Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kulit samosa keju. Tapi tahukah Anda cara membuat kulit samosa? ya, simak resep berikut ini!

Samosa

cara membuat kulit samosaSamosa di makan dengan sosis cocol terdiri dari chutney, seperti chutney daun mint, chutney daun ketumbar, atau chutney asam jawa. Versi nonvegetarian berisi daging cincang (keema) atau kadang-kadang daging ikan.

Di Asia Tengah, isi terdiri dari daging domba dan bawang bombay, labu, atau kentang.  Samboosa di Tajikistan, samsa bahasa Turki, sambusa di berbagai negara di Iran, dan chamuça di Goa dan Portugal. Nah kulit samosa sudah saatnya tinggal membuat samosanya dengan cara membuat samosa kentang.

Sejarah Samosa

Mungkin ini adalah salah satu makanan yang paling banyak memiliki sejarah perjalanan di mulai dari Mesir lalu ke Cina hingga ke India. Sejarah Samosa di makan sebagai cemilan oleh para pegadang dan musafir di perkemahan atau tempat istirahat selama perjalanan.

Terdapat buku resep masakan arab yang ditemukan dari abad ke 10 dan tercatat dengan nama “sanbusak”. Pada faktanya dalam bahasa Persia kata “Samsa” memiliki arti yaitu “Piramid”, sehingga semua mulai bisa terlihat kaitannya.

Kurang lebih pada abad ke 11 lah baru para pedagang muslim mulai membawa samosa dalam perjalanan mereka ke India.

Hingga pada abad ke 13, sudah tidak hanya di makan oleh para pedagang saja, melainkan oleh para pejabat, orang penting dan sultan/raja.

Dalam perjalanannya mencatat bahwa samushak atau sambusak dengan isi daging cincang, kacang badam, kacang pistasio, dan kacang walnut, di hidangkan di dalam Istana Muhammad bin Tughluq(Delhi, India) sebelum hidangan ketiga disajikan.

Pada saat ini, jenis samosa yang paling laris adalah Samosa Sayur. Di Indonesia, di percaya di bawa oleh pada pedagang dari Arab dan Gujarat, lalu kemudian menjadi terkenal sejak di perkenalkan dan di promosikan oleh restoran Arab dan India.

Ini adalah sebuah sejarah samosa sebagai makanan yang sangat populer namun banyak yang belum mengetahui asal usulnya.

Macam Resep Kulit Samosa Keju

1. Cara Membuat Kulit Samosa

Sebenarnya cara membuat kulit samosa tidaklah susah. Hasilnya sangat memuaskan, renyah. Sebenarnya udah lama pingin berbagi resep kulit lumpia yang pake adonan kulit lumpia itu diputar putar ke wajan datar, cuma karena masih belum punya wajan datarnya, jadi di pending dulu.

Biasa prakteknya pake teflon, ukuran kulitnya agak kecil. Akhirnya memutuskan bikin kulit samosa aja, kulitnya ini bisa digunakan untuk lumpia juga, atau pangsit. cara membuat kulit samosa ini kebanyakan dari orang india.

Si empunya resep ini pake macam macam bahasa, jadi keren. Mungkin beliau orang somalia kali ya. Dari beberapa resep, ada resep yang menggunakan tambahan tepung maizena (pertama kali pake resep yang ini, hasilnya renyah juga, cuma karena ketipisan gilasnya, jadi susah di lepas.

Ada juga resep yang nguleni adonannya pake mixer roti, jadi sampai kalis elastis. Tekstur kulitnya jadi tipis, transparan, lentur dan halus sekali. Resep ini pun gak kalah mantapnya, hasilnya sangat memuaskan dan semua orang bisa membuatnya. Cek aja yuk.

Bahan :

  • 150 gr tepung protein sedang
  • 60-70 ml air
  • 1 sdm minyak sayur
  • garam
  • minyak untuk olesan

Cara Membuat Kulit Samosa :

  1. Masukkan tepung dalam wadah, tambahkan garam, minyak dan tambahkan air. (Aduk rata). Tuangkan air sedikit sedikit agar tidak kelembekan.
  2. Uleni selama 10 menit, hingga mulus dan kalis. Diamkan selama 15 -30 menit. Tutup dengan kain.#jika adonan masih terlihat belum mulus, uleni kembali.
  3. Bagi adonan menjadi 4 bagian sama rata. Bulatkan.
  4. Gilas setiap bulatan selebar 5 inc
  5. Kemudian, ambil 1 adonan yang sudah dipipihkan, kemudian oles dengan minyak semua permukaannya kemudian taburi tepung tipis-tipis (tujuannya agar saat digilas, tidak lengket satu sama lainnya).
  6. Tumpuk dengan adonan lagi, kemudian oles lagi dan taburi tepung. Lakukan sampai habis.
  7. Untuk permukaan terakhir yang paling atas gak perlu dioles lagi ya.(setelah ditumpuk, lebih baik didiamkan dulu,min 15 menit ya agar adonan lentur)
  8. Setelah ditumpuk, taburi tepung tipis tipis kemudian gilas hingga menjadi selebar 9 inc (22,5 cm) kalau mau lebih tipis, bisa ditambah jadi 23 cm atau 24 ya.
  9. Adonan siap di oven/dipanaskan selama 1-2 menit, sampai agak kering. Jangan lupa dibolak balik.
  10. Kalau gak punya wajan datar, gunakan alas loyang kue kering, panaskan diatas kompor dengan api kecil. Bisa juga di oven ya.

itulah cara tentang membuat kulit samosa. setelah selesai membuat kulitnya mari kita simak resep membuat samosa berikut ini