pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat bubur merah putih khas madura yang unik dan tak kalah enaknya dengan resep bubur merah putih lainnya.

Indonesia memiliki kekayaan tidak hanya dari segi budaya namun juga dari makanan atau kuliner, setiap daerah memiliki kekhasan tersendiri, makanan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi warganya.

Seperti dalam warga Madura, ada kuliner yang hampir luput dari perhatian kita, biasanya kita hanya tahu kuliner Madura hanyalah sate, nah kali ini kita akan melihat kuliner Madura yang lain.

Bubur Merah Putih Khas Madura

Tatjin (bubur), ya ini salah satu kuliner Madura yang  tidak setiap hari kita melihatnya, Tatjin ini hanya bisa di nikmati satu tahun sekali, namun tidak jarang ketika orang ingin menyantapnya mereka menyediakan untuk disantap bersama keluarga.

Tatjin yang satu ini hampir tidak ada perbedaannya dari bubur yang biasanya kita jumpai, namun yang menjadi perbedaan hanyalah dari rasa dan campuran cenil, sejenis cendol yang dicampurkan di bubur tersebut. Untuk lebih jelasnya yuk kita lihat bagaimana cara memprosesnya hingga menjadi kuliner yang mak nyus.

Kali ini saya mengunjungi daerah yang terletak di perbatasan Kota Pontiank, tepatnya di Parit Tengah Desa Sungai Malaya, di sana saya bertemu ibu Misliyah. Ibu dua anak ini sering membuat bubur yang menjadi khas warga Madura ini,  tak jarang warga sering memesannya.

Cara Membuat Bubur Merah Putih Khas Madura

Bahan – Bahan :

  • ,tepung beras,
  • tepung ketan,
  • gula merah, air, dan garam.

Cara Membuat Bubur Merah Putih Khas Madura

 

  1. Selanjutnya tepung beras di masukkan ke belanga campurkan air rebus hingga mengntal, kemudian campurkan gula merah aduk hingga rata.
  2. kemudian kita membuat cenil (sejenis cendol yang terbuat dari tepung ketan.

Cara Membuat Cenil Mudah

  1. siapkan tepung ketan campurkan air sedikit saja hingga agak mengeras
  2. lalu masukkan ke air yang mendidih masak hingga matang,
  3. nah cenil ini untuk dicampurkan ke bubur yang tadi kita buat. Setelah ini kita buat bubur putih, siapkan tepung beras dengan jumlah  lebih sedikit dari bubur merah, karena bubur putih ini hanya untuk campuran saja.
  4. Masukkan santan kemudian tepung, aduk hingga rata, campurkan garam secukupnya, aduk hingga mengental”. Mudahkan, ibu dua anak itu menjelaskan.

Bubur buatan merah putih khas madura ini benar-benar menggoda, warna bubur yang merah dengan campuran bubur putih membuat ku tidak sabar untuk menyantapnya,  bubur ini benar-benar mak nyus, bubur merah rasanya manis dengan cenil yang kenyal sangat terasa di lidah, bubur putih rasanya  gurih benar-benar perpaduan yang serasi.

Tips & Trik Resep Bubur Merah Putih Yang Lembut

Rasa gurih berasal dari santan kelapa, sedangkan rasa manis berasal dari gula merah. Rasanya yang nikmat bisa anda sajikan sebagai menu sarapan atau menu camilan sore untuk keluarga.

Cara membuat bubur merah putih sangat mudah dan sederhana. Namun kalian perlu ketahui tips dan trik untuk mendapatkan tekstur bubur merah putih yang halus dan lembut. Ingin tahu bagaimana caranya..? Berikut ini tips dan triknya.

  1. Pilihlah beras berwarna putih dengan bulir yang bagus dan tidak pecah-pecah.
  2. Cuci beras dengan tangan hingga bersih dan sebaiknya rendam beras dalam air minimal 2-3 jam terlebih dahulu sebelum dimasak. Cara ini membantu agar beras lebih cepat lunak dan matang.
  3. Untuk memasak bubur merah putih, sebaiknya beri lebih banyak cairan karena bubur yang dimasak akan menyerap kelebihan cairan. Gunakan perbandingan 1:5 untuk beras dan air, yakni 1 liter beras dgn 5 liter air.
  4. Tambahkan santan yang encer untuk menciptakan rasa gurih pada bubur merah putih
  5. Agar bubur merah putih wangi, jangan lupa untuk memasukkan daun pandan
  6. Masak bubur dengan api sedang agar cairan tidak mudah cepat menyusut dan terserap dengan baik ke dalam beras.
  7. Rutinlah mengaduk bubur setiap 5-10 menit sekali. Pengadukan secara teratur dan perlahan adalah trik untuk mendapatkan bubur merah putih yang lembut, karena membantu mempercepat pemecahan bulir beras dan meningkatkan penyerapan air dan santan
  8. Aduk secara merata. Gunakan sendok kayu untuk mengaduk dan mengambil sisa beras yang menempel di dasar panci, agar tekstur bubur lembut merata dan tidak menimbulkan kerak.
  9. Jika muncul suara meletup dari bubur, tambahkan kembali air panas untuk menjaga bubur tetap cair dan tidak terlalu padat.

Itu tadi ulasan tentang cara membuat bubur merah putih khas madura semoga bermanfaat.

Sekian terimaksih 🙂