana penangkapan ayam pedaging yang siap panen dilakukan secara bertahap.

Pasalnya, jika kamu menangkap semua ayam secara bersamaan, ayam ditakutkan akan lemas.

Hindari juga menumpukkan ayam yang dipanen di sudut kandang, karena ditakutkan ada ayam yang mati. Untuk lebih jelasnya, berikut cara menangkap ayam yang benar:

  • Pegang kaki ayam secara perlahan, lalu pegang bagian dada dan angkat ke atas.
  • Hindari menangkap ayam dengan menarik salah satu sayap ayam, karena hal tersebut akan membuat ayam menjadi berontak.
  • Setelah itu, ikat kedua kaki ayam seusai ditangkap.
  • Jangan lupa catat bobot ayam ketika ia masih hidup. Karena ayam pedaging akan dijual per bobot ketika ia hidup.

 

itu saja artikel saya tentang cara ternak ayam potong yang bisa saya jelaskan semoga dapat membantu anda dalam budidaya ayam potong. Sekian terima kasih

The post Cara Budidaya Ayam Potong, Bagi Pemula appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
makanan ayam petelur agar cepat bertelur https://nyaribisnis.com/makanan-ayam-petelur-agar-cepat-bertelur/ Thu, 18 Feb 2021 01:29:36 +0000 https://nyaribisnis.com/?p=8484 aetikel ini akan membahas makanan ayam petelur agar cepat bertelur. Ayam Petelur adalah salah satu jenis ayam yang memiliki keunggulan pada produksi telurnya. Untuk mendapatkan hasil perkembangn yang maksimal sehingga jumlah produktifitas telur terus mengalami peningkatan. Maka faktor utama dalam pemeliharaan ayam petelur adalah pakan. Simak terus artikel saya tentang makanan ayam petelur agar cepat...

The post makanan ayam petelur agar cepat bertelur appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
aetikel ini akan membahas makanan ayam petelur agar cepat bertelur. Ayam Petelur adalah salah satu jenis ayam yang memiliki keunggulan pada produksi telurnya. Untuk mendapatkan hasil perkembangn yang maksimal sehingga jumlah produktifitas telur terus mengalami

peningkatan. Maka faktor utama dalam pemeliharaan ayam petelur adalah pakan. Simak terus artikel saya tentang makanan ayam petelur agar cepat bertelur

Jenis-Jenis Pakan Ayam

1.Pakan Ayam Pabrikan

makanan ayam petelur agar cepat bertelur

Jenis pakan pabrikan adalah pakan yang dibuat oleh pabrik dengan kebutuhan ayam yang pas dan sesuai. Pakan ayam petelur pabrik tersedia dalam bentuk komplit dan konsentrat dengan formulasi yang tepat untuk setiap pertumbuhan ayam petelur. Pakan pabrikan ini dibuat dalam ukuran berbagai macam, tersedia dari ukuran kecil maupun sedang. Nutrisi lengkap dan seimbang pada pakan ayam berguna untuk mendukung perkembangan dan daya tahan ayam petelur. dengan ini jenis – jenis pakan pada ayam petelur harus di sesuaikan berdasarkan umur ayam tersebut,

umur pada ayam sebagai berikut :

  • Strater ayam umur 0 – 4 minggu (masa pertumbuhan ayam )
  • Grower ayam umur 4 – 16 minggu (masa pertumbuhan)
  • Layer adalah ayam umur 16 minggu sampai akhir masa panen (masa produksi telur)

Keunggulan pemberian makanan ayam petelur dari pabrik berfungsi sebagai tingkat ketahanan tubuh yang baik, tingkat keseragaman yang lebih baik guna menunjang produktifitas telur ayam menjadi unggul dan maksimal. Nama pakan ayam petelur sangat banyak dan terbagi menjadi beberapa merk terkenal dan sering digunakan oleh peternak nusantara untuk melengkapi gizi ternaknya.

