Pada ulasan kali ini, saya akan menjelaskan cara membuat wajik kletik yang enak dan bisa anda coba dirumah. Siapa yang tidak kenal dengan wajik? Jajanan yang satu ini sering kita temukan di pinggir-pinggir jalan maupun di pasar-pasar tradisional.

semakin berkembangnya jaman, wajik tidak cuma dijual di pasar-pasar saja, namun wajik juga dijual di Mall-Mall dan mulai dijual secara online. Wajik sering menjadi camilan disaat santai bersama keluarga, teman, maupun orang-orang tersayang.

Wajik merupakan  salah satu ragam kekayaan kuliner di Indonesia. Kue wajik memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Sebutan wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah.

Kue wajik di Sumatera disebut pulut manis. Wajik yang terbuat dari ketan juga disebut dengan istilah ketan wajik. Selain memiliki sebutan yang berbeda-beda, Indonesia juga mempunyai bermacam-macam jenis wajik.

Wajik yang paling terkenal yaitu wajik ketan yaitu wajik yang berasal dari beras ketan. Meskipun Kue ini terkenal luas di Indonesia, kue ini juga terkenal di negara tetangga, karena itu kue ini kadang juga diakui sebagai kue khas negara tetangga Indonesia.

Wajik Kletik

Camilan ini adalah kue yang diakui khas dari Blitar. Camilan yang satu ini juga memiliki bahan utama yang sama dengan wajik ketan yaitu beras ketan.

Bedanya wajik kletik dengan wajik ketan yaitu wajik kletik dibungkus kecil-kecil menggunakan kulit jagung atau klobot. Kulit jagung akan disetrika agar terbebas dari bakteri dan kuman sehingga wajik menjadi lebih tahan lama.

Cara Membuat Wajik Kletik

Bahan-Bahan:

  • Ketan putih sebanyak 250 gram
  • Gula putih sebanyak 1 kg
  • Agar-agar sebanyak 2 bgks
  • Kelapa sebanyak 2 buah
  • Vanili sebanyak 1 sendok teh
  • Kertas minyak ukuran 10×10 cm bentuk segi empat

Cara Membuat Wajik Kletik :

  1. untuk membuat wajik hal pertama yang harus di lakukan adalah mengkukus ketan sampai matang dan teksturnya lunak dan lembek. Parut nanas dan kelapa lalu dicampur menjadi satu, masukan vanili, gula putih, aduk dengan menggunakan tangan sambil di remas-remas hingga tercampur menjadi satu bahan.
  2. Masak parutan kelapa dan nanas, aduk-aduk supaya tidak gosong sampai setengah matang, masukan ketan aduk sampai merata. tambahkan agar-agar bubuk, aduk sampai adonan menggumpal, apabila di pinggiran wajan ada warna putih-putih itu tandanya sudah matang.
  3. Ambil adonan sebanyak 1 sdm kemudian tuang di atas kertas minyak yang telah di sediakan, bungkus hingga menyatu pada setiap ujungnya.
  4. Wajik kletik siap untuk disajikan

Cara Membuat Wajik Kletik Enak Sederhana

Bahan-bahan

  • 1 kg gula pasir
  • 100 gr ketan
  • 1 sdt Vanili
  • Pewarna
  • 1 bungkus Kertas minyak warna Warni
  • 2 buah kelapa diparut

Cara Membuat Wajik Kletik Enak Sederhana

  1. Rebus ketan sampai empuk. Dinginkan.
  2. Campur semua bahan, remas-remas sampai lembut dan kalis.
  3. Masak di wajan dengan api sedang cenderung kecil sambil diaduk terus. Jika dipinggir wajan sudah ada putih – putihnya berarti sudah matang. Angkat.
  4. Potong kertas minyak bentuk segi empat, ukuran sesuai selera. Selagi hangat, ambil 1 sendok adonan wajik, taruh di tengah kertas, kumpulkan keempat sudutnya ke atas. Lakukan sampai habis

Sejarah Kue Wajik

Wajik merupakan kue yang terbuat dari beras ketan putih yang dimasak menggunakan santan dan gula merah. Tekstur wajik kenyal dan lembut, serta aroma harum dari daun pandan. Wajik merupakan jenis kue Cina peranakan Indonesia.

Negeri Jiran Malaysia mengenal wajik dan menyajikannya setiap perayaan hari besar seperti Lebaran. Wajik Malaysia kaya tekstur dan rasa. Ada yang basah, dan ada yang kering.

Wajik basah seperti layaknya kue wajik Indonesia, teksturnya kenyal dan lembut. Sedangkan wajik kering, teksturnya sedikit keras dan berdetus. Dibuat dalam ukuran kecil, dibungkus dengan kertas minyak warna-warni seperti wajik kletik.

Wajik Malaysia juga kaya rasa, karena wajik mudah divariasikan dengan aneka bahan sehingga tercipta rasa yang  baru, seperti wajik rasa durian. Bagaimana dengan di Indonesia?

Wajik yang selama ini dikenal teskturnya lembut dan kenyal dengan aroma harum. Ada yang menambahkan campuran buah nangka supaya aroma dan rasanya makin lezat.

Akulturasi budaya memungkinkan kue yang senantiasa tersaji setiap perayaan Imlek ini, disuguhkan pula oleh masyarakat dari berbagai daerah, pada hari besar keagamaan atau acara ritual.

Di Indonesia, wajik terkenal berwarna cokelat. Walaupun ada warna merah, hijau  atau cokelat kehitaman, di antaranya dikenal dalam masyarakat Betawi, Jawa dan Bali.