Manfaat Pengelolaan Lingkungan Hidup

manfaat pengelolaan lingkungan hidup

Manfaat Pengelolaan lingkungan hidup merupakan proses yang sedang berkelanjutan. Proses pengelolaan ini tidak hanya akan berjalan satu waktu saja, tetapi secara terus-menerus. Melalui penerapan suatu pengelolaan lingkungan hidup dapat terwujud kedinamisan.

Pengelolaan lingkungan hidup ini dilaksanakan untuk tujuan-tujuan tertentu. Tujuan dari pengelolaan lingkungan hidup dirumuskan dibawah ini.

  1. Mencapai suatu kelestarian hubungan manusia dengan lingkungan hidup sebagai tujuan membangun manusia seutuhnya.
  2. Mengendalikan sebuah pemanfaatan sumber daya secara bijaksana
  3. Mewujudkan manusia sebagai seorang pembina lingkungan hidup
  4. Melaksanakan pembangunan yang berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan generasi mendatang.

Pengelolaan lingkungan hidup yang harus kita lakukan memiliki sasaran dalam pelaksanaannya. Sasaran dari pengelolaan hidup disebutkan berikut ini.

  1. Tercapainya suatu keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara suatu manusia dan lingkungan hidup
  2. Terwujudnya manusia Indonesia sebagai suatu insan lingkungan hidup yang memiliki sikap serta tindak melindungi serta membina lingkungan hidup
  3. Terjaminnya suatu kepentingan generasi masa sekarang dan generasi masa depan
  4. Tercapainya sebuah kelestarian lingkungan hidup
  5. Terkendalinya suatu pemanfaatan sumber daya
  6. Terlindunginya suatu NKRI terhadap dampak usaha atau kegiatan di luar wilayah negara yang menyebabkan pencemaran atau perusakan lingkungan hidup.

A. Pengertian Dari Lingkungan

Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi suatu perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Lingkungan ini bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik (benda yang hidup) .

Misalnya suatu manusia, hewan, dan tumbuhan serta lingkungan  abiotik (benda mati). Seringkali lingkungan yang terdiri dari sesama manusia yang disebut juga sebagai lingkungan sosial. Lingkungan sosial inilah yang membentuk sistem sebuah pergaulan yang besar.

B. Lingkungan Hidup Manusia

manfaat pengelolaan lingkungan hidup

Secara lebih khusus, kita sering sekali menggunakan istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup segenap makhluk hidup yang di bumi. Itu adalah manfaat pengelolaan lingkungan hidup.

Adapun berdasarkan dari suatu UU No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah suatu kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia.

Unsur-unsur dari sebuah lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  1. Unsur yang hayati (biotik), yaitu suatu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, serta jasad renik.
  2. Unsur dari suatu Sosial Budaya, yaitu sebuah lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan suatu sistem nilai, gagasan,serta keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Kehidupan masyarakat dapat mencapai suatu keteraturan.
  3. Unsur Fisik (Abiotik), yaitu suatu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, iklim,serta lain-lain.
  4. Dampak dari hilangnya suatu unsur fisik yang baik di muka bumi adalah terjadinya bencana kekeringan, banyak hewan dan tumbuhan yang mati, perubahan musim yang tidak bisa teratur, munculnya berbagai jenis penyakit, serta lain-lain.

C. Kerusakan Pada Lingkungan Hidup

Berdasarkan faktor penyebabnya itu, bentuk dari kerusakan lingkungan hidup dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

1.Kerusakan Suatu Lingkungan Hidup Akibat Peristiwa Alam.

Berbagai bentuk suatu bencana alam yang akhir-akhir ini banyak melanda Indonesia telah menimbulkan dampak rusaknya lingkungan hidup. Dahsyatnya suatu gelombang tsunami yang memporak-porandakan bumi Serambi Mekah dan Nias.

Serta gempa sekitar 5 skala Ritcher yang meratakan kawasan DIY dan sekitarnya, merupakan contoh fenomena alam yang dalam sekejap mampu merubah bentuk semua muka bumi. Maka dari itu kita harus bisa manfaat pengelolaan lingkungan hidup.

2.Kerusakan Lingkungan Hidup Sebab Faktor Manusia.

Manusia sebagai suatu penguasa lingkungan hidup di bumi berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. Manusia juga sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang berakal budi mampu merubah suatu wajah dunia dari pola kehidupan sederhana.

Namun sayang sekali, seringkali apa yang dilakukan oleh manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depan kehidupan generasi berikutnya. Banyak sekali kemajuan yang diraih oleh seorang manusia membawa dampak buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup. Contohnya yaitu:

  1. Penebangan suatu hutan secara liar (penggundulan suatu hutan).
  2. Perburuan yang liar.
  3. Merusak hutan bakau yang di lindungi.
  4. Penimbunan sebuah rawa-rawa untuk pemukiman.
  5. Pembuangan suatu sampah di sembarang tempat.
  6. Bangunan liar di daerah pinggir aliran sungai (DAS).
  7. Pemanfaatan sebuah sumber daya alam secara berlebihan di luar batas.

Itulah ulasan mengenai sebuah manfaat pengelolaan lingkungan hidup yang harus di lakukan agar tidak menjadi pencemaran. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semuanya. Sekian dan Terima Kasih.

""