Manfaat Budidaya Tanaman Pangan – Makanan dan manusia merupakan dua komponen yang saling berkaitan erat. Manusia memerlukan makanan setiap harinya sebagai sumber energi untuk tumbuh.

Maka tidak heran jika tanaman pangan menjadi kebutuhan pokok untuk keberlangsungan hidup manusia.

Tanaman pangan mempunyai banyak jenis, baik itu sayuran, umbi-umbian, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan lain – lain. Karena keberadaannya yang sangat penting, budidaya terhadap tanaman pangan terus dilakukan.

Tanaman pangan memiliki beberapa manfaat. Berikut manfaat teknik budidaya tanaman pangan untuk kesehatan anda.

Manfaat Budidaya Tanaman Pangan

1. Manfaat budidaya tanaman pangan yang pertama adalah dapat memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari (sumber karbohidrat dan protein).

2. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari segi kuantitas maupun kualitas.

3. Dapat memberikan perubahan ekonomi ke arah yang lebih baik.

4. Peningkatan kesejahteraan masyarakat tani ke arah yang lebih baik.

5. Dapat menambah unsur-unsur oksigen (O₂) ke lingkungan karena tanaman dalam berfotosintesis melepaskan oksigen dan menyerap karbon dioksida (CO₂).

Jenis-jenis Tanaman Pangan

Serelia

Manfaat Budidaya Tanaman Pangan

Tanaman pangan jenis ini menghasilkan biji yang digunakan sebagai bahan pangan. Contohnya padi, jagung, gandum dan sorgum.Serealia dapat di olah menjadi bahan makanan.

1. Padi

Padi (Oriza Sativa) merupakan makanan pokok terbesar masyarakat Indonesia saat ini. Tanaman padi memiliki akar serabut, memiliki batang yang berbulu dan berongga.

Biji padi tumbuh dari bulu yang paling ujung dari bagian batangnya. Beberapa contoh jenis budidaya tanaman padi yaitu padi sawah, padi rawa dan padi gogo.

2. Jagung

Jagung (Zea Mays L.) juga menjadi tanaman pangan karena jagung adalah sumber karbohidrat untuk pemenuhan kebutuhan pangan manusia.Jagung banyak di manfaatkan sebagai bahan makanan.

Jagung manis merupakan jagung yang banyak digunakan sebagai bahan makanan.Jika ingin menanam jagung manis,harus tahu cara menanam jagung manis yang benar

Batang pada tanaman jagung juga termasuk batang berbuku dan ruas pada setiap bukunya ditumbuhi daun.

Bunga tanaman jagung ada dua jenis, yaitu bunga jantan yang bertempat di ujung batang dan bunga betina yang berada di tengah batang. Biasanya jagung dibudidayakan di lahan yang kering atau lahan bekas budidaya padi.

3. Gandum

Gandum (Triticum Spp) banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat mie, roti dan sereal karena gandum memiliki karbohidrat di dalamnya.

Meskipun para petani di Indonesia masih jarang menanam gandum, namun tanaman yang juga menjadi sumber karbohidrat ini sebenarnya memiliki cara tanam yang hampir sama dengan padi bahkan bisa dibilang lebih mudah.

4. Sorgum

Bagi Anda yang masih asing dengan tanaman ini, sorgum ialah tanaman semacam jagung yang masih jarang ditemui di Indonesia.

Daerah yang banyak membudidayakan sorgum biasanya daerah kering seperti Nusa Tenggara Timur. Tanaman sorgum dibudidayakan dari bijinya.

Biji-Bijian

Manfaat Budidaya Tanaman Pangan

Tanaman biji kebanyakan memiliki kandungan protein yang tinggi yang juga mampu memberikan rasa kenyang bagi yang mengonsumsinya.

1. Kacang Tanah

Tanaman kacang dimanfaatkan dan di kembangbiakkan dari bijinya. Kacang tanah pada umumnya ditanam di lahan kering atau pada lahan bekas budidaya padi.

Tanaman kacang tanah bisa dipanen setelah 3 bulan ditanam. Batang dan daun tanaman kacang tumbuh ke atas tanah, sedangkan kacangnya tumbuh di dalam tanah.Contoh tanaman kacang sebagai berikut.

Kacang Kedelai

Tanaman kacang kedelai dibudidayakan pada lahan yang kering. Kacang kedelai merupakan tanaman yang hidup semusim.

Tanaman kedelai juga dikembangbiakkan sama dengan kacang biasa yaitu melalui bijinya. Biji kedelai yang telah matang bisa dilihat dari polongnya yang berubah warna menjadi kecoklatan.

Kacang Hijau

Tanaman kacang hijau juga termasuk tanaman yang hidup semusim yang dapat dipanen setelah umur 55-65 hari. Kacang hijau dibudidayakan dengan bijinya. Tumbuh tanaman kacang hijau di dalam polong yang berbulu halus.

Umbi-Umbian

Manfaat Budidaya Tanaman Pangan

Umbi juga termasuk dalam tanaman pangan diakibatkan karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan mengenyangkan.

1. Singkong

Tanamanyang dikembangkan dari batangya selain serealia yaitu singkong yang juga dikembangbiakkan dengan batangnya. Umbi singkong tumbuh di dasar atau dalam tanah, berwarna putih dan memiliki rasa tawar sedikit manis.

2. Ubi Jalar

Sesuai dengan namanya, batang ubi jalar berkembang dengan cara merambat di atas tanah. Ada berbagai macam warna ubi jalar yaitu berwarna ungu, putih atau oranye dan berwarna manis.

Tanaman umbi jalar dikembangbiakkan dengan stek batang atau dapat dengan cara lain yaitu dengan umbinya.

Itulah artikel yang bisa saya berikan tentang manfaat budidaya tanaman pangan dan jenis – jenis tanaman pangan. Semoga bermanfaat untuk anda sekalian, sekian dan terimakasih.