Kali ini saya akan membahas bagaimana sih cara bikin sambal kelapa gula merah yang kekinian namun dengan cita rasa dan cara yang sederhana.

Siapa sih yang nggak tahu sambal kelapa ? olahan yang sering digunakan dalam suatu hajatan orang khususnya di daerah jawa. Nah bagi anda yang belum tahu bagaimana sih cara bikin sambal kelapa gula jawa, berikut ini beberapa cara bikin sambal kelapa gula jawa.

Beberapa Cara Bikin Sambal kelapa Gula Merah yang Lezat

1. Resep Sambal Kelapa Mentah

cara bikin sambal kelapa gula merah

Bahan yang Diperlukan :

  • 100 grm kelapa parut (pilih kelapa yg agak muda)
  • 20 biji cabai rawit setan
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt penyedap rasa (sasa)
  • 1/2 sendok gula merah (sedikit saja hanya untuk penyedap) sesuai selera
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah kencur

Langkah Membuat Sambal :

  1. Anda bisa mulaidengan membersihkan cabai, daun jeruk, bawang putih (cuci hingga benar bersih)
  2. Lanjut yaitu anda bisa haluskan cabai, bawang putih, penyedap rasa, gula merah, garam, daun jeruk, dan kencur. Ulek semua bahan tersebut hingga benar – benar halus
  3. Masukkan parutan kelapa lalu ulek pelan – pelan saja. Setelah semua tercampur dengan rata dan setelah itu sambal tersebut siap untuk anda disajikan

2. Resep Sambal Kelapa

cara bikin sambal kelapa gula merah

Bahan yang Dibutuhkan :

  • kurang lebih 200 g kelapa muda, parut memanjang
  • Garam
  • gula merah
  • air jeruk limau secukupnya

Bumbu untuk Dihaluskan :

  • 3 butir bawang merah
  • 4 cm kencur
  • 2 buah cabai rawit
  • 1 sdt terasi
  • 5 buah cabai merah
  • 2 lembar daun jeruk purut (buang tulang daunnya)

Cara membuat Sambal Kelapa :

  1. Pertama anda bisa campurkan bumbu, kelapa, garam, gula, dan air jeruk, aduk rata, koreksi rasanya
  2. Kukus hingga semua bahan tersebut matang ( kurang lebih selama 15 menit).
  3. Nah setelah itu pastikan matang anda bisa sajikan bersama dengan lalap matang atau mentah

Manfaat yang Didapat jika Kita Mengkonsumsi Sambal

1. Menurunkan Berat Badan

Cabai yang ada didalam sambal mengandung capsaicin yang akan membantu mempercepat proses metabolisme dan membantu tubuh anda dalam membakar kalori lebih cepat dari biasanya.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung pada tubuh anda.

Penjelasan lebih, studi menunjukkan orang yang hobi mengkonsumsi makanan pedas biasanya makan dalam porsi yang lebih sedikit dari biasanya, sehingga berat badan anda lebih terjaga.

2. Menyehatkan Jantung

Cabai juga berfungsi menyehatkan jantung yaitu dengan cara mencegah terjadinya peristiwa pembekuan darah. Dalam suatu informasi juga menunjukkan bahwa kadar kolesterol jahat/LDL dapat mencegah oksidasi yang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Capsaicin sendiri juga efektif dalam melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor dalam risiko terjadinya penyakit jantung pada seseorang.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Mengkonsumsi makanan pedas itu akan membantu melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah pada tubuh anda. Cabai tersebut juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah sebab kandungan vitamin A dan C yang terdapa di dalam cabai.

4. Anti Kanker

Beberapa penelitian banyak yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan pedas secara teratur akan mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Capsaicin tersebut memperlambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh manusia, dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat yang berada di sekitarnya.

5. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Manfaat cabai yang berperan dalam saluran pencernaan manusia yaitu salah satunya meningkatkan sirkulasi darah yang ada di perut dan meningkatkan lapisan mukus.

Capsaicin sendiri juga membantu membunuh bakteri H.pylori yaitu bakteri yang mengakibatkan terjadinya penyakit maag.

Akan tetapi jika Anda mengalami peristiwa heartburn (rasa panas) yang trjadi setelah anda mengkonsumsi makanan pedas, cobalah meminum tablet antiacid yang akan membantu tubuh anda untuk menetralisir asam di lambung.

