Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Pedas Level Setan – Keripik ubi memanglah banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dalam artikel ini kami akan membagikan cara membuat keripik ubi jalar pedas.

Berikut ini adalah cara membuat keripik ubi jalar pedas yang dapat anda buat dirumah,simak dan pelajarilah!

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Pedas Level Setan

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Pedas Level Setan

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Pedas Level Setan

Bahan-bahan adonan keripik:

  • 1 kg singkong
  • 3 sdm gula pasir untuk bumbu
  • 5 sdm garam untuk rendaman
  • 4 siung bawang putih, haluskan untuk rendaman
  • 1 sdm kapur sirih
  • 300 ml air matang
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan-bahan bumbu adonan halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 300 gram cabai merah keriting
  • Garam dapur secukupnya

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Pedas:

  1. Ambil singkong dan masukkan ke dalam wadah kupas singkong dari kulitnya, lalu cuci bersih singkong sampai bersih. Diusahakan saat mengambil singkong. Pilih singkong yang masih segar, berukuran besar dan isinya berwarna putih tidak ungu.
  2. Iris semua singkong yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik atau bisa juga menggunakan pisau. Tetapi, diusahakan ukuran irisan sama tipis atau tidak tebal sebelah ya.
  3. Masukan singkong yang sudah diiris tipis ke dalam wadah, lalu taburkan air dengan campuran air kapur sirih, masukan bawang putih dan garam yang sudah di haluskan aduk merata. Diamkan rendaman
  4. Sediakan alat penggorengan, panaskan minyak lalu tumis bahan bumbu adonan halus, aduk-aduk. Tambahkan gula pasir ke dalam tumisan aduk hingga merata.
  5. Setelah bumbu mengering, kecilkan api lalu kamu masukkan keripik singkong yang sudah digoreng tadi, aduk tumisan sampai merata dan matang.
  6. Jika sudah matang angkat, tiriskan dan diamkan hingga dingin ya.
  7. Keripik singkong balado pedas siap disajikan buat camilan saat santai sendiri atau bersama keluarga

Manfaat Keripik Ubi Jalar

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Pedas Level Setan

1.Mengendalikan Diabetes

Pertama dapat membantu mengandalikan diabetes. Kandungan serat yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh sehingga bisa mengontrol diabetes anda agar tetap dalam batas normal.

Oleh karena itu, anda dapat mulai mengkonsumsi makanan ini.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Jika anda salah satu penderita penyakit jantung maka anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi keripik singkong.

Hal ini dikarenakan kandungan sumber serat yang ada di dalamnya mampu menjaga kesehatan jantung sehingga dapat mencegah anda dari resiko penyakit jantung.

3. Menguatkan Tulang

Tulang berfungsi sebagai organ yang melindungi tubuh dari benturan benda  yang tumpul. Untuk menjaga tulang agar kuat dapat dilakukan dengan rajin mengkonsumsi keripik singkong.

Kandungan vitamin K yang ada di dalamnya berfungsi untuk membangun masa tulang sehingga tulang akan tetap kuat serta juga sehat.

4. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Selain bermanfaat untuk menguatkan tulang anda, keripik singkong juga sangat bermanfaat untuk menambah dan  membantu produksi sel darah merah.

Kandungan vitamin B kompleks yang ada dalam makanan ini membantu memproduksi sel darah merah sehingga dapat mencegah dari penyakit anemia.

5. Mencegah Resiko Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah kanker yang menyerang pada bagian usus besar atau pada bagian terakhir pada sistem pencernaan. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi keripik singkong.

Kandungan serat yang ada di dalamnya bermanfaat supaya mencegah resiko kanker usus besar.

6. Membantu Pertumbuhan Tubuh

Mengkonsumsi keripik singkong juga sangat efektif untuk membantu pertumbuhan tubuh.

Kandungan yang bernama riboflavin yang terdapat di dalam makanan ini bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tubuh sehingga anda dapat mengkonsumsinya untuk pertumbuhan tubuh yang baik dan juga sehat.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dapat mengkonsumsi keripik singkong ini.

Kandungan kalium yang ada di dalamnya mampu mengantur tekanan darah sehingga kadar kolesterol jahat menurun.

8. Mencegah Penyakit Alzeimer

Untuk mencegah penyakit alzeimer anda dapat mengkonsumsi keripik singkong. Penyakit ini ditandai dengan menurunnya kemampuan berpikir serta berbicara.

Oleh karena itu, anda dapat mengkonsumsi makanan ini untuk mencegah resiko penyakit alzeimer.

9. Melancarkan Proses Pencernaan

Keripik singkong juga sangat berkhasit untuk membantu melancarkan proses pencernaan.

Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada di dalamnya membantu proses buang air besar menjadi lancar sehingga dapat mencegah anda dari resiko gangguan pencernaan.

10. Menurunkan Resiko Stroke

Stroke adalah hilangnya fungsi otak dengan cepat, karena gangguan darah menuju ke otak. Untuk menurunkan resiko stroke anda dapat mengkonsumsi keripik singkong.

Kandungan serat yang ada di dalamnya mampu menurunkan resiko stroke sehingga sangat baik jika dikonsumsi bagi penderita stroke

Itulah cara membuat keripik ubi jalar pedas yang dapat anda buat dirumah. Selamat mencoba semoga bermanfaat sukses selalu.

Sekian dan terimakasih.