Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan cara membuat vco dengan pemanasan secara mudah. Namun sebelum itu, tahukah kamu apa itu vco ?. Cek penjelasannya disini.

Apa Itu VCO ?

Apa itu vco ?  

VCO ( Virgin Coconut Oil ) atau yang biasa kita sebut minyak kelapa adalah minyak yang terbuat dari daging kelapa segar.

Secara singkat pembuatannya adalah dengan mengekstrak santan dari daging kelapa, kemudian dilakukan fermentasi menggunakan enzim atau bisa juga dilakukan secara mekanik menggunakan centrifuge.

Dengan melihat prosesnya kita juga bisa membuat VCO sendiri dirumah, selain untuk keperluan pribadi, pembuatan VCO bisa menjadi bisnis dengan potensi pasar yang cukup besar.

Cara Membuat VCO dengan Pemanasan

Cara membuat vco dengan pemanasan Dalam pembuatan minyak vco langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan pemilihan buah kelapa terlebih dahulu. Cara memilih buah kelapa yang benar adalah buah kelapa yang akan digunakan berumur 12 bulan dan berpenampilan baik bebas dari kerusakan.

Pembuatan santan

Pertama buah dikupas kemudian dibelah dan dikeluarkan daging buahnya. Selanjutnya daging buah digiling dengan mesin pemarut hingga diperoleh hancuran daging kelapa ( pulp ). Kemudian pulp diekstrasi dengan air dan memiliki perbandingan 1:1.

Anda juga bisa menggunakan air panas dengan suhu sekitar 80 derajat celcius untuk mempercepat pemisahan minyak vco dari pulp. Jika ekstrak tadi sudah dingin kemudian anda bisa peras dan saring hingga diperoleh santan.

Santan inilah yang akan diolah menjadi minyak dan anda dapat melakukan pemanasan atau bisa dengan difermentasikan terlebih dahulu. Biasanya fermentasi santan alami akan memakan waktu 1-18 jam.

Pemanasan Secara Bertahap

Pemanasan awal yaitu santan dipanaskan sampai mendidih dengan suhu kisaran 95-100 derajat celcius. Kemudian, setelah minyak agak masak biasanya ditandai dengan mulai terpisahnya blondo dari minyak dan blondo masih berwarna putih. Dinginkan kemudian saring dan akan diperoleh minyak yang belum masak.

Pemanasan kedua yaitu minyak yang dihasilkan dari pemanasan awal, kemudian dimasak kembali dengan suhu yang sama dengan pemanasan awal. Lalu, pada tahap ini pemanasan akan dilakukan hingga minyak berwarna agak bening dan blondo yang tersisa berwarna agak coklat muda.

Setelah itu, minyak didinginkan, kemudian disaring dan diperoleh minyak kelapa yang segar, dan lama pemanasan kedua lebih cepat dibanding dengan pemanasan pertama.

Pemanasan ketiga ( akhir ) yaitu pemanasan dilakukan menggunakan oven dengan suhu 105 derajat celcius, dan lama pemanasan ini kisaran 2 jam. Selain itu, mutu minyak yang dihasilkan dengan pemanasan bertahap menunjukkan kadar air minyak relatif kecil yaitu 0, 08-0, 12% dan kadar asam lemak bebas sangat rendah yaitu 0, 02-0, 05%, minyak ini tidak berwarna dan berbau harum.

Manfaat Minyak VCO Untuk Kesehatan

Manfaat vco untuk kesehatan

  • Membantu Membunuh Bakteri dan Virus Penyebab Infeksi

Asam laurat yang terkandung dalam Virgin Coconut Oil ( VCO ) hampir 50%. Pada waktu asam laurat dicerna, asam lemak sehat ini akan berubah menjadi zat yang disebut monolaurin.

Kedua zat dalam VCO ini terbukti mampu membunuh bakteri patogen yang sangat berbahaya ( Staphylococcus Aureus ) dan ragi Candida Albicans, penyebab umum dari berbagai infeksi jamur. Asam laurat juga baik bagi kesehatan jantung dengan cara mengurangi total kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik.

Manfaat virgin coconut oil yang juga sudah terbukti adalah mencegah dan mengobati tukak lambung, gigi berlubang, dan keracunan makanan.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Kadar asam lemak rantai menengah yang terkandung dalam VCO, terbukti mampu meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar dibandingkan dengan jenis asam lemak lainnya. Artinya, tubuh mampu mengubah lemak untuk dimanfaatkan menjadi energi. Sebagai salah satu bentuk energi hasil metabolisme lemak / keton, diketahui dapat memiliki efek yang bisa mengurangi nafsu makan.

Selain itu, VCO sangat efektif mengurangi tumpukan lemak paling berbahaya dari semua jenis lemak yaitu lemak perut. mengapa disebut sebagai tumpukan lemak yang sangat berbahaya ?dikarenakan lemak perut sangat terkait dengan berbagai penyakit kronis. Salah satunya dapat menyebabkan penyakit pada jantung, stroke, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan kanker.

Metode seperti ini sangat penting bagi orang yang sedang menjalani program diet, karena pada dasarnya VCO dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah bidang studi menemukan bahwa asupan MCT  sebanyak 15 – 30 gram setiap hari meningkatkan pengeluaran energi hingga 5% dalam 24 jam (sekitar 120 kalori per hari). Dengan demikian, manfaat VCO dapat membantu penurunan berat badan secara dramatis jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Nah, itu tadi sedikit ulasan mengenai cara membuat vco dengan pemanasan secara mudah dan manfaat vco untuk kesehatan. Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.