Cara Membuat Minyak Kemiri Dengan Sangrai –  Kalian mungkin sudah sering mendengar tentang minyak kemiri.

Biasanya, minyak kemiri berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Pada Zaman dulu, banyak orang tua yang mengoleskan minyak kemiri ke rambut anaknya agar rambut anak menjadi hitam dan tebal.

Pada saat ini, sudah banyak produk kecantikan rambut maupun kulit yang mengandung minyak kemiri. Tak jarang, minyak kemiri juga dimanfaatkan sebagai minyak urut.

Cara membuat minyak kemiri dengan sangrai sangat mudah, kalian bisa membuatnya sendiri dirumah seperti halnya kalian membuat agar – agar di rumah.

Jika kalian belum mengetahui cara membuat minyak kemiri dengan sangrai , simaklah artikel cara membuat minyak kemiri dengan sangrai berikut.

Cara Membuat Minyak Kemiri Yang Perlu Anda Ketahui

1. Cara Membuat Minyak Kemiri Dengan Sangrai

Metode ini merupakan proses yang paling singkat dibandingkan dengan yang lainnya. Ikutilah langkah – langkahnya sebagai berikut.

  1. Siapkan biji kemiri yang sudah terkupas sempurna dari cangkangnya.
  2. Sangrai biji kemiri kedalam wajan tanpa minyak hingga matang.
  3. Biji kemiri yang tsudah disangrai kemudian ditumbuk hingga halus atau diblender.
  4. Lalu setelah biji kemiri dihaluskan, peras dengan menggunakan air.
  5. Minyak kemiri siap digunakan.

2. Cara Membuat Minyak Kemiri Bakar Sendiri

Proses dibakar merupakan proses yang bisa dibilang mudah. Tetapi karena prosesnya dibakar maka ketika pemakaian saat perawatan hindari mengenai pakaian karena akan berbau kemiri yang dibakar.

Berikut ini proses cara membuat minyak kemiri dengan di bakar.

  1. Siapkan biji kemiri yang sudah terkupas sempurna dari cangkangnya.
  2. Bakarlah biji kemiri sampai benar-benar gosong seperti membuat arang.
  3. Setelah biji kemiri gosong, lanjutkan dengan memblender biji kemiri sampai keluar cairan minyaknya.
  4. Kemudian masukkanlah minyak kemiri dalam wadah tertutup.
  5. Minyak kemiri yang anda buat sudah siap di gunakan.

3. Cara Membuat Biji Kemiri Dengan Diperas

Cara membuat minyak kemiri yang lain yaitu dengan cara diperas. Proses ini memakan waktu sedikit lama karena perlu didiamkan selama 24 jam. Ikutilah langkah – langkah di bawah ini.

  1. Siapkan biji kemiri yang sudah terkupas sempurna dari cangkangnya.
  2. Kalian bisa memilih dengan cara memarut biji kemiri atau dengan memblendernya.
  3. Setelah diparut atau diblender, peras biji kemiri sembil menambahkan air sedikit demi sedikit.
  4. Taruhlah air perasan biji kemiri dalam wadah tertutup selama 24 jam penuh.
  5. Setelah disimpan 24 jam maka masaklah air perasan biji kemiri hingga keluar minyaknya.
  6. Minyak kemiri yang kalian buat sudah jadi.

Kekurangan dari proses peras ini adalah minyak kemiri yang dihasilkan hanya sedikit serta membutuhkan waktu yang lama. Tapi minyak yang dihasilkan akan bening sehingga tidak akan mengotori apapun.

Perbedaan Proses Pembuatan Minyak Kemiri Ala Indonesia Dan Ala Hawaii

Cara membuat minyak kemiri di Indonesia berbeda dengan cara membut minyak kemiri di Hawaii. Jika kalian belum mengetahuinya simak artikel dibawah ini.

