Mengatasi AC Ruangan Tidak Dingin

Di artikel ini saya akan memberi tips kepada Anda bagaimana cara mengatasi ac ruangan tidak dingin. Nah, Cara mengatasi ac ruangan tidak dingin bisa dilakuakan cukup mudah tentunya.

Di daerah  seperti halnya di perkotaan seringkali udara terasa panas baik siang hari maupun malam hari.

Sebelum masuk ke pembahasan apa anda mengetahui cara merawat ac rumah sendiri? Nah, jika anda sudah mengetahui beberapa hal cara merawat ac. Maka disini saya akan menyampaikan beberapa tips dan cara mengatasi ac ruangan tidak dingin.

Berikut ini saya ingin memberi tips Cara Mengatasi AC Tidak Dingin. Apa yang anda lakukan apabila suhu di rumah mulai terasa panas? Salah satu caranya adalah menyalakan pendingin ruangan alias air conditioner (AC).

Permasalahan yang sering menghantui oleh kalangan pengguna AC adalah AC yang tidak dingin.

Fenomena ini kerap menjadi mimpi buruk bagi beberapa orang karena mereka akan kepanasan dan berujung pada ketidakmampuan melakukan aktivitas dan pekerjaan dengan lebih produktif.

Penyebab AC tidak dingin pun bisa juga faktor eksternal maupun internal. Maka dari itu, mari kita simak bersama dengan lebih rinci cara mengatasi ac ruangan tidak dingin.

Cara Mengatasi AC Ruangan yang Tidak Dingin 

1. Setingan Remot AC Yang Tidak Sesuai

Kesalahan dalam menetapkan suhu AC bisa menganggu kenyamananmu saat bekerja atau sekedar bersantai dalam kamar. Misalnya, suhu ruanganmu 23  derajat Celcius tetapi kamu memasang suhu AC 26 derajat Celcius.

Hal ini jelas salah karena AC mengeluarkan suhu yang lebih tinggi dari suhu ruangan Anda. Maka dari itu, kamu harus mengatur suhu AC dengan benar.

Apabila suhu ruangan 25 derajat Celcius, atur suhu AC di bawah angka tersebut, misal 18 derajat Celcius atau 20 derajat Celcius.

Cara lain untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin ialah dengan mengatur AC melalui remote dengan setting “COOL”. Dengan mengatur suhu AC yang tepat, kamu bisa bekerja dengan produktif di atas meja kerja.

Cara menangulanginya cukup dengan melakukan pengaturan mode pada posisi cool atau Auto.

Anda juga bisa melakukan pengaturan di remot AC dengan mode kipas atau fan pada posisi maksimal agar udara yang keluar lebih kencang dan sejuk.

2. Outdoor AC Tidak Hidup.

Outdoor AC yang tidak hidup akan menimbulkan AC yang tidak dingin, kompresor AC tidak akan bekerja mensirkulasikan freon pada jalur pipa AC.

Untuk menangulanginya silahkan cek arus listrik yang keluar dari indoor, cek juga jalur kabel dari indoor unit ke outdoor unit.

Jika kabel masih bagus dan arus sampai di outdoor unit kemungkinan ada komponen pada outdoor atau kompresor AC yang rusak.

3.Freon AC Kurang/ Habis

Penyebab AC tidak dingin yang lainnya adalah kekurangan freon atau habis freon, zat yang mengandung klorin, Hidrogen, dan broming ini yang membuat AC menjadi dingin.

Jika freon kurang dari tekanan standard yang disarankan pada AC bisa membuat pipa dan evaporator AC menghasilkan gumpalan es, bahkan kalau freon AC kosong otomatis AC tidak akan dingin.

Freon yang kurang atau habis disebabkan karena ada kebocoran pada jalur pipa sirkulasinya, untuk itu sebelum dilakukan penambahan dan pengisian freon.

Untuk mengatasi kekurangan freon sebaiknya dilakukan pengecekan kebocoran pada jalur pipa dan melakukan pengelasan pada pipa yang bocor, setelah itu baru di isi freon.

4. Kipas Indoor Atau Outdoor Tidak Berputar

Kipas pada unit indoor berguna untuk menghembuskan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator.

Jika kipas indoor tidak berputar atau putaran lemah maka akan menimbulkan udara diruangan tidak dingin dan akan menjadi udara didalam ruangan panas.

Kipas pada bagian outdoor berguna untuk membuang udara panas yang dihasilkan oleh kondensor, jika kipas ini tidak berputar kompresor bisa menjadi panas, bahkan bisa membuat kompresor macet sehingga AC tidak akan dingin.

5. Pintu Dan Jendela Yang Terbuka

Saat kamu menyalakan AC, apakah kamu sudah memastikan bahwa pintu dan jendela ruangan sudah tertutup rapat? Jika belum, mungkin hal ini menjadi penyebab AC tidak dingin.

Pintu dan jendela yang terbuka sedikit bisa berpengaruh pada suhu ruangan sehingga terasa tidak sedingin biasanya.

Untuk cara mengatasi AC ruangan tidak dingin satu ini, Anda hanya cukup menutup pintu dan jendela saat AC dinyalakan.

Apabila anda ingin keluar ruangan, segera tutup kembali pintu. Aksi ini termasuk simpel, lho. Jadi, pastikan kamu selalu menutup pintu dan jendela, ya!

Demikian tips dan cara mengatasi ac ruangan tidak dingin semoga tips tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang hendak ingin mengatasi ac tidak dingin.