Pengelolaan Plastik Dengan Air Panas

pengelolaan plastik dengan air panas

Pengolahan Suatu Plastik, sampah plastik ini biasanya dibakar bersamaan dengan jenis sampah lainnya. Namun sebenarnya ini tidak aman bagi suatu kesehatan dan lingkungan di sekitarnya. Serta mencemari lingkungan sekitar. Pengelolaan plastik bisa di lakukan dengan cara mudah.

Sampah yang dibakar dapat berbahaya untuk kesehatan karena sampah tersebut dibakar pada suhu rendah dan menyebabkan asap putih beracun dan membuat napas sesak. Tim peneliti dari Indonesia yang juga seorang asisten seorang profesor dari Tokyo Institute of Technology .

Plastik memiliki zat senyawa yaitu zat dioksin yang diperkirakan berasal dari klorin. Dan klorin plastik tersebut memiliki persamaan dengan larutan akuatik dari gas hidrogen klorida (HCI) pada sebuah garam.

Sehingga dengan mengelolanya menggunakan sebuah air panas, maka senyawa klorin itu berubah menjadi garam. Jadi garam bisa dibuang karena larut dalam sebuah air dan klorin hilang. Cara mengelola limbah plastik yang sederhana itu dan bisa dilakukan di rumah .

Jika seorang warga Jepang yang sukses menciptakan alat pengubah sampah plastik menjadi minyak dengan harga ratusan juta rupiah, maka ada anak di negara Indonesia di Ngawi yang berhasil melakukannya sebagai tugas sekolah mereka.

Biaya yang diperlukan juga sangat terjangkau,dengan sekitar 600 ribuan. Alat yang diperlukan yaitu sebuah tabung melon 3 kg dan pipa besi. Plastik memiliki kandungan yang begitu sama dengan unsur pembentuk pada bahan bakar minyak.

Jadi ketika itu dipanaskan, plastik akan meleleh kemudian mencair. Nah itu, cairan ini lah yang jika terus dipanaskan membentuk sebuah uap panas yang melewati pendingin sampai mengembun dan membentuk minyak.

Proses daur ulang sampah plastik ini dengan memisahkan partikel-partikel plastik bisa menciptakan produk baru. Hasilnya berupa sebuah botol minuman, biji plastik ini dan lainnya. Berikut adalah daftar jenis sebuah sampah plastik, sumbernya serta produk daur ulang.

Mengolah Plastik

pengelolaan plastik dengan air panas

Plastik Limbah memang sedari dulu merupakan suatu material yang paling akrab. Dalam kehidupan manusia yang sehari-hari baik itu untuk keperluan dasar hingga barang kebutuhan yang bersifat berat.

Sayangnya kebutuhan akan material plastik sering kali tak dapat di imbangi dengan yang namanya pemanfaatan sisa pemakaiannya. Sudah menjadi hukumnya jika material plastik sendiri memang sangat begitu sulit terurai dalam tanah.

Nah hal inilah yang menimbulkan suatu permasalahan baru karena materialnya yang sulit terurai sertai membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk hancur. Maka tak pelak jika plastik menjadi salah satu sampah yang paling susah di atur keberadaannya.

Mengolah sampah Plastik sendiri itu bukanlah perkara mudah. Memang secara sederhana limbah plastik mudah untuk di daur ulang dengan menggunakan suatu mesin modern berteknologi tinggi. Namun metode tersebut tentunya bukan tanpa kendala.

Selain harga mesin yang sangat mahal. Ongkos pengerjaanya pun tak cukup murah. Asisten Profesor Institue Technology asal negara Indonesia. Panji Prawisuda mengatakan jika tim yang ia bentuk telah menemukan sebuah cara ampuh dalam mengelola sampah plastik yang aman.

Metode Pemanfaatan Plastik

Metode pembakaran suatu sampah plastik yang di bakar memang bisa menjadi salah satu jalan keluar dalam pengelolaan material plastik. Namun sejatinya dalam metode sampah yang di bakar bukan tanpa resiko.

Resiko awal yang paling sering dalam di alami adalah timbulnya penyakit sesak nafas yang di sebabkan dari hasil pembakaran sampah plastik. Tak hanya suatu  asap hasil pembakaran saja yang bisa terhirup oleh mahluk hidup di sekitar.

Tetapi juga kandungan racung dari plastik olahan itu sendiri bisa ikut masuk ke dalam tubuh manusia. Klorin plastik memiliki suatu persamaan dengan larutan akuatik dari gas hidrogen klorida (HCl), pada garam. cara yang terbaik pengolahan sampah di lingkungan.

Pada umumnya suatu peneliti menyebut dengan plastik Polivinil Klorida (PVC). Namun sudah diakuinya, PVC pada sebuah plastik sulit diurai karena menyatu dengan zat lainnya. Dengan menggunakan sebuah metode Hydro Thermal (Air Panas).

Itulah Ulasan dari Pengolahan Plastik Dengan Air Panas. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semuanya. Sekian dan Terima Kasih.