Di artikel ini kita akan memaparkan tentang Macam Macam Makanan Rendah Kalori dan Lemak yang Sehat.Semua makanan memiliki jumlah kalori yang berbeda-beda untuk tubuh manusia. Kalori ialah kata yang dipakai untuk menyebut satuan energi.

Tubuh kita juga perlu energi untuk bergerak dan energi dibuat dari kalori yang terkandung pada makanan dan minuman yang dikonsumsi.Asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh bergantung kepada jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Berat badan akan bertambah bila jumlah kalori yang dikonsumsi lebih banyak daripada kalori yang dibakar.Daya tahan tubuh juga akan mengurang kalau asupan kalori yang masuk lebih sedikit dari jumlah kalori yang digunakan.

Jadi kunci dari menurunkan berat badan secara seimbang adalah dengan mengatur kalori yang Anda konsumsi sehari-hari.Anda harus selektif memilih makanan apa saja yang rendah kalori namun tetap nikmat untuk disantap.Kurangi Berat Badan dengan Makanan Rendah

Anda harus mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh jika  anda ingin menurunkan berat badan. Sebagai informasi, lemak memiliki jumlah kalori paling tinggi dibandingkan dengan karbohidrat dan protein.

maka dari itu kami akan memaparkan tentang Makanan Rendah Kalori yang sehat bagi tubuh dan cocok juga untuk diet.Lemak memiliki 9 kalori sedangkan karbohidrat dan protein masing-masing hanya mengandung 4 kalori.

10 Makanan Rendah Kalori dan Lemak yang Sehat

Macam Macam Makanan Rendah Kalori dan Lemak yang Sehat

Jika Anda berniat untuk diet, Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan yang berkalori rendah.Diet rendah kalori ialah cara diet dengan membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita dengan menyantap makanan/minuman yang mengandung serat, zat, dan vitamin yang membantu penurunan berat badan.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan 2000 kalori setiap harinya. Tetapi jika Anda memutuskan untuk berdiet rendah kalori, jumlah asupan kalori harus dikurangi.Tentunya membatasi kalori tidak boleh sembarangan, bagaimanapun itu badan juga memerlukan kalori untuk tetap beraktivitas.

Kali ini kita akan bahas satu persatu makanan apa saja yang cocok untuk menjalankan diet rendah kalori. Silakan disimak.

1. Sup

Sup adalah salah satu jenis makanan yang mudah dibuat ini biasanya berisi sayur sayuran.Karna berisi sayuran, maka gak heran kalau sup memiliki serat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan air.

Tidak hanya itu, sup juga bisa membuat tubuh kita kenyang lebih lama. Hal ini karna bahan-bahan untuk membuat sup umumnya berasal dari sayuran yang kaya akan serat.Meskipun sifatnya yang mengenyangkan, tapi sup merupakan salah satu makanan yang rendah kalori, jadi Tidak usah takut gemuk.

2. Telur

Kalian tidak tahu kan kalau mengkonsumsi telur itu jauh lebih menyehatkan daripada mengkonsumsi roti. Manfaat telur bagi kesehatan juga tidak perlu diragukan lagi.Satu buah butir telur didalamnya mengandung kandungan vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng.

Selain itu, telur mempunyai kandungan 9 jenis asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Fyi, asam amino ini bahkan memicu pelepasan hormon di dalam usus.Pelepasan hormon tersebut berfungsi untuk menekan rasa lapar sehingga saat mengkonsum telur, kalian tidak akan cepat merasa lapar.Telur bisa anda campurkan dengan jenis makanan lain yang juga rendah kalori.

3. Salad

Jadi makanan yang satu ini hampir sama dengan sup. Banyak orang yang menganggap kalau salad ialah jenis makanan yang tidak bisa bikin anda kenyang.Tapi nyatanya anggapan itu salah besar. Salad juga mampu membuat orang yang memakanya kenyang lebih lama.

Salad yang terbuat dari kombinasi sayuran dan buah, dapat membantu mencukupi kebutuhan akan vitamin dan mineral dalam tubuh.Karena tidak perlu melalui proses memasak, kandungan vitamin pada bahan-bahannya yang berupa campuran sayur dan buah tetap terjaga.

