Kali ini saya akan membahas tentang resep agar  agar santan gula Merah bisa dibilang sangat mudah sama dengan membuat bakwan jagung yang enak, kalian cukup membeli agar – agar instan dan ikutilah proses cara membuat agar agar santan gula merah dibawah ini.

1. Air  Lebih Dulu Masuk ke Bubuk Agar – Agar

Proses pertama dalam resep agar – agar santan gula merah yang benar adalah memasukkan air lebih dulu. Ini pertanyaan pertama dalam membuat agar – agar instan. Di dalam panci, masukkan air lebih dulu atau bubuk agar – agar dahulu? Terlihat sepele kan teman – teman, tapi hal ini penting untuk kita ketahui.

Memangnya  apa pengaruhnya? Yang benar, kita harus masukkan agar – agarnya lebih dulu. Kemudian, baru tuang air sedikit demi sedikit ke bubuk agar – agar sambil terus diaduk.

Dengan begitu, agar – agar dijamin tidak akan menggumpal. Jadi, sekali lagi  kalian harus ingat, air yang harus masuk ke bubuk agar – agar, bukan bubuk agar – agar yang dituang ke dalam panci berisi air. Seandainya terbalik, kemungkinan menggumpal akan jadi makin besar.

2. Aduk Terlebih Dahulu, Barulah Nyalakan Api

Nah, selama proses no. 1 dilakukan, janganlah menyalakan api kompor terlebih dahulu. Pastikan api kompor kalian masih dalam keadaan mati. Pasalnya, kalau sudah dinyalakan, agar – agar bisa keburu mengental sebelum selesai diaduk rata.

Agar – agar pun akhirnya akan menggumpal. Jadi, aduklah dahulu agar – agar, air dan gula sampai rata betul. Lalu baru nyalakan kompor dengan api sedang.

3. Aduk Terus Sampai Mendidih

Proses resep agar – agar santan gula merah yang ketiga adalah aduklah agar – agar hingga mendidih. Jangan pernah meninggalkan agar – agar yang sedang kalian masak, karena apa?

Pertama, agar – agar sangat mudah menggumpal jika kalian diamkan. Kedua, agar – agar bisa menjadi meletup-letup saat mendidih. Takutnya, apabila ditinggalkan, letupannya bisa keluar dari panci, apalagi jika panci yang digunakan kecil.

Jadi, sejak api dinyalakan, pastikan terus mengaduk agar – agar hingga mendidih dan api mati. Jangan lupa juga gunakanlah spatula tahan panas agar tangan tetap aman.

Satu tips lagi tambahan bagi pemula. Agar – agar instan tipe jeli selalu dilengkapi dengan bubuk acid yang terpisah dari kemasan. Nah, untuk kalian yang pemula sering kebingungan, kapan waktu yang tepat untuk memasukan bahan penambah rasa asam dan segar ini.

Waktu yang tepat adalah tambahkan acid setelah api kompor dimatikkan. Jadi, masak agar sampai mendidih, lalu matikkan api kompor, baru masukkan acid. Sudah jelas, kan guys? Selamat mencoba membuat agar – agar nikmat untuk keluarga kalian, yaa.

Resep Agar – Agar Santan Gula Merah Yang Lezat

Meski sangat populer di Indonesia, agar – agar sebenarnya bukanlah makanan asli dari Indonesia. Sebenarnya, makanan agar – agar berasal dari Jepang, dan dibuat dari rumput laut yang diolah sehingga membentuk gel. Berikut ini kami akan menyajikan beberapa resep cara membuat Agar – Agar Rumahan Mudah dan Enak yang pasti anda sukai.

Resep Agar – Agar Santan Gula Merah

 

Bahan – Bahan Untuk Membuat Agar – Agar Santan Gula Merah

  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 700 ml air santan
  • 100 gram gula merah
  • 100 gram gula putih
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Agar – Agar Santan Gula Merah

  1. Campur semua bahan . Masak diatas api sedang sampai mendidih / gula merah larut. Angkat.
  2. Tuanglah kedalam cetakan agar – agar selagi masih panas. Biarkan dingin.
  3. Masukkan dalam lemari es. Siap dihidangkan.lebih nikmat jika disajikan dingin.

Jika ingin lebih jelas lagi cek cara membuat agar agar yang enak dan lezat yang pasti sehat untuk keluarga dirumah.

Yahh, jadi itulah tadi artikel cara membuat agar – agar santan susu dilengkapi dengan resep dan manfaat agar – agar semoga bisa menjadi manfaat untuk kalian yaaa. Sekian dan selamat mencobanya sendiri.