2. Pakan Ayam Campuran

makanan ayam petelur agar cepat bertelur

Campuran pakan ayam petelur sangat baik untuk pertumbuhan ayam petelur. Bahkan nutrisinya lebih baik dan lebih terjaga keasliannya di banding dengan jenis pakan pabrik. Pakan campuran ini biasanya berasal dari hewani dan berasal dari nabati,

dan pakan ayam petelur agar cepat bertelur tersebut akan menjadi sumber energi yang baik bagi pertumbuhan ayam untuk menunjang produktifitas telur menjadi lebih unggul dan berkualitas.Bahan pakan tersebut terdiri dari bahan pakan sumber energi,

bahan pakan sumber protein, mineral dan adiktif. Bahan pakan ini dapat diberikan kepada ayam petelur saat ayam memasuki usia dewasa, dan dapat diberikan setiap hari guna pengganti bahan baku utama pada pakan pabrikan. Biasanya bahan pakan ini sudah tersedia di lingkungan sekitar, kamu pun tidak perlu bersusah payah dalam mencari bahan pakan tersebut.

Macam-Macam Pakan Ayam Petelur Alternatif

1. Bahan Pakan Sumber Energi

Sumber bahan pakan energi ini sangat baik dicberikan kepada ayam petelur. Gizi yang terkandung dalam bahan pakan ini sangat menunjang produksi telur menjadi lebih baik dan energi pada ayam serta stamina dapat tercukupi dengan seimbang. Contoh bahan pakan sumber energi adalah sebagai berikut : jagung kuning, dedak padi, pollard dan minyak kelapa sawit.

a. jagung Kuning

Jagung merupakan sumber energi utama bagi ternak unggas khususnya ayam petelur. Kualitas jagung lokal sangat bervariasi, ini tergantung pada daerah pemanenannya. Penggunaan jagung untuk pakan ayam petelur tidak perlu dibatasi karena pada jagung kuning tidak mengandung senyawa antinutrisi yang membahayakan bagi hewan ternak khususnya ayam petelur. Kamu dapat menggunakan mesin penggiling untuk menghaluskan jagung.

b. Dedak Padi

Dedak padi merupakan limbah dari hasil penggilingan padi yang kulitnya sudah tidak digunakan lagi untuk dikonsumsi. Pada dedak padi ini memeiliki serat yang kasar sehingga dalam pemberiannya perlu dibatasi sekitar 20 % saja karena ayam petelur tidak memiliki kemampuan mencerna serat kasar dengan baik. Dedak padi juga sangat bermanfaat bagi ayam petelur hanya saja dedak padi bersifat mudah bau dan kandungan asam fitatnya yang tinggi. Kandungan tersebut dapat mengganggu penyerapan mineral fosfor yang sangat penting bagi pertumbuhan telur.

c. Pollard

Polar merupakan limbah penggilingan dari bahan pangan gandum. Dalam memberikan pakan ayam berupa pollard ini penggunaannya juga harus dibatasi karena pollard mengandung serat kasar yang cukup tinggi.

d. Onggok

Onggok juga merupakan limbah yang sudah tidak terpakai yang berasal dari bahan pangan pembuatan tepung tapioka. Jenis pakan ini dapat menjadi sumber energi yang murah dan mudah untuk didapatkan disekitar rumah. Dalam pemberiannya onggok tersebut kepada ayam harus dibatasi karen onggok masih mengandung asam sianida (HCN) dan pemberiannya hanya dibatasi dengan takaran 5 %

2. Bahan Pakan Sumber Protein

Pemberian pakan sumber protein berasal dari tanaman maupun hewan yang mengandung sumber protein yang relatif tinggi. Kandungan protein ini sangat dibutuhkan oleh ayam khususnya ayam petelur guna merangsang produktifitas telur menjadi lebih cepat bertelur. Bahan pakan sumber energi ini terdiri dari bungkil kedelai, tepung ikan, meat bone meal (MBM), corn gluten meal (CGM), bungkil kacang tanah, tepung bulu dan tepung bekicot. Adapun jenis – jenis pakan yang terdapat didalammnya adalah sebagai berikut :

a. Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai merupakan limbah dari hasil pengelolaan kedelai. Pakan ini memiliki sumber protein utama pada ternak ayam petelur. Tetapi dalam pemberian bungkil kedelai pada ayam petelur harus dibatasi sekitar 20 – 25 %, karena kandungan tripsin inhibitor dapat menganggu penyerapan asam amino tripsin pada ayam.

b. Tepung Ikan

Tepung ikan merupakan sumber pakan utama penghasil protein yang sangat tinggi berkisar 40 – 65%. Kandungan dalam tepung ikan lokal sangat bervariasi dan biasanya mengandung kadar garam yang tinggi. Sebaiknya dalam memberikan pakan berupa campuran yang dicampur dengan tepung ikan diberikan sekitar 7 – 10 %.