4. Kentang

Kentang termasuk jenis makanan yang mempunyai fungsi yang sama dengan nasi. Meskipun mengenyangkan, jumlah kalori yang terkandung dalam kentang ternyata lebih sedikit daripada nasi putih. Itulah sebabnya memakan kentang dalam jumlah banyak tidak akan membuat tubuh kita menjadi gendut.

Kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, tiamin, niasin, asam folat, besi, magnesium, fosfor, dan zat flavonoid dalam kentang, ternyata mampu menekan rasa lapar.Kentang bisa dibuat dengan berbagai macam cara seperti dikukus, digoreng. Contoh makanan dibuat dengan kentang yang gampang dibuat adalah perkedel dan kroket kentang.

5. Seafood

Nyatanya ada banyak jenis jenis seafood yang memiliki kandungan kalori yang rendah seperti salmon serta jenis udang, tiram, dan kepiting.

Makanan tersebut kaya akan kandungan protein yang bisa membantu dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Protein itulah yang nantinya bisa membuat kita kenyang lebih lama.

Karena rendah kalori, jenis seafood tersebut juga memiliki lemak yang sedikit , jadi tetap aman aman saja dikonsumsi tanpa takut membuat kalian menjadi gemuk.

6. Oatmeal

Makanan yang satu ini memang mempunyai segudang manfaat yang bisa diperoleh. Oatmeal bisa membantu menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, menstabilkan kadar gula darah, dan lain-lain.

Tidak heran kalau makanan yang satu ini diklaim lebih menyehatkan daripada gandum. Salain itu makanan yang satu ini juga terkenal rendah kalori.

Oatmeal memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Kandungan ini bisa menyerap kelebihan lemak di dalam tubuh dan mengatur jumlah karbohidrat yang ada dalam aliran darah di dalam tubuh kita.

Jadi tidak heran kalau setelah makan oatmeal, kenyangnya seperti makan semangkuk nasi.

7. Apel

Jika pada saat bulan ramadhan , jangan lupa untuk menyiapkan buah-buahan sebagai menu sahur ataupun berbuka puasa. Diantara semua jenis buah-buahan, apel banyak diketahui sebagai satu dari sedikit buah-buahan yang mengandung pektin.

Zat pektin secara alami bisa memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang dalam perut kita.Bahkan orang yang makan sebutir apel setiap harinya pasti merasa lebih kenyang.

Jadi ia akan memakan lebih sedikit makanan dibanding mereka yang memakan jus apel atau saus apel.Lain dari itu , apel juga kaya akan antioksidannya yang bisa membantu menangkal radikal bebas.

8. Lobak

Lobak mentah sering dijadikan bahan acar atau hiasan makanan agar tampak cantik dan segar.Selain untuk salah satu sumber makanan  yang rendah kalori, lobak juga tinggi akan seratnya sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

9. Paprika

Dikutip dari Shape, ada studi yang menunjukkan bahwa seiris paprika mentah hanya mengandung 2 kalori. Paprika juga dipercaya dapat membantu membakar lemak lebih cepat didalam tubuh anda.

Ditambah lagi, kandungan folat dan vitamin B6 pada paprika dapat mengurangi pembengkakan di arteri serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

10. Kembang Kol

Satu tangkai kecil kembang kol ini mengandung 3 kalori. Lain dari itu, sumber makanan rendah kalori ini juga mengandung sejumlah serat yang bagus untuk pencernaan.

Di artikel ini kita tidak hanya membahas tentang Makanan Rendah Kalori dan Lemak yang Sehat, kita juga akan memaparkan tentang Macam Macam Makanan Rendah Kalori yang Sehat , dan juga tentang Macam Macam Usaha Rumahan Di Desa yang Menguntungkan. Mau tahu apa saja usahanya yang cocok dijakankan desa ? berikut ulasanya tentang Macam Macam Usaha Rumahan Di Desa yang Menguntungkan

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini tentang Makanan Rendah Kalori dan Lemak yang Sehat , tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau pengalaman yang ada di hubungannya dengan judul artikel ini. Sekian artikel dari kami tentang Makanan Rendah Kalori dan Lemak yang Sehat , semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