Cara Pengolahan Lahan Pertanian –  Seiring perkembangan zaman bidang Informasi dan Teknologi semakin canggih. Jika olahan hasil pertanian tidak kita olah dengan baik maka akan percuma. Olahan hasil pertanian dapat kita olah menjadi lebih efektif lewat teknologi hasil pertanian

Teknologi pengolahan hasil pertanian ( TPHP ) merupakan prosemakin cangihgram keahlian meliputi kemampuan mengenal komoditas hasil Pertanian.

Hal itu juga meliputi menerapkan dasar pengolahan dan pengawetan bahan hasil pertanian, mengolah bahan hasil pertanian menjadi produk olahan bahan makanan, memahami konsep pengendalian mutu bahan hasil pertanian). Serta pemahaman K3lh, sanitasi dan pengelolaan limbah.

Agar kamu lebih jelas lagi memahami cara pengolahan lahan pertanian, alangkah baiknya jika kamu membaca artikel di bawah ini. Berikut artikel tentang cara pengolahan lahan pertanian.

Cara Pengolahan Lahan Pertanian Jagung

Cara Pengolahan Lahan Pertanian

Olah Lahan dan Bersihkan Gulma di Lahan

Lahan merupakan syarat yang harus di perhatikan dalam budidaya tanaman jagung, hal ini menentukan dalam pertumbuhan dan perkembangan jagung yang akan kita tanam.
Pastikan tanah yang anda akan ditanami jagung harus benar-benar subur dan mengandung unsur hara yang banyakatau tidak tandus.
Jagung tergolong pada tanaman yang mudah ditanam,mereka bisa di tanam di bagian tanah andosol, latosol atau grumosol dan jenis tanah lainnya. pH yang cocok untuk jagung 5,6 – 7,5.
Pastikan beberapa tanah yang ada disekitar kita terpenuhi, dan jika anda baru membuka lahan maka proses pemupukan dan lahan harus kita lakukan terlebih dahulu.
Lihat dulu kesuburan tanah yang anda miliki jika di rasa memang kekurangan unsur hara dan tidak terdapat humus anda dapat menebarkan pupuk. Sebaiknya ketika anda membuat bedengan tebarkan pupuk organik atau kandangpada lahan sebaran.

Pemupukan Lahan Kosong

Setelah proses pembajakan selesai sebaiknya melakukan langkah selanjutnya untuk persiapan lahan ini di lakukan. Penaburan pupuk kohe atau kotoran hewan bisa dari kohe kambing, sapi, ayam dan lain sebagainya.
Penaburan kohe dilakukan seminggu sebelum proses penanaman dan satu hari setelah proses pembajakan atau bisa bersamaan setelah proses pembajakan selesai di lakukan.
Proses ini penting di lakukan ini karena sebagian lahan akan mengalami penurunan kadar kesuburan akibat penanaman sebelumnya.
Dan juga pemakaian pupuk kimia membuat tanah akan menjadi rusak sehingga dengan melakukan penebaran kohe kembali diharapkan.
Kesuburan tanah akan kembali seperti semula, walaupun tidak baik seperti semula paling tidak bisa menambah sedikit unsur kesuburan tanah. Tanah bisa digunakan untuk menanam agar mendapatkan jagung bertongkol besar.

Menanam Jagung di Lahan

Saya anggap anda sudah mendapatkan bibit jagung yang unggul dan pengolahan lahan sudah dilakukan.
Kondisi yang paling tepat untuk menanam jagung pada kondisi tanah sedang lembab, tidak terlalu becek dan tidak terlalu kering.
Biasanya petani lokal menggunakan jarak tanam bibit satu dengan lainnya antara 100 cm x 40 cm dan berikan 2 biji pada satu lubang tanam. Untuk kedalaman lubang tanamnya anda bisa menggunakan ukuran 3 – 5 cm.

Berikan Pupuk ke Tanaman Jagung

Beberapa bagian yang pertama akan kita berikan pada tanaman jagung yaitu pupuk dasar, biasanya pupuk dasar yang diberikan berjenis pupuk organik seperti pupuk kandang, pupuk kompos dan jenis pupuk organik lainnya.
Kemudian tanaman jagung anda akan menyerap beberapa unsur yang dibutuhkan untuk mereka perkembangan tanaman menjadi besar.
Unsur ini seperti fosfor, nitrogen dan kalium yang banyak dibutuhkan pada fase pertumbuhan dan nanti ketika pada masa pembuahan.
Yaah, itulah tadi artikel tentang cara pengolahan lahan pertanian jagung yang baik untuk proses penanaman jagung manis. Semoga dapat menjadi manfaat untuk anda sekalian, sekian dan selamat mencoba.