Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara membuat  leker pisang yang renyah dan lezat, Simak terus artikel mengenai resep cara membuat kue lekker ini dan semoga setelah membaca artikel ini nantinya dapat menambah wawasan anda tentang seputar cara membuat kue leker.

Leker atau kue pisang Surabaya merupakan salah satu makanan khas kota Surabaya. Makanan ringan ini berbeda dengan leker yang dikenal di Jakarta dan kota lainnya. Teruntuk kulitnya, adonannya kemungkinan merupakn telur, tepung terigu, susu, gula dan air.

Adonan ini kemudian dituangkan di atas wajan mini yang telah panas (biasanya dipanaskan di atas bara arang) untuk membuat kulit leker berbentuk lingkaran. Setelah dirasa cukup matang, penjual lalu menaburkan potongan-potongan kecil pisang, coklat tabur, gula pasir dan susu kaleng. Penjual lalu melipatnya menjadi setengah lingkaran dan menyajikannya kepada pembeli.

Sejarah Kue Leker, Jajanan Renyah yang Melegenda

Kenal kue leker? Kalau kamu pernah mencicipi kue leker di zaman SD, dapat dipastikan masa kecil kamu bahagia, Untuk anak-anak generasi 90-an, kue leker adalah jajanan yang legendaris. Dengan harga Rp 500, kamu sudah dapat menikmat sepotong kue leker dengan topping manis.

Meskipun camilan pesaing sudah beragam, pamor kue leker nggak dapat tergeserkan. Kamu masih dapat menemukan penjaja kue leker di sekitar SD, pasar maupun pusat perbelanjaan modern seperti mall.Nah, yang bikin menarik, kue leker tampil lebih modern dengan modifikasinya.

Jika di Semarang punya Lekker Paimo dengan topping mewah telur, sosis dan keju, Jakarta punya Kue Lekker Kasim yang nggak pernah sepi pengunjung.

1.Solo dan Belanda

Nggak ada yang tahu persis kapan dan siapa yang pertama kali muncul dengan resep kue leker. Namun, kota Solo dianggap menjadi rumah bagi kue yang satu ini.Berasal dari bahasa Belanda, Lekker (enak), kue leker sendiri berkembang pesat di kota Solo.

Saat bangsa Belanda akrab dengan sajian panekuk atau pancake datang ke Solo, warga lokal berinisiatif untuk membuat versi hemat dan tipisnya yang kini dikenal dengan leker.Cara membuatnya pun terbilang mudah. Kamu hanya membutuhkan adonan tepung terigu dan tepung beras yang dipanaskan di atas wajan kecil.

Potongan pisang kecil dan gula pasir adalah topping aslinya. Namun, semakin ke sini, coklat meises dan keju mengiringi transformasi kue leker. Disajikan hangat, kue leker pun makin nikmat jika ditemani dengan segelas teh manis hangat.

2.Pakai Telur

Kue leker nggak cuma miliki Solo. Kota Surabaya pun juga dikenal dengan sajian camilan renyah yang satu ini. Yang bikin beda adalah adonannya. Kue leker solo menggunakan telur yang dicampurkan ke dalam tepung terigu, susu dan gula, sehingga tampilannya lebih tebal.

Potongan pisang raja dan coklat tabur menambah istimewa kue leker khas Surabaya. Ya, sedikit mirip dengan martabak manis namun lebih renyah. Buat kamu yang ingin mencicipi kue leker khas Surabaya, bisa mampir ke kawasan Bratang Binangun, dekat Pakuwon City. Di sana ada kedai Leker Bratang yang bakal memanjakan lidah kamu.

Membuat kue leker memang gampang-gampang susah, terlebih untuk yang masih latihan. Membuat kue leker harus memperhatikan ketepatan adonan agar hasil akhirnya bisa sesuai yaitu menjadikan kue leker renyah dan crispy. Dalam pembuatan kue leker jika adonan tidak tepat juga akan menimbulkan hasil jadi kue leker tidak sesuai dengan harapan.

Untuk isian atau topping yang digunakan untuk menambah varian rasa pada kue leker bisa diisi sesuai dengan yang anda inginkan. Namun pada resep kue leker kali ini akan merekomendasikan topping yang akan membuat anda ketagihan karena kelezatannya yang mantap. Berikut admin bagikan resepnya.

1.Cara Membuat Leker Pisang

cara membuat leker pisang

Bahan-Bahan :

  • 100 gram tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 1 sendok makan gula pasir atau bisa ditambah sesuai dengan selera
  • 1/4 sendok the vanili bubuk atau seperlunya
  • Air matang secukupnya
  • Pisang raja seperlunya sesuai dengan keinginan anda, potong atau iris menipis
  • Susu kental manis rasa coklat
  • Keju
  • Meises coklat atau meises warna-warni sesuai dengan keinginan anda.

Cara Membuat Leker :

  1. Yang pertama adalah menyiapkan semua bahan, pastikan untuk tidak ada bahan yang terlewatkan.
  2. Kemudian menyiapkan mangkuk dengan ukuran yang agar besar sebagai wadah untuk pembuatan adonan.
  3. Lalu ayak tepung terigu kedalam wadah sampai dengan didapatkan tepung yang halus.
  4. Pada wadah yang berbeda, kocok telur ayam sampai dengan mengembang atau sampai dengan mengeluarkan sedikit busa. Setelah telur dikocok kemudian masukan vanili, garam, dan air kedalam kocokan telur. Aduk lagi sampai semua bahan tercampur merata.
  5. Masukan adonan yang sudah dikocok ke dalam wadah yang berisi ayakan tepung. Aduk adonan sampai merata, setelah itu diamkan adonan leker tersebut selama kurang lebih 15 menit. Tujuannya adalah agar adonan mengembang se,purna.
  6. Siapkan Teflon, beri mentega secukupnya kemudian panaskan Teflon dengan api kecil saja. Masukan adonan leker secukupnya kedalam Teflon kemudian ratakan hingga berbentuk bulat atau merata ke semua permukaan Teflon.
  7. Ingat, proses ini cukup singkat karena jika tidak sigap adonan akan menjadi gosong.
  8. Kemudian letakkan bahan isian dari leker yang telah disiapkan tadi, pastikan untuk meletakannya secara rapih agar bentuk leker menjadi sempurna. Setelah memasukan semua bahan tadi sesuai dengan selera, kemudian lipat kulit kue leker kemudian angkat leker tersebut dan letakkan dipiring saji.
  9. Kue leker pun siap untuk dihidangkan bersama dengan keluarga dirumah, sajikan selagi hangat karena jika sudah dingin, kue leker biasanya akan melembek dan teksturnya menjadi tidak crispy.

Sekian dulu pembahasan dari saya mengenai sejarah, resep cara membuat leker pisang, semoga setelah membaca artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang cara membuat laker yang gurih dan enak, dan teruntuk kamu yang ingin mengetahui lebih tentang cara membuat cakwe tanpa ragi anda dapat mengunjungi artikel kami, terima kasih