Kue basah sering kita temui di abang-abang pedagang kaki lima, lalu apa saja resep kue basah tradisional yang enak dan lezat?

Kue adalah camilan atau makanan ringan yang bukan makanan utama. Biasanya kue bercita rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin. Kue biasanya diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu.

Kata “kue” berasal dari kata serapan dari Bahasa Hokkian: 粿 koé, hal ini menunjukkan pengaruh seni memasak dari Tionghoa di Nusantara, beberapa kue memang menunjukkan asal mulanya  dari negara China seperti kue bakpia.

banyak macam  kue basah adalah kue tradisional Nusantara, sementara itu beberapa kue lain seperti lapis legit, risoles, pastel dan panekuk menunjukkan pengaruh budaya Eropa, yaitu Belanda dan Portugis.

Awalnya istilah kue memang digunakan untuk menyebut kue tradisional dan kue peranakan Tionghoa.

Akan tetapi sekarang dalam Bahasa Indonesia istilah ini telah menyebar luas menjadi istilah yang memayungi berbagai jenis makanan ringan, termasuk untuk menyebut kue kering , kue pastri , dan kue tart atau bolu.

Kue bisa dimasak dengan cara dikukus, dipanggang, atau digoreng. Kue di Indonesia dikategorikan berdasarkan kadar airnya, yaitu kue basah dan kue kering.

biasanya Kue basah bertekstur lembut, empuk dan tidak  bertahan dalam waktu lama. Hal ini karena umumnya kue tradisional terbuat dari tepung beras, gula, dan santan, sehingga lebih mudah basi.

Kue basah umumnya dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng. Kebanyakan kue tradisional Nusantara adalah kue basah, dan biasanya sering ditemui di pasar tradisional di Indonesia. Dibawah ini adalah beberapa resep kue basah tradisional yang bisa dibuat dirumah.

Resep Kue Basah Tradisional Klepon Kenyal Tanpa Kapur Sirih

Bahan-Bahan

  • 50 gram tepung beras
  • 250 gram tepung ketan
  • sejumput garam
  • air pandan (hasil blender beberapa helai daun pandan dan air), secukupnya
  • gula aren, disisir secukupnya
  • kelapa setengah tua secukupnya, kupas, parut, lalu kukus 20 menit

Langkah-langkah Resep Kue basah Tradisional Klepon Kenyal Tanpa Kapur Sirih

  1. Campur tepung beras, tepung ketan, garam dan air pandan sampai adonan bisa dibentuk. Jangan sampai terlalu lembek.
  2. Bentuk adonan jadi bulat-bulat, beri isian gula aren secukupnya.
  3. Rebus air hingga mendidih, masukkan bulatan klepon.
  4. Bila klepon sudah mengapung, angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan dengan parutan kelapa.

Resep Kue Basah Tradisional Kipo Kotagede

Bahan-bahan

  • 1/4 kg tepung ketan.
  • 30 ml air sari dari daun pandan.
  • 150 ml santan kelapa yang telah dihangatkan.

Bahan isian

  • 100 gram gula jawa (sisir halus).
  • 50 ml air matang.
  • 150 gram kelapa parut.
  • Garam halus secukupnya.

Resep Kue Basah Tradisional Kipo Kotagede

  1. Untuk membuat isi kue, mula-mula rebus air bersama gula jawa. Jika telah mendidih, masukkan kelapa parut serta garam halus secukupnya, kemudian Aduk hingga tercampur rata dan tiriskan.
  2. untuk membuat kulitnya, aduk tepung ketan bersama dengan air sari dari daun pandan, serta santan hangat yang dituangkan secara perlahan sambil diaduk hingga adonan dapat diuleni.
  3. Setelah itu, ambil kira-kira 1 sendok teh adonan kulit kemudian pipihkan. Lalu masukkan adonan isian gula jawwa dan kelapa tadi secukupnya kedalam adonan kulit.
  4. Tutup kembali adonan kulit yang sudah diberi bahan isian menjadi bentuk bulat atau sesuai selera anda. Lakukan hingga semua bahan habis.
  5. Selanjutnya, panggang adonan keu kipo hingga matang sambil ditekan-tekan bagian atas adonan tersebut.
  6. Terakhir, sajikan kue kipo diatas piring saji.