Bahan – Bahan Minyak Kemiri

  • 250 gram biji kemiri atau sesuaikan dengan minyak yang ingin dibuat
  • Air mineral atau air putih

Cara Membuat Minyak Kemiri Ala Indonesia

1. Haluskan Biji Kemiri

Pertama-tama anda harus mencuci biji kemiri tersebut sampai benar – benar bersih kemudian haluskan namun jangan sampai terlalu halus. Anda bisa menghaluskan dengan menggunakan dua cara, yaitu ditumbuk secara langsung ataupun dengan menggunakan mesin blender.

Jika anda menumbuknya secara langsung, maka tumbuklah sampai agak halus dan mudah untuk disaring. Sedangkan jika anda menghaluskannya  dengan menggunakan blender, maka campurkanlah beberapa biji kemiri tersebut dengan air putih secukupnya.

Tapi ingat, jangan memblender biji kemiri tersebut sampai halus seperti cairan. Cukup blender hingga bertekstur kasar saja.

2. Saring Santannya

Setelah anda mendapatkan kemiri yang halus hasil belender ataupun tumbukan, kini saatnya anda menyaringnya. Caranya adalah dengan mencampurka kemiri halus tersebut dengan air secukupnya kemudian peras hingga keluar santannya. Proses pemerasan ini sama halnya dengan ketika memeras santan kelapa.

Jika anda menumbuk atau memblendernya terlalu halus, maka anda dapat memerasnya dengan menggunakan kain. Setelah diperas, saringlah santan tersebut agar tidak tercampur dengan santannya ketika dididihkan pada proses berikutnya.

3. Didihkan Hingga Menjadi Minyak

Setelah mendapatkan santan kemiri yang bersih, maka langkah berikutnya adalah memasaknya. Masukanlah santan kemiri tersebut ke dalam wajan dan biarkan sampai mendidih. Selama proses ini, aduk – aduklah santan kemiri supaya proses penguapannya berlajan sempurna.

Proses penguapan ini akan memakan waktu yang cukup lama oleh karena itu, anda harus cukup bersabar untuk menunggunya. Aduklah terus santan kemiri hingga airnya menguap dan menyisakan minyaknya saja. Minyak kemiri yang sudah jadi biasanya terlihat dari kerak minyaknya yang berwarna coklat pekat.

4. Peras Dan Masukkan Dalam Botol

Setelah minyak kemiri yang anda buat jadi, diamkanlah sampai menjadi dingin. Setelah itu, ambillah kerak tersebut dan peras minyaknya menggunakan kain sampai menjadi kering.

Masukkanlah minyak kemiri hasil perasan tersebut ke dalam botol supaya mudah digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Minyak kemiri yang anda buat sudah siap digunakan.

Cara Membuat Minyak Kemiri Ala Hawaii

Selain dengan cara di atas, anda juga bisa membuat minyak kemiri dengan cara lainnya. Cara ini banyak digunakan oleh masyarakat Hawaii dan bisa dibilang lebih praktis dibandingkan cara di atas. Cara membuat minyak kemiri ala Hawaii hanya mengunakan 4 tahap proses pembuatan. Oleh karena itu, prosesnya bisa dibilang cukup singkat.

Untuk bahan pembuatannya tetap sama yakni menggunakan biji kemiri dan air putih. Berikut ini langkah-langkah cara membuat minyak kemiri ala Hawaii.

  1. Sangrai biji kemiri atau panggang di dalam oven hingga matang setelah itu dinginkan.
  2. Setelah dingin, tumbuklah atau blender biji kemiri tersebut sampai halus seperti cara di atas.
  3. Setelah biji kemiri itu halus, campurkan dengan air dan peras menggunakan kain hingga minyaknya keluar.
  4. Saring hasil perasan tersebut agar bersih lalu masukkan minyaknya ke dalam botol.
  5. Minyak kemiri sudah jadi dan siap di gunakan.

Sekian artikel tentang cara membuat minyak kemiri dengan sangrai yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat untuk anda, sekian dan selamat mencoba.