Hari  ini, Saya ingin menyampaikan artikel tentang tips membeli ac hemat listrik. Sebelum anda membeli ac pastikan anda mengetahui cara memilih ac yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.

Tips Membeli AC Hemat Listrik merk ac terbaik dan harga

AC atau penyejuk ruangan adalah salah satu komponen pelengkap dalam suatu kamar tidur. Biasanya dipasang di rumah untuk memberikan kesejukan untuk penghuni yang ada di dalamnya.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan AC ruangan menjadi lebih segar dan tidak terasa panas. Tips Membeli AC atau memilih AC untuk penyejuk ruangan pastinya harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Pastikan jika Anda sudah mengetahui tips membeli ac maka di saat akan membeli AC tentunya benar-benar jeli dilakukan. Supaya Anda tidak membeli produk AC yang tidak berkualitas.

Seperti halnya di kamar tidur, penggunaan AC juga bisa dikatakan penting, supaya di ruangan tidur yang Anda tempati senantiasa menyejukkan dan tidak membuat pengap yang ada di dalam kamar tidur tersebut.

Maka dari itu, di sini akan membagi tips membeli ac hemat listrik untuk ruangan anda yang terbaik.  Jika anda sudah memiliki ac dan ingin ac anda awet dan tidak cepat rusak maka anda harus mengetahui hal hal apa saja yang dilakukan untuk merawat ac.

1.Mempertimbangkan aspek kesehatan

Berkembangnya zaman yang kian maju, banyak produsen elektronik yang memproduksi AC yang mempunyai teknologi mampu membunuh virus dan bakteri yang disebut plasmacluster. Hal ini telah terbukti dengan serangkaian uji coba yang telah dilakukan.

Uji coba dilakukan di ruangan dengan luas 320 meter persegi yang kelembabannya rata-rata 80%. Hasilnya ion negatif dan positif di plasmacluster mampu untuk memberantas bakteri serta jamur dalam waktu 6 jam.

2.Pilih Kebutuhan AC dan Sesuaikan dengan Luas Ruangan

Sebagian orang berpikir bahwa AC 1/2 PK cocok untuk ruangan yang berukuran kecil. Jika ruangan anda besar maka memerlukan AC dengan kapasitas 2 PK. Nyatanya, ada rumus untuk menentukan luas ruangan dan unit AC yang dibutuhkan.

Beberapa dari Anda mungkin telah tahu jika AC memiliki istilah PK (Paard Kracht/Daya Kuda/Horse Power (HP)). Ukuran ini menerangkan tingkat satuan kapasitas pendinginan pada AC.Sebuah AC dengan PK berbeda akan memiliki nilai BTU yang juga berbeda.

3.Memperhatikan Letak Pemasangannya

AC untuk kamar tidur bisa anda tempatkan di tempat yang tepat. Jangan dipasang di depan pintu, karena udara akan lebih mudah keluar ke ruangan lain. Pemasangannya jangan terlalu rapat ke atas plafon supaya udara yang keluar bisa maksimal.

4.Pilih AC Hemat Listrik

Sebagian orang mengabaikan spesifikasi daya listrik dari AC yang akan dibeli. Maka mereka sering tidak memperhatikannya dan lebih membeli AC dengan harga murah namun penggunaan energi yang dipakai sangat boros.

Bila anda kebingungan untuk memilih, terdapat fitur inventer yang telah digunakan oleh sejumlah produsen AC sebagai alternatifnya. AC ini memiliki kelebihan hanya perlu waktu yang singkat untuk mencapai suhu di ruangan yang anda inginkan.

Kemudian, pada tarikan pertama di listrik hanya 1/3 lebih rendah dibandingkan AC yang tidak memiliki inventer. Penggunaan AC hemat listrik ini hanya menggunakan sekitar 30% sumber daya jadi lebih kecil dibandingkan AC biasa.

5.Pilih Jenis AC yang Sesuai

Terdapat beberapa jenis AC yang bisa anda pilih sesuai kebutuhanmu. Jenis-jenis AC tersebut adalah AC split, AC cassete, atau AC standing floor.

Namun, untuk penggunaan di rumah anda bisa menggunakan AC split dan cassete, tergantung ruangannya. Untuk saat ini AC splitlah yang paling digunakan.

6.Perhatikan Tipe AC

Saat ini, terdapat tiga tipe AC, yaitu strandard, low watt, dan inverter. Pada umumnya, cara kerja tipe standard dan low watt sama saja. Namun, pada tipe rendah daya, kinerja kompresornya lebih kecil, sehingga akan lebih hemat.

AC low watt cocok pada rumah dengan kapasitas listrik kecil. Untuk tipe inverter, AC dengan tipe ini akan bekerja dengan keras untuk mendinginkan ruangan pada tarikan pertamanya, sehingga akan membutuhkan.

Namun, setalah ruangan dingin watt yang digunakan akan mengecil. Sehingga akan lebih menghemat energi.

Demikian tips membeli ac hemat listrik yang bisa saya sharing kepada anda. Semoga tips tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang hendak ingin membeli ac.