Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat mochi mangga yang enak serta kenyal, kue ini merupakan salah satu makanan yang identik dengan tekstur kenyalnya, Baca terus penjelasan mengenai cara membuat mochi yang baik dan benar menurut artikel ini,

Apasih Kue Mochi Mangga Itu?

kue mochi ini merupakan salah satu kue asal Jepang yang saat ini bisa dengan mudah dijumpai di berbagai negara termasuk di Indonesia. Mochi dibentuk dari tepung ketan dengan tekstur kenyal dan mempunyai varian rasa yang menggugah selera.

Makanan ini termasuk kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Kue ini sudah digunakan untuk perayaan tahun baru bagi para bangsawan Jepang selama periode Heian (tahun 794 – 1185)

Makanan kue mochi ini berasal dari kata kerja “motsu” yaitu untuk menahan atau memiliki, menandakan bahwa mochi adalah makanan yang diberikan oleh para dewa. Ada juga kata “mochizuki” yang artinya bulan purnama dan ada orang yang menyebutnya “muchimi” yang berarti lengket. Petani Jepang jaman dulu menyantap mochi pada musim dingin untuk meningkatkan stamina mereka.

Dan para samurai suka dengan mochi karena mudah untuk disiapkan dan dapat dibawa kemana saja. Katanya suara mochi yang ditumbuk merupakan tanda bahwa mereka hendak pergi ke medan perang. Pada awal abad ke 10, berbagai jenis mochi digunakan untuk persembahan kekaisaran pada saat upacara keagamaan.

Sejarah Kue Mochi Mangga

Siapa yang tidak kenal dengan kue kenyal satu ini? Kamu mungkin mengenal kue mochi sebagai salah satu rekomendasi mochi di Jakarta atau oleh-oleh khas Sukabumi, Jawa Barat. Tapi, bagaimana ya asal usul mochi yang sebenarnya? Ini dia sejarah kue mochi yang perlu kamu tahu!

Berasal dari Jepang

Ternyata kue mochiitu asalnya dari jepang, lho. Mochi adalah saah satu kue tradisional yang sering disajikan dalam perayaan tahun baru Jepang yang biasa disebut dengan mochitsuki. Tradisi ini bahkan masih bertahan hingga saat ini. Awal mula kue mochi masuk ke Indonesia adalah dibawa oleh tentara jepang saat Jepang menduduki Indonesia.

Ada juga yang mengatakan bahwa mochi berasal dari China. Tetapi setelah ditelusuri melalui sejarah lisan, bukan mochi yang berasal dari China. Namun warga keturunan Tionghoa memang merupakan pelopor usaha dagang mochi yang pertama di Sukabumi.

Mochi Mangga di Indonesia

Di Indonesia, mochi dapat kamu temukan di beberapa daerah di Jawa Barat. Kue ini biasanya dijadikan oleh-oleh khas terutama di daerah Sukabumi. Kue mochi yang kamu temukan di Sukabumi berbeda dengan di Jepang. Makanan mochi asal Sukabumi ini memiliki keunikan dalam pengemasannya yaitu menggunakan keranjang bambu. Isian kacang tanah dalam mochi juga tidak ditemukan di mochi Jepang.

Mochi Mangga Masa Kini

Mochi saat ini memiliki sangat banyak variasi. Bukan hanya mochi berisi kacang tanah saja, sekarang rekomendasi mochi di Jakarta sudah memiliki banyak pilihan rasa seperti coklat, keju, dan green tea. Selain itu kamu juga bisa menemukan mochi berisi ice cream dengan berbagai warna dan rasa.

Resep kali ini kita akan mengolah mochi dengan isian kacang tanah. Pemakaian kacang tanah sebagai isian akan membuat mochi memiliki rasa manis dan juga gurih. Berikut adalah resep mudah kue mochi isi kacang tanah yang bisa dicoba di rumah dan bisa jadi menu buka puasamu hari ini.

1.Cara Membuat Mochi Mangga yang Kenyal dan Enak

cara membuat mochi mangga

Bahan-Bahan untuk membuat mochi mangga :

  • Tepung beras ketan 400 gr
  • Gula pasir 200 gr
  • Tepung beras 40 gr
  • Air 500 ml
  • Tepung Meizena 70 gr
  • Garam 1 sendok teh
  • Mentega 4 sendok makan
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • Kacang tanah 160 gr
  • Gula pasir 60 gr
  • Air matang 6 sendok makan

Cara Membuat Mochi Mangga yang Kenyal dan Enak

    1. Siapkan wadah, campurkan tepung ketan 400 gr, tepung beras 20 gr, 4 sendok makan mentega lalu aduk hingga rata
    2. Letakkan larutan yang terbuat dari 200 gr gula pasir, 1 sendok teh garam dan 500 ml air pada wadah yang berisi tepung ketan serta tepung beras. Jika ingin mochi berwarna silahkan tambahkan pewarna makanan.
    3. Aduk semua bahan tersebut hingga rata
    4. Setelah semua bahan sudah tercampur rata, letakkan adonan ke dalam pengukus. lalu kukus adonan selama 30 menit
    5. Apabila sudah matang keluarkan adonan, kemudian masukkan dalam sebuah wadah dan tunggu hingga sampai suhunya turun
    6. Sangrai 160 gr kacang tanah, saat sudah disangrai tumbuk sampai halus
    7. Masukkan kacang tanah yang sudah halus ke dalam wadah
    8. Lalu masukkan larutan dari 60 gr gula pasir dan 6 sendok air matang ke dalam wadah yang telah berisi kacang tanah
    9. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
    10. Isian pun siap digunakan
    11. Setelah suhu pada bagian luar mochi sudah mulai menurun pengisian bisa dilakukan
    12. Ambil bagian luar mochi sebanyak 3 sendok makan lalu pipihkan
    13. Setelah bagian luar mochi telah pipih masukkan isian kacang di dalamnya sebanyak 1 sendok makan
    14. Bungkus isian kacang dengan bagian luar hingga isian tidak terlihat
    15. Kemudian itu bentuk membulat
    16. Mochi yang telah selesai dibulatkan kemudian diguling-gulingkan di atas tepung meizena yang sebelumnya telah disangrai. Penyajian mochi dapat dilakukan dengan caara menata mochi dalam piring lalu menambahkan hiasan seperti saus cokelat dibagian atasnya agar terlihat lebih menarik.

Itulah ulasan mengenai cara membuat mochi mangga yang enak dan kenyal dari saya, semoga setelah membaca artikel ini anda dapat lebih mengetahui lebih banyak tentang cara membuat mochi yang baik dan benar, dan bagi anda yang ingin mengetahui lebih tentang cara membuat pie pisang yang enak dan lezat anda dapat mengunjungi web kami sebelumnya, Terima Kasih