6. Flu

Capsaicin tersebut dapat membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan juga menghilangkan gejala flu yang mengganggu aktivitas anda.

Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, serta mengurangi sinusitis, dan menghilangkan gejala penyakit flu lainnya.

7. Tidur yang Nyenyak

Di Australia suatu penelitian mengungkapkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi makanan pedas, cenderung lebih mudah untuk tidur dan dengan tidur yang dapat dibilang lebih berkuwalitas. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dengan kondisi lebih segar.

8. Menjaga Mood

Cabai merah sering dibilang dapat meningkatkan level endorfin dan serotonin yang berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri dan memberi perasaan nyaman pada si pengonsumsi. Hormon ini bisa dikatakan berfungsi seperti pelawan rasa stres dan depresi pada manusia.

Nah selain mengenai manfaat yang kita dapat saat kita mengkonsumsi sambal. Saya juga akan sedikit mengulas mengenai apa sih resiko yang akan muncul saat kita sering mengkonsumsi olahan pedas? Berikut sedikit pemaparan untuk anda yang penasaran.

Resko Terlalu Banyak Mengkonsumsi Olahan Pedas

1. Nyeri Pada Perut

Jika anda memiliki penyakit maag, mengkonsumsi makanan pedas bisa memicu naiknya kandungan asam lambung. Karena, mengkonsumsi cabai terlalu banyak juga dapat membuat dindin lambut mengalami iritasi.

Nah pristiwa inilah yang dapat memicu naiknya kadar asam lambung secara cepat. Inilah alasannya mengapa perut anda terasa nyeri setelah mencicipi makanan yang pedas.

2. Perut Mulas

Beberapa orang akan merasakan mulas setelah makan makanan pedas. Hal ini karena mengkonsumsi makanan pedas dapat mempercepat gerakan di usus yang mempermudah terjadinya penyakit diare.

Saat makanan pedas tersebut telah sampai di usus besar, efek iritasinya bisa langsung terasa. Kemudian tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus, sehingga itu dapat memudahkan feses keluar dari usus besar.

3. Gastritis (Maag Akut)

Terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan rapuhnya permukaan lambung pada tubuh anda, sehingga lambung anda akan menjadi mudah terluka.

Sehingga, terlalu banyak makanan pedas bisa memicu terjadinya gastritis atau maag akut akibat terjadinya peradangan yang terjadi pada lapisan lambung. Gejala penyakit ini antara lain mual, muntah, perut kembung, dan diare.

4. Refluks Asam

Untuk sebagian orang, makanan pedas dapat memicu refluks asam yang merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung menuju ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa panas seperti terbakar yang berada pada saluran kerongkongan.

Refluks asam tersebut dapat memicu sindrom Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), luka pada kerongkongan (esofagitis), juga atypical syndromeyang dapat mengganggu setiap aktivitas anda sehari-harinya.

5. Insomnia

Saat anda mengkonsumsi makanan pedas, suhu tubuh anda akan meningkat. Itulah mengapa tubuh anda mulai berkeringat setelah mengkonsumsi makanan pedas tersebut.

Suatu studi yang dipublikasikan di dalam The International Journal of Psychology menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan pedas dapat melukai perut dan mengaktifkan hormon kimia yang bisa membuat anda terjaga saat malam hari.

6. Mengurangi Sensitivitas Lidah

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dapat mengurangi sensitivitas lidah dalam mengecap rasa, bahkan bisa dikatakan dapat membuat sensitivitas lidah berangsur akan hilang.

Jika sensitivitas tersebut berkurang, lidah anda tidak lagi berfungsi secara optimal untuk menentukan seberapa porsi makanan pedas yang dapat ditolerir.

Itu tadi sedikit pemaparan dari saya mengenai bagaimana sih cara bikin sambal kelapa gula merah yang dapat anda coba membuatnya dirumah. Selain itu saya juga sedikit menyinggung mengenai apa sih manfaat dan resiko yang muncul jika kita mengkonsumsi makanan pedas.

Nah bagi anda yang ingin mencoba nya semoga berhasil dan yang pasti kenyangnya, oh iya ini nih ada seikit reverensi olahan ntuk anda coba di rumah Cara Masak Ayam Semur Bali Spesial