Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat bola ubi kopong isi keju. Tapi tahukah Anda apa itu ubi?

Ubi

cara membuat bola ubi kopong isi keju

 

Berasal dari Amerika Selatan tropis dan, yang masih di perdebatkan, Papua. Kalangan yang tidak menyetujui asal muasal ubi jalar dari Papua berpendapat bahwa orang Indian telah berlayar menuju ke barat melalui Samudra Pasifik dan membantu menyebarkan ubi jalar ke Asia.

Ubi jalar ternyata mempunyai beberapa golongan dalam jenis warnanya seperti putih kekuningan atau ada juga ubi jalar yang berwarna ungu. membuat bola ubi jalar itu mudah dan bola ubi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan seperti halnya kimbab dengan cara membuat kimbab sayur yang benar.

Selain sebagai kandungan utamanya, juga mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa).

Ada beberapa varietas yang ada di Indonesia yaitu Daya, Borobudur, Prambanan, Mendut, Kalasan, Muara Takus, Cangkuang, Sewu.

Masing-masing varietas memiliki rasa khas yang berbeda-beda.Merupakan salah satu produk pertanian unggulan bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang. Daerah penghasil cilembu adalah Cilembu, Cadas, Pangeran, Sumedang.

Budidaya Ubi

Dapat di budidayakan melalui stolon/batang rambatnya. cara menanamnya cukup mudah, dengan mencangkul lahan yang mau ditanami sehingga stolon/batang rambat jalar mudah dimasukkan dalam tanah. pemeliharaannya cukup mudah.

Akan tumbuh baik bila lahan terkena matahari langsung, pemeliharaan dari gulma untuk menghindari persaingan unsur hara di sekitar tanaman. pemberian pupuk UREA atau Organik akan menambah hasil panen yang lebih bagus.

Panen ubi yaitu dengan mencangkuli sekitar tanaman,ini untuk mempermudah rusak karena terkena cangkul atau alat pertanian.

Ubi Jalar Merah

Berdasarkan riset yang dilakukan Institut Pertanian Bogor, merah yang berasal dari Papua mengandung senyawa beta karotena yang mampu menurunkan infeksi . Sehingga diusulkan menjadi diet utama penderita HIV/AIDS bersama bahan lain.

Dibandingkan dengan bahan makanan pokok lain, biasa memiliki kandungan senyawa pembentuk vitamin A tertinggi, yaitu mencapai 14187 IU per 100 gram porsi, atau mencapai 89% kebutuhan harian. Beta karotena termasuk salah satu senyawa pembentuk vitamin A.

1. Resep Cara Membuat Bola Ubi Kopong Isi Keju

Camilan yang sangat mudah sekali membuatnya. Selain mudah, murah, rasanya juga lezat.

Anda tentu saja boleh meng-eliminirnya dari resep, walau saya akui lelehan ini membuat bola menjadi lebih lezat dan gurih. Sebenarnya bola-bola ubi goreng bukan jenis makanan baru, di kampung halaman saya di Paron, Ngawi.

Untuk resep yang saya sajikan kali ini, saya adaptasikan dari bola-bola ubi ala Thailand. Disana makanan ini dinamakan Kanoom Kai Noak Garta dan bahan-bahan yang digunakan lebih kompleks dibandingkan dengan timus dari Ngawi. Tentu saja di Thailand, bola-bola ubi ini tidak diisi dengan keju.

Tips Cara Pembuatan Bola Ubi :

  • Usahakan untuk menggunakan ubi jalar yang berwarna kuning, oranye atau ungu ya. Selain vitaminnya lebih tinggi juga membuat kue berwarna cantik.
  • Jangan menguleni adonan, aduk adonan menggunakan spatula kayu atau jika menggunakan tangan maka sentuh adonan seperlunya saja, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit menggunakan sendok makan hingga tercapai kondisi adonan yang diinginkan.
  • Tidak terlalu lembek sehingga sulit untuk dibentuk bola-bola dan juga tidak keras.
  • Gunakan keju yang mudah meleleh sebagai isinya, misalnya mozzarella, atau cheddar yang tidak terlalu keras.

Bahan cara Pembutan Bola Ubi :

  • 150 gram ubi jalar kuning
  • 150 gram tepung terigu serba guna
  • 75 gram tepung tapioka
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 150 gram gula halus
  • 75 ml susu cair
  • 100 gram keju yang mudah meleleh, potong kubus ukuran 1 x 1 cm (saya menggunakan merk Kraft yang mudah meleleh/quick cooking melt)
  • 25 gram gula halus untuk taburan
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Pembuatan Bola Ubi Kopong Isi Keju :

  1. Kupas ubi jalar, potong-potong membentuk kubus kecil. Kukus hingga empuk, kemudian haluskan. Saya meletakkan ubi kukus di mangkuk besar kemudian saya haluskan dengan menggunakan ulekan batu yang dibungkus plastic wrap.
  2. Ayak tepung terigu, vanili bubuk, baking powder, garam dan tepung tapioka. Tambahkan gula halus kemudian aduk menggunakan spatula kayu hingga tercampur.
  3. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung. Jika adonan masih keras, tambahkan susu cair seperlunya saja.
  4. Jika adonan telah terbentuk dan susu masih bersisa biarkan saja, adonan yang terlalu lembek akan menyulitkan anda untuk membentuknya.
  5. Adonan tidak diuleni ya, jadi jika anda menggunakan jari-jari tangan untuk mencampur adonan sebaiknya lipat-lipat saja adonan dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah hingga bahan tercampur baik.
  6. Bagi adonan masing-masing seberat + 25 – 30 gram, tipiskan adonan di telapak tangan anda masukkan 1 buah potongan keju di tengah adonan yang ditipiskan.
  7. Bentuk menjadi bulat, gelindingkan menggunakan telapak tangan anda hingga membentuk bola yang smooth.
  8. Siapkan penggorengan, isi minyak agak banyak.
  9. Aduk bola-bola selama digoreng agar merata warna dan matangnya. Angkat dan tiriskan.
  10. Ubi ini paling oke jika dimakan langsung ketika baru keluar dari penggorengan saat keju masih meleleh, jika akan dimakan keesokan harinya maka masukkan ke dalam microwave selama + 2 menit.

Bola-bola ubi ini bisa anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Anda perlu juga yang namanya brangkas supaya hasil dari penjualan anda bisa disimpan denga aman.

Itulah ulasan tentang resep cara membuat bola ubi kopong yang bervariasi rasa dan cara membuatnya. Mudah dan Praktis bukan? natikan rese-resep saya berikutnya. Terimakasih atas perhatian Anda semua.

Semoga bermanfaat .