cara membuat perkedel jagung pedas atau juga disebut bakwan adalah makanan yang dibuat dari jagung, terigu, telur ayam, dan digoreng. Makanan ini berasal dari Indonesia. Beberapa variasi menggunakan bawang daun, cabe merah, bawang merah, dan bawang putih.

Perkedel jagung, di daerah Manado, dimakan bersama dengan sambal yang disebut dabu-dabu. Berikut ini saya akan menunjukan cara membuat perkedel jagung pedas , serta hal-hal lainnya mengenai cara membuat perkedel jagung yang gurih ini. Selamat Mencoba di rumah anda masing masing.

Sejarah Perkedel Jagung Pedas

resep Perkedel Jagung

Sejarah Perkedel Jagung

Perkedel sebetulnya merupakan suatu hidangan yang populer di negara Jerman, di mana makanan ini dikenal dengan sebutan Frikadellen. Bukan hanya itu.

Makanan ini juga merupakan salah satu kuliner khas di beberapa negara-negara Eropa, contohnya Denmark, Kepulauan Faroe, Norwegia, Polandia, Rusia, Estonia, Ukraina, Belanda, dan juga Lithuania.

Sementara di negara Afrika Selatan, perkedel telah menjadi bagian dari warisan kuliner bangsa Afrika lho.
Apa bedanya Perkedel dengan Frikadellen?

Perkedel terbuat dari campuran daging dan juga kentang. Tak jarang, bahan utama untuk membuat perkedel, seperti kentang, diganti dengan umbi-umbian, misalnya dengan singkong atau juga bisa dengan ubi jalar.

Namun, ada pula yang memakai tahu atau jagung sebagai pengganti kentang. Sementara itu, Frikadellen secara tradisional terbuat dari bahan daging sapi.

Juga bisa daging babi cincang atau campuran dari keduanya, yang kemudian diberi dengan bumbu dari bawang, telur, susu (atau air), remah-remah roti (atau oatmeal atau tepung), garam, dan merica.

Intinya, makanan perkedel versi Eropa menggunakan 100 persen daging, sedangkan perkedel versi Indonesia menggunakan campuran antara kentang dan daging

Asal Kata Perkedel?

Perkedel merupakan kata serapan yang diambil dari bahasa Belanda yaitu Frikadel. Mungkin dulu saat orang Belanda mengatakan Frikadel, lidah orang Indonesia agak keseleo saat menirukan kata  Frikedel. Alhasil, sekarang ini kita menyebut makanan ini dengan nama perkedel.

Perkedel Bule Masa Kini

Erika Penzer Kerekes berkebangsaan Amerika memiliki ide untuk mengolah kentang yang diberi nama Mash Potato Pops. Secara tampilan, Mash Potato Pops ini benar-benar bulat dengan lapisan renyah di luarnya. Isiannya pun bervariatif seperti bacon, keju dan bisa apapun sesuai selera.

Akan tetapi, dari bahan yang digunakan dan proses pembuatannya, makanan ini bisa juga dikategorikan sebagai Perkedel atau Frikadellen meskipun saya tidak yakin Erika tahu Perkedel Indonesia itu seperti apa.

Cara Membuat Perkedel  Jagung Pedas

Anda Sudah pernah mencicipi Perkedel jagung ? Gorengan dari kota apel ini memiliki tampilan yang bebeda, karena menggunakan jagung yang telah dihaluskan dan juga mengunakan bumbu rempah yang lebih beragam. Memiliki Rasa cenderung pedas.

Bagaimana cara untuk membuat perkedel jagung pedas ala kota Malang yang enak? Berikut ini kami tampilkan resepnya.

Bahan-Bahan Membuat Perkedel Jagung Pedas

  • 3 Buah jagung manis
  • 2 Sendok makan tepung terigu
  • 1 Butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus Membuat Perkedel Jagung Pedas

  • 3 Butir bawang merah
  • 3 Lembar daun jeruk
  • 2 Siung bawang putih
  • 4 Buah cabai merah besar
  • 5 Buah cabai rawit
  • 1 Cm temu kunci

Cara Membuat Perkedel Jagung Pedas 

  1. Langkah Pertama Uleg kasar jagung sisir. Bisa juga diproses dengan mengunakan chopper dengan hasil yang masih agak kasar.
  2. Kemudian Campur jagung dengan semua bahan lainnya, kemudian tuangi air sedikit demi sedikit. Jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat.
  3. Lalu setelah itu Bumbui adonan bakwan jagung dengan garam dan gula secukupnya.
  4. Kemudian Ambil 1 sendok makan adonan, kemudian tuang ke dalam wajan berisi minyak panas. Goreng sampai bakwan berwarna kuning keemasan.

Bakwan jagung pedas siap untuk dihidangkan sebagai camilan sore hari. Atau Lebih lengkap lagi kalau Anda juga menyajikan secangkir kopi atau teh.

Jika suka dengan agar agar santan anda harus mencoba agar agar santan gula merah karna ini adalah makanan yang enak disaat lagi berkumpul dengan keluarga.

Sekian artikel resep cara membuat perkedel jagung pedas saya kali ini semoga artikel saya kali ini  bisa memberikan manfaat bagi orang yang membacanya. Terima kasih telah mengunjungi artikel saya tentang cara membuat perkedel jagung pedas. dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel saya berikutnya.