Penyebab AC Bocor dan Solusinya

Di artikel ini saya ingin memberi tips Penyebab AC Bocor dan Solusinya dengan mudah. Salah satu permasalahan pada sebuah pendingin ruangan yang mungkin sering terjadi yaitu AC bocor.

Sebelum masuk ke pembahasan apa anda mengetahui cara merawat ac rumah sendiri? Nah, jika anda sudah mengetahui beberapa hal cara merawat ac.

Maka disini saya akan menyampaikan faktor penyebab ac bocor dan solusinya.

Berikut Beberapa Penyebab AC Bocor

1.Pipa Instalasi Berkarat ( Keropos )

Penyebab AC bocor freon yang pertama yaitu disebabkan oleh pipa instalasi yang sudah keropos akibat termakan usia alias sudah terlalu lama dipakai.

Pada umumnya pipa instalasi untuk AC terbuat dari tembaga, nah kerap kali lamanya digunakan pipa tersebut menjadi tipis dan akhirnya keropos.

Jika sudah seperti ini, solusi yang paling baik yaitu kita ganti pipa instalasi tersebut dengan pipa tembaga yang baru. Bisa dibuatkan jalur instalasi baru atau juga bisa menggunakan jalur instalasi lama jika memungkinkan.

2.Sambungan Pipa Kurang Rapat

Seperti yang kita ketahui, pada pipa instalasi AC itu juga terdapat sambungan-sambungan seperti nepel untuk menghubungkan unit indoor atau outdoor dengan pipa tembaga.

Karena freon tersebut mempunyai sifatnya gas sama halnya seperti udara, maka dalam menyambung pipa tersebut harus benar-benar rapat.

Jika saja masih ada sedikit rongga tentu hal ini dapat mengakibatkan freon bocor keluar.

Biasanya hal ini disebabkan karena kurang telitinya kita saat menyambung pipa tersebut, dan juga bisa disebabkan oleh getaran mesin kompresor saat bekerja sehingga baut nepel tersebut lama kelamaan menjadi sedikit longgar.

Oleh karenanya, setelah melakukan penyambungan pipa dan sebelum mengisi freon lakukan testing untuk memastikan bahwa penyambungan pipa benar-benar sempurna dan tidak ada yang longgar sedikit pun.

Hal penting yang harus Anda pastikan bahwa fleringan pipa juga sempurna, sehingga tidak ada celah untuk freon bocor keluar.

3.Evaporator Indoor dan Kondensor Outdoor Keropos

Penyebab AC bocor adalah freon yang terakhir yaitu diakibatkan oleh evaporator atau kondensor yang keropos. Kebocoran seperti  ini kerap terjadi pada unit indoor atau outdoor AC.

Biasanya disebabkan evaporator atau kondensor tersebut terlalu tipis, sehingga tidak kuat saat menahan tekanan dari gas freon.

Dan ini yang sering terjadi pada ssebuah unit AC yang sudah berusia 5 tahun ke atas, atau AC yang evaporator dan kondensornya terbuat dari bahan dasar alumunium atau babet.

Untuk tingkat kebocoran seperti ini, jika memungkinan biasanya bisa diperbaiki dengan cara di las. Namun dari pengalaman biasanya kalau di las akan bocor kembali disebelahnya di kemudian hari.

Dan biasanya kami menyarankan untuk mengganti unit indoor atau outdoor second saja dan namun drngan kondisi yang masih cukup bagus.

4.Ada Celah

Penyebab yang satu ini bisa dikatakan penyebab yang sulit diketahui. Biasanya ketika Anda sudah melakukan segala penanganan dan AC masih saja bocor.

Bisa saja AC tersebut terdapat celah yang menyebabkan air pembuangan justru tidak keluar melalui saluran pembuangan. Namun, malah keluar melalui celah tersebut.

5.Pemasangan AC yang Tidak Sempurna

Instalasi atau pemasangan AC ternyata juga berpengaruh pada kinerja dari AC. Untuk masalah AC bocor sendiri ternyata hal ini dipengaruhi oleh pemasangan AC.

Berikut Dibawah Ini Beberapa Cara Memperbaiki Letak Kebocoran Terjadi :

Cara Pertama

Jika suatu letak dari kebocoran berada pada unit evaporator indoor atau kondensor outdoor, jika memungkinan kita bisa memperbaikinya dengan cara di las.

Akan tetapi ada kosekuensi yang harus kita tanggung, biasanya kalau hanya di las suatu saat kebocoran akan terulang lagi di sebelahnya kebocoran sebelumnya atau di lain tempat.

Sehingga, biasanya kami menyarankan lebih baik untuk mengganti unit yang baru atau pun dengan unit second, dengan kondisi yang masih normal.

Cara Kedua

Kemungkinan kebocoran terjadi pada pipa instalasi, juga sama solusinya. Jika memungkinan dalam artikan kondisi pipa masih lumayan bagus kita bisa menyambung ulang pada bagian yang bocor menggunakan las.

Namun jika suatu kondisi pipa instalasi sudah tidak memungkinan dan di kwatirkan kebocoran terjadi kembali, sebaiknya kita ganti saja pipa instalasi tersebut.

Cara Ketiga

Jika kebocoran terjadi pada sambungan pipa tepat pada fleringan pipa, biasanya pecah atau fleringan tidak sempurna. Kita bisa mem-flering ulang kembali pipa tersebut.

Demikianlah penyebab ac bocor dan solusi mengatasi dengan mudah yang bisa saya sampaikan kepada anda semoga tips dan cara mengatasi tersebut bisa bermanfaat kepada anda.