Siapa yang tidak kenal dengan kue semprit. Camilan yang satu ini sering dijumpai ketika hari lebaran tiba. Pada Ulasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana resep kue kering semprit yang bisa dibuat dirumah. Berikut Ulasannya.

Kue lembut ini masih termasuk dalam kategori kue-kue tradisional Indonesia. Biasanya kue putih yang satu ini terbuat dari tepung sagu, versi aslinya biasanya sering disebut sagu atau satu kue sagu mencuat. Dan ada juga satu kue sagu kelapa dan satu kue dari tepung ketan.

Padahal sekarang tren kue kering terus berinovasi dan menjadi kreatif, mulai dari mengubah berbagai bentuk dan berbagai rasa dengan mencampurkan bahan-bahan lainnya. Seperti teh hijau, redvelvet, talas, pandan, daun suji, keju, cokelat, kacang dan satu kue kacang hijau.

Pada artikel Resep Kue Sagu Semprit ini Akan saya bagikan Resep Kue Kering Semprit yang dapat anda lakukan di Rumah sendiri. Penasaran bagaimana Resep Kue Kering Semprit? Simak Resep Kue Kering Semprit berikut ini

Resep Kue Kering Semprit Sagu

Bahan untuk Resep Kue Kering Semprit Sagu

  • 75 gram margarin.
  • 150 gram gula tepung.
  • 1/2 sendok teh garam.
  • 2 kuning telur.
  • 50 gram santan kental instan.
  • 1/2 sendok teh esensi pandan teh.
  • 3 tetes hijau.
  • 300 gram tepung sagu, panggang dengan api kecil hingga 250 gram.
  • 1 sendok teh baking powder.
  • 50 gram kelapa kering, dihaluskan.
  • 25 gram kenari cincang halus.

Langkah-Langkah Resep Kue Kering Semprit Sagu

  1. Kocok margarin, gula tepung, esensi pandan, pewarna hijau, dan garam selama 2 menit hingga halus.
  2. Tambahkan kuning telur. Kocok sampai halus.
  3. Masukan setengah santan, kocok hingga rata.
  4. Tambahkan tepung sagu dan baking powder sambil mengayak dan diaduk bergantian dengan sisa santan.
  5. Tambahkan kelapa kering. Aduk sampai rata.
  6. Masukkan ke dalam kantong segitiga plastik.
  7. Berikan jarum suntik bunga besar.
  8. Semprotkan bentuk huruf O pada margarin yang dilapisi tipis.
  9. Taburkan ujungnya dengan kenari cincang.
  10. Oven 20 menit dengan api kecil 150 derajat Celcius sampai matang.

Manfaat Sagu Untuk Kesehatan

Sagu dijual dalam bentuk piring persegi. Sagu adalah tepung atau olahan yang diperoleh dari pengolahan teras batang jerami atau “pohon sagu”. Tepung sagu memiliki karakteristik fisik yang mirip dengan tepung tapioka.

Dalam resepnya, tepung sagu yang relatif sulit didapat sering diganti dengan tepung tapioka sehingga namanya sering dipertukarkan, padahal kedua tepung itu berbeda. Sagu adalah makanan pokok bagi orang-orang di Maluku dan Papua yang tinggal di pantai.

Tepung Sagu dimakan dalam bentuk papeda, sejenis bubur, atau dalam sediaan lainnya. Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah dan dipadatkan serta dikemas dengan daun pisang. Selain itu, sagu juga sekarang diolah menjadi mie.

Sebagai sumber karbohidrat, sagu unik karena diproduksi di daerah rawa (habitat alami jerami). Kondisi ini memiliki keunggulan ekologisnya sendiri, meskipun secara ekonomi tidak menguntungkan (distribusi yang menyulitkan).

Apa kalian tahu apa saja manfaat sagu? Simak berikut ini untuk lebih jelasnya

Nutrisi dalam Sagu

Kandungan nutrisi dalam jagung bisa menjadi alternatif sebagai makanan pokok:

  1. 94 gr karbohidrat
  2. Memiliki sekitar 355 kalori / 100 gr
  3. Protein 0,2 gr
  4. 0,5 gr serat
  5. Kalsium 10 mg
  6. 1,2 mg zat besi

Kandungan lemak, karoten, dan asam kasbornat tersedia tetapi dalam jumlah kecil tetapi jangan khawatir karena ini tidak mempengaruhi sagu jika dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih. Dan kemudian dimakan bersama beberapa jenis ikan berprotein tinggi.

Berikut Manfaat Sagu untuk Kesehatan Tubuh

 

1. Pencegahan Pembekuan Darah 

Gumpalan darah di pembuluh darah yang biasanya mengakibatkan aliran darah ke jantung tersumbat. Kondisi ini akan mempengaruhi kinerja organ lain.

2. Bagus Untuk Gula Darah

Dapat menghambat laju peningkatan kadar glukosa dalam darah, karena serat dan mineral fosfor terkandung dalam sagu.

Mampu menekan dan mengikat gula di dalam tubuh sehingga tidak langsung menyebar ke jaringan tubuh dan mampu menghambat penumpukan gula dalam darah sehingga tidak membentuk kristal yang dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.

3. Mencegah Masuk Angin

Dapat menyembuhkan rasa sakit di perut dan mencegah perut kembung dan masuk angin. Masuk angin yang dimaksud disebabkan oleh kelelahan, perjalanan jauh, perubahan iklim atau karena kurang tidur.

4. Sebagai Prebiotik

Serat dalam sagu mampu bertindak sebagai prebiotik, kemampuan untuk melindungi kondisi mikro flora usus. Maka usus akan selalu terlindungi dari serangan bakteri untuk membahayakan dan menstabilkan enzim pencernaan agar selalu sehat.

Serat dalam sagu dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka, radang pencernaan dan infeksi kulit.

5. Pencegahan Kanker

Serat dalam sagu dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di usus, dan di paru-paru karena zat prebiotik dalam sagu dapat menyehatkan sel-sel di usus dan paru-paru dan meningkatkan sirkulasi darah dan pembuluh darah di sekitar area usus dan paru-paru.

Sagu prebiotik dapat menghambat dan bahkan menghancurkan pertumbuhan sel kanker dan mengikatnya sehingga tidak langsung menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

 

 

Mungkin sekian dahulu artikel Resep Kue Kering Semprit Sagu dari saya. Bagaimana mudah kan cara pembuatannya? Terimakasih telah membaca ulasan kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Tunggu ulasan yang lebih menarik lagi  dari saya.