Tepung Daging dan Tulang

Tepung tersebut berasal dari limbah tulang – tulang hewan yang sudah tidak digunakan lagi. Kandungan protein dalam tepung daging dan tulang tersebut sangat tinggi. Penggunaan bahan tersebut disarankan hanya 5 – 10 %.

c. Tepung Bulu

Tepung bulu merupakan limbah dari pemotongan ayam yang setiap harinya mengalami kenaikan secara terus menerus dan bertambah seiring meningkatnya populasi ayam dan tingkat pemotongan sebagai akibat meningkatnya permintaan daging ayam di pasaran. Kini inovasi baru telah merubah

bulu ayam yang biasanya banyak digunakan sebagai kemoceng, pengisi jok, pupuk tanaman dan kerajinan tangan. Kandungan protein kasar pada bulu ayam sangat tinggi yaitu 80 – 90 % tetapi rendah asam amino. Tepung bulu juga mengandung keratin yang dapat menurunkan kecernaan dan efisiensi penggunaan zat makanan.

d. Tepung Bekicot

Kandungan sumber protein yang ada pada bekicot sangat baik untuk keberlangsungan pertumbuhan pada hewan ternak unggas. Kandungan protein didalamnnya tinggi dan kaya akan mineral kalsium dan fosfor. Penggunaannya dalam ransum ayam petelur hanya dibatasi sekitar 10 % saja.

 

Sekian artikel saya tentang makanan ayam petelur agar cepat bertelur, semoga dapat membantu. Sekian terima kasih

The post makanan ayam petelur agar cepat bertelur appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Cara Ternak Ayam Petelur Skala kecil Bagi Pemula https://nyaribisnis.com/cara-ternak-ayam-petelur-skala-kecil-bagi-pemula/ Wed, 17 Feb 2021 08:07:04 +0000 https://nyaribisnis.com/?p=8472 Ayam menjadi pilihan hewan ternak yang paling sering diternak oleh masyarakat, mulai dari daging, telur, bulu, bahkan kotorannya. Tak heran jika ternak ayam menjadi sebuah usaha yang cukup menguntungkan karena permintaan pasar yang cukup tinggi. Bagi kamu yang belum tau cara ternak ayam petelur skala kecil, berikut ini berbagai cara ternak ayam petelur bisa kamu...

The post Cara Ternak Ayam Petelur Skala kecil Bagi Pemula appeared first on Nyari Bisnis.

]]>
Ayam menjadi pilihan hewan ternak yang paling sering diternak oleh masyarakat, mulai dari daging, telur, bulu, bahkan kotorannya. Tak heran jika ternak ayam menjadi sebuah usaha yang cukup menguntungkan karena permintaan pasar yang cukup tinggi. Bagi kamu yang belum tau cara ternak ayam petelur skala kecil, berikut ini berbagai cara ternak ayam petelur bisa kamu ikuti

Ternak Ayam Petelur

Cara ternak ayam petelur berbeda dengan cara ternak ayam kampung, dari pemilihan bibit sampai proses pemeliharaannya berbeda. Untuk peternak ayam petelur dapat di lakukan dimana saja, asal daerahnya potensial untuk menjual telur ayam dengan harga yang cukup tinggi.

Supaya ayam petelur menghasilkan telur yang berkualitas dan bagus, dengan itu harus di dukung dengan pemilihan bibit yang bagus serta pola pemberian pakan yang sesuai. Selain pakan dan pemilihan bibit, kamu juga harus tau perawatan yang kita berikan setiap harinya agar ayam tetap sehat dan cepat bertelur

1. Pemilihan Bibit Ayam Petelur

Hal yang harus disiapkan pertama saat kita ingin beternak ayam petelur ialah memilih bibit ayam petelur. Carilah bibit ayam petelur unggul yang memproduksi telurnya tinggi dan mempunyai daya tahan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan ayam lainnya. Untuk jenis ayam petelur terbagi menjadi 2 yaitu jenis ringan dan sedang.

Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil

Cara memilih bibit ayam petelur :

  1. Carilah bibit yang sehat dan tidak memiliki cacat fisik.
  2. Kamu harus memilih bibit ayam dari indukan yang bagus dan juga produktif.
  3. Pilihlah ayam yang memiliki pertumbuhan normal.
  4. Bulu ayam tidak terlihat kusam
  5. Mata terlihat mengkilap

2. Persiaapan Kandang Ayam Petelur

Setelah pemiliihan bibit, langkah selanjutnya adalah memilih kandang yang tepat untuk beternak ayam petelur. Sebagai tahap awal, lokasi yang baik dan strategis untuk ternak ayam petelur adalah yang memiliki suhu cuaca sekitar 32,2 – 35 derajat celcius dan mempunyai kelembapan 60-70%.

Letakkan kandang menghadap timur agar saat pagi hari bisa mendapat cahaya matahari dan tidak melawan arah mata angin. Buatlah sirkulasi udara yang baik agar ayam tetap bisa bernafas dengan baik dan merasa nyaman didalam kandang.

Pada bagian bawah kandang usahakan tanah mempunyai permukaan datar dan hindari permukaan yang bergelombang. Pembuatan kandang ayam petelur bisa dibuat dari bahan yang cukup murah, yang terpenting kandang terbuat dari bahan yang bersih, kuat dan tahan lama.

 

Perlengkapan tambahan lain yang harus kamu sediakan adalah tempat minum, pakan, obat dan kandang khusus untuk ayam sedang sakit. Kandang khusus untuk ayam sakit cukup penting bagi ayam karena pemisahan tersebut bertujuan agar ayam lainnya yang masih dalam keadaan sehat tidak tertular

dengan ayam yang sedang sakit itu. Selain itu, kamu bisa mengontrol ayam yang dalam keadaan sakit, karena ayam yang sedang sakit lebih membutuhkan perawatan khusus

3. Pakan Untuk Ayam Petelur

Langkah berikutnya setelah kamu melakukan persiapan kandang ayam petelur adalah pakan yang dapat kamu berikan kepada ayam petelur. Ayam petelur ialah jenis ayam yang di utamakan untuk di ambil telurnya, agar telur yang di hasilkan dapat berkualitas dan memuasakan maka kamu harus memberikan

pakan yang berkualitas dan bagus untuk ayam petelur.Untuk ayam petelur, kamu dapat memberikan pakan seperti konsentrat, jagung giling, tepung ikan dan beberapa jenis pakan campuran ayam petelur. kamu bisa membuat pakan tersebut menggunakan mesin pembuat pakan.

ayam petelur diberi pakan  3 kali dalam sehari secara rutin dan jangan lupa isi wadah minum dengan air bersih agar saat ayam merasa haus bisa langsung minum.

4. Pemberian Vitamin

Ayam petelur membutuhkan vitamin dan nutrisi yang cukup untuk kelangsungan hidupnya. Supaya ayam tetap dalam keadaan sehat maka harus di berikan vitamin tambahan secara rutin. Pemberian vitamin dan nutrisi dapat kamu berikan dengan cara di campur pada pakan atau minumannya.

Jenis Vitamin yang dapat kamu berikan adalah jenis vitamin yang dapat membuat ayam bertelur dengan kualitas yang memuaskan. Vitamin dan nutrisi untuk ayam dapat kamu beli di toko peternakkan terdekat di wilayah kamu.

5. Melakukan Vaksinasi Ayam Petelur

Hal terakhir yang kamu lakukan saat melakukan ternak ayam petelur adalah proses vaksinasi. Vaksinasi ialah proses pemberian antigen untuk merangsang sistem kekebalan tubuh ayam dengan itu ayam tidak mudah terserang penyakit dan kebal terhadap berbagai jenis penyakit yang menyerang.

Untuk ternak ayam petelur rumahan dapat kamu vaksin menggunakan tetes mata, melalui air minumnya atau di suntik. Untuk pemberian vaksin melalui suntik perlu di lakukan dengan hati-hati agar tidak mengenai tulang namun di bawah jaringan kulit.

 

Sekian dulu artikel saya tentang cara ternak ayam petelur skala kecil, semoga dapat membatu anda dalam beternak ayam. Bila ada kata yang kurang berkenan di hati saya mohon maaf. Sekian terima kasih

The post Cara Ternak Ayam Petelur Skala kecil Bagi Pemula appeared first on Nyari Bisnis.

]]>