Cara Membersihkan AC Panasonic Mudah Bisa Dilakukan Sendiri

Di artikel ini Saya ingin memberikan tips Cara Membersihkan AC Panasonic pada umumnya. Kita merasa enggan untuk membersihkan perangkat yang satu ini.

Sebelum masuk ke pembahasan apa anda mengenal produk Panasonic? Nah, merk Panasonic adalah merk ac terbaik dan harga ac yang bervariasi di pasarannya.

Pemegang market share terbesar untuk beberapa produk elektronik di Indonesia. Panasonic adalah  sebuah  produsen  Jepang yang sudah memasarkan berbagai macam produknya di seluruh dunia.

Mulai dari TV, AC, Home Theater, Kulkas, Mesin Cuci, Showcase, Freezer dan masih banyak lagi lainnya. Berikut di bawah ini cara membersihkan ac yang mudah dan bisa dilakukan sendiri

Alat-alat Untuk Membersihkan AC Panasonic:

1.obeng plus dan obeng minus
2.sikat halus
3.selang air
4.lap
5.stik kayu untuk membersihkan selang pembuangan

Langkah kerja Cara Membersihkan AC Panasonic Adalah :

Langkah Pertama

Hal yang anda tidak boleh lupa adalah, putus/ matikan aliran listrik yang menuju ke unit AC anda. Mungkin anda perlu membuka buku manual AC anda untuk mengetahui dengan pasti, mana letak power switch AC anda.

Langkah ke Dua

Bersihkan permukaan casing-nya.Pastikan AC dalam keadaan mati. Putuskan saluran aliran listrik dengan melepaskan kabel dari stop kontak.

Bersihkan sarang laba-laba dan debu pada pemukaan casingdengan menggunakan kemoceng. Pastikan sebelumnya, kemoceng dalam kondisi kering dan tidak lembab agar debu tidak menjadi basah dan membuat noda pada casing.

Bersihkan menggunakan lap dengan sedikit air. Keringkan dengan lap yang kering. Pada beberapa merk AC, tutup filter AC dapat dilepas dari  Lepaskan dan cucilah dengan air sabun tadi. Bersihkan lubang-lubang saluran udara pada tutup filter tersebut dengan sikat gigi.

Langkah ke Tiga

Filter AC sebaiknya dibersihkan sebulan sekali untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan demi kesehatan kita sendiri.Bersihkan filter/ penyaring udara AC rumah anda.

Caranya buka dulu filter AC anda, tarik secara perlahan, lalu dengan kuas atau kain lap yang agak sedikit dibasahi, bersihkanlah sela – sela filter yang berdebu. Setelah bersih dari debu, pasanglah kembali filter dengan hati – hati.

Langkah ke Empat

Selain membersihkan filter, hal lain yang bisa anda bersihkan sendiri adalah selang saluran pembuangan air hasil kodensasi.

Lepas selang, semprot dengan air bertekanan atau dengan batang kayu yang anda bungkus dengan kain. Masukkan ke dalam selang saluran pembuangan, bersihkan sampai lumutnya hilang.

Langkah ke Lima

Bersihkan juga bagian indoor unit yang lainnya,  yaitu evaporator.  Sebenarnya bagian ini tidak dibersihkan tidak masalah, cukup membersihkan filternya saja, karena debu yang masuk tersangkut di filter yang cukup rapat.

Jadi cukup filternya saja. Akan tetapi jika anda ingin tetap membersihkannya, maka siapkanlah plastik penampung air.

Buka bagian penutup indoor unit, pasang plastik penampung air, agar air tidak menetes kemana–mana, hati – hati, semprotkan air bertekanan pada bagian evaporator. Jangan sampai air mengenai rangkaian yang berada di sebelah kanan evaporator.

Setelah itu bersihkanlah juga blower dan saluran pembuangan air dengan air bertekanan sampai bersih. Sekali lagi jangan lupa, pastikan listrik telah dimatikan  sebelum membersihkan AC anda.

Alat-alat Yang Di Butuhkan Untuk Membersihkan AC Panasonic Outdor Adalah:

1.Selang air
2.Kompresor air (jika ada)
3.Lap kering
4.Kain pel

Bagian outdoor pada ac berfungsi untuk membuang hawa panas yang diserap oleh freon dari dalam ruangan. Pada bagian outdoor juga terdapat kompresor yang berfungsi untuk memompa freon agar berjalan melalui pipa ac.

Pada outdoor disaat AC yang kotor, proses pendinginan freon yang dipompakan kompresor akan terganggu. Akibatnya lama kelamaan akan terjadi panas yang berlebihan pada kompresor AC.

Proses pendinginan ruangan akan menjadi lebih lama jika kompresor mengalami overheat sehingga harus menunggu suhu kompresor turun terlebih dahulu.

Langkah Kerja Cara Membersihkan AC Panasonic:

1.Membersihkan outdoor unit. Bagian outdoor adalah bagian dari AC anda yang dipasang di luar ruangan. Pada bagian outdoor unit ini terdapat kondensor, yang berfungsi untuk membuang panas yang diserap oleh evaporator.

Kondensor adalah bagian dari outdoor unit AC anda yang berbentuk seperti sayap baling – baling yang biasanya terbuat dari aluminium.

Pada outdoor unit ini juga terdapat fan yang berfungsi untuk mempercepat sirkulasi udara yang membantu proses pembuangan panas.

Cara membersihkan bagian ini adalah dengan menyemprotkan air bertekanan ke sela – sela kondensor dan fan sampai bersih, bila perlu, gunakan sikat.

2.Jika semua sudah anda bersihkan, maka tunggu sampai semua kering , lalu pasang kembali AC yang telah anda bongkar.

3.Semprotkan air dengan selang untuk membersihkan kipas dan bilah-bilah kondensator. Jika mempunyai kompresor air, tekanan air akan lebih mampu meresap ke area-area yang sulit dijangkau.

Tidak perlu kuatir untuk menyemprotnya, karena unit outdoorsudah didesain sedemikian rupa sehingga air tidak dapat masuk ke bagian komponen elektroniknya.

Setelah selesai, keringkan bagian luarnya dengan lap kering. Setelah selesai,lanjut bersihkan area lantai di bawah unit outdoordengan menggunakan kain pel.

Demikianlah  tips Cara Membersihkan AC Panasonic yang bisa saya sampaikan kepada anda, semoga tips tersebut bisa bermanfaat.