Cara Membuat Vas Bunga Dari Sabut Kelapa Yang Berharga – Sabut kelapa memang terkenal sebagai bahan baku kerajinan. Dalam artikel ini kami akan membagikan cara membuat vas bunga dari sabut kelapa yang dapat anda jadikan panduan untuk membuatnya.

Kerajinan dari sabut kelapa memang terkenal sangat banyak. Sabut kelapa digunakan karena bahannya sangat bagus dan mudah berkualitas.

Berikut ini adalah cara membuat salah satu karya dari sabut kelapa yaitu cara membuat vas bunga sabut kelapa.

Cara Membuat Vas Bunga Dari Sabut Kelapa Yang Berharga

cara membuat vas bunga dari sabut kelapa.jpg

Cara Membuat Vas Bunga Dari Sabut Kelapa Yang Berharga

Alat Cara Membuat Vas Bunga

  • Pisau
  • Gunting
  • Pisau besar
  • Bor

Bahan Cara Membuat Vas Bunga

  •  Sabut kelapa yang sudah kering
  • Tali ijuk

Cara Membuat Vas Bunga

  1. Ambilah sabut kelapa dari kulitan kelapa yang sudah kering, gunakan linggis untuk menguliti kelapa agar kupasan sabut tetap terjalin. Jika di desa — desa kulit kelapa ini sudah dikuliti sedemikaina rupa sehingga kupasan sabut kelapa masih terjalin.
  2. Tandai bagian bawah dan atas pada setiap belahan dengan menggunakan tipe ex, bagian ini akan dibor untuk mengikat belahan sabut kelapa sekaligus untuk tali ikatan pot.
  3. Borlah dengan hati -hati pada bagian yang sudah diberi tanda.
  4. Talikan ijuk pada setiap lubang sabut kelapa sehingga setiap belahan sabut dapat menyatu. Ikatan mulai dari luar dan menyilang ke arah dalam sehingga ikatan kuat antar belahan sabut kelapa
  5. Setelah ikatan dalam terbentuk kemudian silanglah ikatan pada bagian luar, lakukan hal serupa pada seluruh belahan sabut kelapa. Maka terbentuklah satu ikatan kuat dan membentuk kulit kelapa yang terpancung pada bagian atas
  6. Vas sabut kelapa siap digunakan untuk menanam tanaman anggrek atau pakis.

Sabut Kelapa

cara membuat vas bunga dari sabut kelapa.jpg

Sabut merupakan bagian mesokarp (selimut) yang berupa serat-serat kasar kelapa ,biasanya disebut sebagai limbah yang hanya ditumpuk di bawah tegakan tanaman kelapa lalu dibiarkan membusuk atau kering. Pemanfaatannya paling banyak hanyalah untuk kayu bakar.

Secara tradisional, masyarakat telah mengolah sabut untuk dijadikan tali dan dianyam menjadi kesed. Padahal sabut masih memiliki nilai ekonomis cukup baik . Sabut kelapa jika diurai akan menghasilkan serat sabut (cocofibre) dan serbuk sabut (cococoir).

Namun produk inti dari sabut adalah serat sabut. Dari produk cocofibre akan menghasilan aneka macam derivasi produk yang manfaatnya sangat luar biasa. Sabut kelapa biasanya dibuat kerajinan yaitu kerajinan dari sabut kelapa.

Manfaat

memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari hari sama halnya dengan tongseng ayam yang memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sabut kelapa,simak dan pelajarilah!

1. Sebagai Penetralisir Bau Semen Pada Kolam Yang Baru Dibuat

Kolam ikan yang baru saja dibuat sering kali meninggalkan bau semen yang kurang sedap. Hal ini tentunya membuat budidaya ikan memjadi terhambat.

Salah satu cara alami yang ampuh untuk menghilangkan bau semen pada kolam yang baru dibuat, yaitu menggunakan sabut kelapa.

Caranya sangat mudah, cukup  dengan menaburkan sabut kelapa atau bisa dicampur dengan dedaunan yang mudah membusuk dan biarkan selama kurang lebih 1 sampai 2 minggu.

Air akan berwarna kecoklatan hingga warna kehijauan, warna air yang berubah tersebut menandakan kolam sudah siap untuk media pembudidayaan ikan.

2. Untuk Sebagai Pupuk Organik

Sabut kelapa memiliki usur hara dan juga kandungan mineral cukup tinggi yang baik untuk pertumbuhan tanaman, maka serabut kelapa ini sangat cocok untuk dibuat menjadi pupuk organik.

Apalagi pupuk organik yang dibuat dari serabut kelapa menyimpan 60% air lebih banyak dibandingkan dengan pupuk biasa. Jadi pupuk organik dari serabut kelapa cocok didaerah yang curah hujannya rendah atau daerah yang sedang dilanda kekeringan.

Bahkan untuk daerah pantai yang berpasir sekaligus, penambahan cocopeat atau sabut kelapa pada pasir panta, bisa sebagai media tanam yang ditaburkan begitu saja.

3.  Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Anda tentu sering mendengar nama briket berasal dari batubara atau juga tempurung kelapa bukan? dan itu itu betul. Tetapi ternyata sekarang, briket juga dapat dibuat dari bahan serabut kelapa. Jadi anda akan terasa asing jika briket berasal dari serabut kelapa.

Briket yang berbahan dasar sabut kelapa ini memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan serta anda akan menekan biaya pembuatan, karena biaya produksi briket sabut kelapa lebih murah dibanding dengan briket dari batubara.

4. Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Satu lagi manfaat dari serabut kelapa yang mungkin sudah tidak asing lagi dilingkungan kita, yaitu serabut kelapa sebagai bahan dasar kerajinan atau merchandise.

Kerajinan dari sabut kelapa sangatlah banyak, apalagi Indonesia memiliki banyak suku didaerah sehingga bisa menghasilkan berbagai macam kerajinan – kerajinan yang unik dari berbagai daerah.

Sebagai contoh yaitu yang berupa dompet, tas, dan souvenir – souvenir untuk dijadikan pajangan dan oleh-oleh di tempat pariwisata.

5. Sebagai Penahan Erosi Pada Tebing

Media sabut kelapa yang dipakai dalam teknik ini adalah dengan cara membuatnnya menjadi jaring serabut kelapa atau sering disebut dengan cocomesh.

Pembuatan cocomesh ini diawali dengan cara serabut kelapa dibuatnya menjadi tali ersabut. Kemudian proses selanjutnya adalah mengayam tali tersebut dengan ukuran mash atau jarak tertentu.

Ukuran cocomesh umumnya adalah 2×25 meter atau juga bisa 1,2 x 15 meter, sangat bergantung kepada kondisi kebutuhan. Dan jarak antar talinya bisa mulai dari 2×2 cm, 3×3 cm dan 4×4 cm.

Penggunaan cocomesh ini sudah mulai sangat familiar di kalangan para reklamator tambang.

Karena terbukti sangat efektif untuk menahan erosi bekas tambang, juga mampu menghijaukan kembali area bekas tambang yang dipadukan dengan penumbuhan cover crop, atau biji-bijian penutup lahan.

Ketika cover crop yang disebar pada cocomesh sudah tumbuh, maka langkah selanjutnya bisa dilakukan penanaman mengunakan tanaman keras.

Itulah cara membuat vas bunga dari sabut kelapa yang dapat anda buat dirumah,semoga bermanfaat selamat mencoba sukses selalu.

Sekian dan terimakasih.