Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara buat minyak goreng dari kelapa sawit secara mudah. Namun sebelum kita membahas lebih lanjut, apakah kamu tahu kelapa sawit ?. Jika belum simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Kelapa Sawit ?

apa itu kelapa sawit ?

Kelapa sawit atau dalam bahasa ilmiah dan latinnya dikenal dengan nama elaeis dari family palmea. Selain itu, kelapa sawit merupakan salah satu komoditi yang paling banya disukai oleh para pengusaha dibidang perkebunan dan tidak hanya diindonesia, tapi di negara eropa seperti amerika atau negara lain di dunia.

Apalagi dengan adanya tren pembukaan atau perluasan lahan yang notabene dijadikan untuk perkebunan kelapa sawit.

Tapi dampak lain yang dirasakan adalah mengorbankan hutan-hutan dan fungsi dari hutan tersebut yang sangat bermanfaat bagi habitat dan kehidupan makhluk hidup di alam sebagai ekosistemnya.

Terlepas dari kondisi kerugian yang dirasakan, kelapa sawit merupakan salah satu primadona untuk membantu membangun perekonomian. Hal ini dibuktikan karena kelapa sawit memiliki harga jual atau harga trade global yang cukup menarik dan sangat menguntungkan.

Cara Buat Minyak Goreng dari Kelapa Sawit Secara Mudah

cara buat minyak goreng dari kelapa sawit

Sebelum kita bahas cara buat minyak goreng dari kelapa sawit, perlu diketahui bahwa dalam proses ini membutuhkan tahapan-tahapan pembuatan berikut tahapan pembuatannya dan cara buat minyak goreng dari kelapa sawit secara mudah.

  • Tahap Mengumpulkan Kelapa Sawit

Pada tahap ini pilihlah kelapa sawit yang sudah matang dan pada proses ini disebut dengan pengumpulan buah tandan segar (TBS). Dengan melakukan pemiihan ini bertujuan untuk memperoleh hasil yang lebih optimal.

Proses pengangkutan kelapa sawit biasanya menggunakan truk dan dibawa ke pabrik lalu diproses menggunakan mesin press dengan kekuatan maksimal dan TBS akan ditimbang untuk dilihat kapasitas minyak yang akan dihasilkan.

  • Tahap Merebus Kelapa Sawit

Kelapa sawit yang sudah ditimbang, kemudian direbus menggunakan uap air panas dengan tekanan sekitar 2,2 hingga 3kg/cm selama 90 menit.

Proses perebusan ini memiliki banyak manfaat seperti membunuh enzim pengrusak dan  memudahkan saat pemerasan buah untuk diambil minyaknya serta memudahkan perontokan inti buah dari cangkangnya, dan buah yang direbus akan menghasilkan minyak dengan kadar 0.5%.

  • Tahap Merontokan Buah

Rontokan buah dari tangkainya setelah direbus dengan cara dibanting. Kemudian, dimasukkan ke mesin therser dengan dua kali pengolahan untuk memisahkan buah dari berondongnya.

Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya buah benar-benar bersih dari tangkai dan berondongnya dan hasilnya, daging buah terkelupas dan dapat diperas untuk tahap selanjutnya.

  • Tahap Memeras Daging Buah

Pada tahap ini, lepaskan biji dari daging buah terlebih dahulu dan gunakan tekanan uap dengan suhu 80-90 derajat celcius.

Kemudian, masukkan ke mesin pengompres dan gunakan tambahan panas 10-15% dari kapasitas mesin. Hasilnya akan memperoleh minyak kasar yang masih bercampur dengan ampas buah.

  • Tahap Menyaring Minyak Kasar

Pada tahap ini, masukkan minyak kasar ke crude oil tank dan pada wadah tersebut terdapat saringan pasir yang berfungsi untuk memisahkan ampas dan minyak.

Kemudian, ampas yang terkumpul akan disaring kembali lagi menjadi minyak dengan mesin depericarper dan gunakan air panas untuk memudahkan proses pengolahan. Hasil yang keluar minyak yang bercampur dengan air.

  • Tahap Memisahkan Minyak dengan Air

Pada proses pemisahan ini harus urut dan sesuai dengan kadar minyak yang ada. Biasanya, pada fase ringan memiliki kandungan minyak, air dan massa jenis minyak ditampung pada continuous setting tank.

Kemudian, kandungan minyak akan dibawa ke oil tank, sedangkan fase berat berisi minyak, air dan massa berat ditampung pada sludge tank lalu dibawa ke sludge separator untuk dipisahkan minyak dan airnya.

  • Tahap Memurnikan Minyak

Dari hasil minyak yang sebelumnya tidak sepenuhnya terpisah dengan air, oleh karena itu dibutuhkan proses pemurnian menggunakan vacuum drier. Maka hasilnya, membuang air yang terkandung di dalam minyak hingga nilai minimal atau di bawah ambang batas.

Pada proses akhir ini menjadikan minyak menjadi murni dan berikutnya dapat dimasukkan ke oil storage untuk proses pengemasan.

Nah, itu tadi sedikit ulasan mengenai cara bikin minyak goreng dari kelapa sawit. Artikel yang tak kalah menarik adalah cara membuat vco dengan pemanasan, tentu akan sangat berguna untuk kita yang ingin mencoba jenis usaha ini. Sekian dan terima kasi semoga bermanfaat.