Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan manfaat minyak kelapa untuk kulit gatal dan untuk kesehatan. Namun, sebelum itu tahukah kamu apa itu minyak kelapa ?. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Minyak Kelapa ?

Apa itu minyak kelapa ?

Minyak kelapa saat ini memang dianggap sebagai cairan yang sehat untuk dikonsumsi. Banyak pakar kecantikan yang merekomendasikan minyak kelapa sebagai salah satu bahan yang bisa dipakai untuk perawatan tubuh.

Selain itu, minyak kelapa juga mengandung kandungan lemakn jenuh sebesar 90%. Bahkan telah ditemukan juga bahwa kandungan lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular dan yang lainnya.

Saat ini, para produsen makanan telah mengganti minyak lain dengan minyak kelapa dalam produk yang dikemasnya dan banyak ibu rumah tangga yang beralih dari minyak biasa ke minyak kelapa untuk memasak.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di amerika serikat tepatnya pada juli 2016, menunjukkan bahwa 72% orang berpikir bahwa minyak kelapa itu sehat, tetapi hanya 37% ahli gizi yang setuju.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kulit Gatal dan Kesehatan

Manfaat minyak kelapa untuk kulit gatal dna kesehatan

  • Membantu Mengatasi Gatal Karena Racun Ulat Bulu

Jika kita terkena ulat bulu, maka biasanya akan menimbulkan bentol-bentol dan membuat kita merasa gatal-gatal pada kulit. Karena itu, kita bisa menggunakan minyak kelapa sebgai salah satu obat penawarnya.

Minyak kelapa mengandung rantai pendek asam lemak yang sangat efektif sebagai insektisida dan tentunya bisa mengurangi alergi yang ditimbulkan oleh ulat bulu.

Caranya sangat mudah kita hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang gatal dan bentol-bentol, maka secara perlahan-lahan gatal dan bentol-bentol yang kita alami akan menghilang.

  • Membantu Meredakan Sakit Kepala

Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk membantu meredakan sakiit kepala, jika anda merupakan tipe orang yang susah minum obat.

Caranya coba pastikan terlebih dahulu bagian mana yang sakit, setelah anda menemukannya balurkan minyak kelapa yang dicampur dengan jahe. Maka secara perlahan sakit kepala yang anda alami akan segera hilang.

  • Membantu Meredakan Sakit Tenggorokan

Apabila anda mengalami sakit tenggorokan tentu saja hal ini sangat menganggu. Cukup campurkan beberapa tetes minyak kelapa pada air panas ataupun teh, setelah itu langsung diminum.

Jika cara ini anda lakukan secara rutin dan teratur, maka pasti sakit tenggorokan yang anda alami akan segera mereda.

  • Membantu Melembutkan Kapalan dan Kutikula

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu membantu membuat kulit mati anda mengelupas. Dengan menggunakan minyak kelapa maka akan mampu membantu melembutkan kapalan yang anda alami.

Caranya gunakan minyak kelapa saat anda melakukan manicure sehingga melonggarkan kutikula yang membuatnya lebih mudah ditekan atau dipotong.

  • Membantu Mencegah Osteoporosis

Manfaat minyak kelapa membantu tubuh lebih efektif menyerap vitamin yang larut di dalam lemak, contohnya magnesium dan kalsium. Kandungan kalsium yang mencukupi dalam tubuh mengarah pada struktur dan kepadatan tulang yang lebih kuat.

Dengan demikian, maka mengonsumsi minyak kelapa dalam bentuk alaminya dapat membantu mengurangi gejala pengeroposan tulang yang diakibatkan oleh osteoporosis.

  • Membantu Mencegah Penyakit Gusi dan Karies Gigi

Sebenarnya berkumur dengan menggunakan minyak kelapa telah digunakan turun temurun sebagai salah satu metode alami untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi. Seperti mencegah kebusukan gigi dan gusi berdarah.

Beberapa penelitian melaporkan, rutin berkumur dengan minyak kelapa dapat secara efektif mengikis lapisan plak gigi dan sekaligus juga mencegah pembentukan plak baru yang menyebabkan gingivitis dan infesi gusi.

  • Membantu Membakar Lemak Perut

Manfaat lain selain membantu memerangi gangguan otak dan memori, dengan konsumsi asam lemak rantai menengah yang terkandung di dalam minyak kelapa telah terbukti meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar dibandingkan asam lemak yang lainnya.

Sehingga dengan kata lain tubuh dapat dengan mudah mengubah lemak yang dimanfaatkan menjadi energi.

Bahkan, jenis minyak ini efektif memangkas lemak perut yang merupakan tumpukan lemak paling berbahaya dari semua jenis lemak tubuh dan sangat terkait dengan berbagai penyakit kronis.

Sehingga keton, yang merupakan salah satu bentuk energi hasil metabolisme lemak diketahui dapat memiliki efek mengurangi nafsu makan.

Sebenarnya metode seperti ini sangat penting bagi orang yang sedang menjalani diet, pada dasarnya minyak kelapa berpotensi membantu proses penurunan berat badan secara dramatis jika dikonsumsi secara rutin dan teratur dalam jangka waktu yang panjang.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai manfaat minyak kelapa untuk kulit gatal dan untuk kesehatan. Artikel yang tak kalah menarik adalah manfaat vco untuk kecantikan kulit, tentu akan sangat berguna untuk kita yang ingin mengetahui manfaat lain dari minyak ini.

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.