Resep Keripik Terong Hijau Yang Sama Sama Menyehatkan – Keripik terong adalah salah satu produk camilan yang berbahan dasar dari terong. Terong memiliki banyak jenisnya ada yang ungu,hijau,belanda,dll.

Dalam artikel ini kami akan membagikan resep keripik terong hijau yang dapat anda buat dirumah sebagai camilan sehari hari.

Berikut ini adalah cara membuat keripik terong hijau,simak dan pelajarilah!

Resep Keripik Terong Hijau Yang Sama Sama Menyehatkan

Resep Keripik Terong Hijau Yang Sama Sama Menyehatkan

Bahan Cara Membuat Keripik Terong:

  • 6 buah terong hijau, iris bulat
  • Minyak goreng secukupnya
  • 500 gr tepung panir

Bahan Pencelup

  • 400 grm tepung beras
  • 1 sdt garam halus
  • 2 sdt merica bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdt ketumbar halus

Bahan Halus Cara Membuat Keripik Terong:

  • 4 sium bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 1 cm jahe

Cara Membuat Keripik Terong:

  1.  Cuci terong sampai benar benar bersih lalu potong potong bulat dengan berbentuk lingkaran.
  2. Aduklah menjadi satu, dari bahan yang dihaluskan dan bahan bahan pencelup, beri sedikit air hingga adonan mengental.
  3. Masukan irisan terong yang sudah di iris iris tadi kedalam adonan, lalu lumuri dengan tepung panir hingga merata, goreng ke dalam minyak panas. Setelah terong bewarna kecoklatan kemudian angkat.
  4. Dinginkan keripik terong sebentar, setelah itu masukkan kedalam toples yang tertutup agar tidak melempem.
  5. Keripik Terong siap untuk disajikan dan dinikmati bersama.

Itulah cara membuat keripik terong yang saya rekomdasikan untuk camilan santai dirumah maupun jika lagi berpergian,selamat mencoba semoga bermanfaat.

Apa Itu Terong?

Resep Keripik Terong Hijau Yang Sama Sama Menyehatkan

Terong Atau Terung merupakan Tumbuhan yang tergolong dalam Keluarga Solanaceae dan juga Genus Solanum. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan Asli India Dan Sri Lanka, dan berhubungan erat dengan Tomat serta Kentang.

Buahnya biasa dijadikan sebagai sayur untuk masakan. Nama Botaninya yaitu Solanum Melongena, warna Bunganya antara Putih sampai Ungu, dengan Mahkota yang mempunyai Lima Lobus.

Benang Sarinya Berwarna Kuning,dan juga buah Tepung Berisi, dengan Diameter yang Kurang dari 3 Cm untuk yang liar serta lebih besar lagi bagi jenis yang ditanam.

Asal Usul Terong

Terong atau terung adalah tumbuhan pangan yang ditanam untuk diambil buahnya. Asal-usul budidayanya berada di daerah bagian selatan dan timur Asia sejak zaman prasejarah, tetapi baru dikenal di dunia Barat tidak lebih pada awal dari sekitar tahun 1500.

Buahnya mempunyai berbagai warna, terutama ungu, hijau, dan putih. Catatan tertulis yang pertama yaitu tentang terung dijumpai dalam Qí mín yào shù, sebuah karya pertanian Tiongkok kuno yang ditulisnya pada tahun 544.

Fakta lainnya adalah banyaknya nama bahasa Arab dan juga Afrika Utara untuk terong serta kurangnya nama Yunani dan Romawi menunjukkan jika tanaman ini dibawa oleh bangsa Arab pada awal Abad Pertengahan masuk ke dalam dunia Barat melewati kawasan Laut Tengah.

Dikutip dari Budiman (2013: 21) bahwa diduga tanaman terung ini berasal dari daerah Asia, tepatnya Negara India dan Myanmar. Menurut penelitian, sejak ratusan tahun yang lalu, terung hanyalah tumbuhan liar.

Namun setelah diketahui rasa serta khasiatnya, maka terung mulai dibudidayakan di daerah asalnya tersebut.

Penelitian lain menyebutkan bahwa di Negara Afrika ditemukan plasma nutfah (sumber genetik) tanaman terung, salah satunya yaitu terung engkol (Solanum macrocarpon L.). Sehingga bisa kita simpulkan bahwa terung merupakan tanaman asli daerah tropis.

Pada abad ke 5 bersamaan dengan menggeliatnya perdagangan sayur di daerah Tiongkok (Cina) sudah  banyak dibudidayakan tanaman terung.

Lambat tahun, terung menyebar ke kawasan Asia lainnya, seperti Negara Malaysia, Indonesia dan juga kawasan Afrika Timur, Afrika Tengah, Afrika Barat, Amerika Selatan, Karibia, dan Spanyol. Di Indonesia  sendiri, budidaya tanaman terung terpusat di pulau Jawa serta di Sumatera.

Itulah resep keripik terong hijau yang dapat anda buat dirumah,selamat mencoba semoga bermanfaat sukses selalu.

Sekian dan terimakasih.