Kali ini saya akan membahas olahan yang sering kali di olah oleh anda dan keluarga. Saya akan membahas resep dan cara membuat cenil nutrijel yang bergizi.

Mungkin kalau olahan cenil biasa – biasa aja tapi yang ini lain dari biasanya ini terbuat dari nutrijel. Anda mungkin sudah tau cara membuat cenil nutrijel tersebut, Namun jangan khuwatir bagi anda yang belum tahu bagaimana sih cara membuat cenil nutrijel tersebut.

Bagi anda yang penasaran dan berniatan untuk mencoba membuatnya dirumah simak pemaparan saya mengenai cara membuat cenil nutrijel berikut ini.

Beberapa Resep Cara Membuat Cenil Nutrijel

1. Cenil Nutrijel

cara membuat cenil nutrijel

Bahan untuk Membuat Cenil Nutrijel :

  • 1/2 kg tepung tapioka
  • 1/2 kg gula pasir
  • 2 bks nutrijel rasa buah
  • 6 gls air
  • Pewarna makanan
  • 1/2 btr kelapa parut untuk taburan
  • Garam

Langkah untuk Membuat Cenil Nutrijel :

  1. Rebus air bersama gula sampai mendidih. Angkat tunggu sampai dingin
  2. Campur tepung tapioka dan nutrijel, tuang air gula yang sudah dingin. Aduk2 sampai rata. Bagi adonan menjadi 4 bagian, kasih pewarna sesuai selera
  3. Panaskan kukusan, siapkan loyang persegi yang dialasi plastik. Tuang adonan satu bagian lalu kukus kira 15 mnt, jika warnanya sudah bening berarti sdh matang, angkat. Lakukan sampai habis. Kalo sudah dingin potong2 kotak2
  4. Kukus juga kelapa parutnya yang sudah dikasih garam. Gulingkan potongan2 tadi di kelapa, kalo saya, dibungkus mika isi 4 bji saya jual seribuan

2. Cenil Agar-Agar

cara membuat cenil nutrijel

Bahan untuk Membuat Cenil Agar – Agar :

  • 1 bungkus agar – agar swallow warna merah
  • 2 SDM tepung tapioka/satu tani
  • 150 ml air

Bahan 2 :

  • Secukupnya tepung tapioka/satu tani untuk uleni bahan 1

Sebagai Taburan (Secukupnya) :

  •  kelapa parut yang sudah dikukus
  • gula pasir
  •  garam

Langkah Membuat Cenil Agar – Agar :

  1. Campur bahan 1 di dalam panci, aduk2, lalu masak di atas kompor dengan api kecil. Setelah mengental angkat.
  2. Pindahkan dalam wadah lalu taburi dengan bahan 2, uleni sampai kalis (sampai tidak lengket). Bentuk adonan menjadi bulat2.
  3. Panaskan air dipanci. Rebus cenil hingga mengapung.
  4. Gulingkan cenil ke bahan taburan yang sudah dicampur.

Manfaat Mengkonsumsi Jelly

1. Baik untuk Kulit

Didalam jelly terkandung asam amino alami yang baik untuk kulit. Asam amino membantu pembentukan sel-sel baru dalam tubuh untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Jelly juga baik untuk produksi kolagen.

Jelly kaya asam aspartat yang membantu dalam proses regenerasi sel. Jadi, makan jelly dalam jumlah seimbang tidak akan menyakiti Anda.

2. Baik untuk Menjaga Berat Badan

Jelly rendah kalori, sehingga membantu Anda menjaga berat badan yang ideal. Tidak seperti produk manis lainnya, jelly tidak terlalu mengandung gula.

3. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pada jelly juga kaya karbohidrat dan vitamin B yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kebanyakan orang lebih memilih makan jelly setelah olahraga atau saat mereka mengalami depresi.

4.Memelihara Kesehatan Rambut

Jelly kaya sumber asam folat, yang membantu menjaga kesehatan rambut. Asam folat baik untuk mencegah masalah rambut menipis dan rambut rontok.

5. Membantu Mengurangi Kolesterol Jahat

Semua orang tahu jika tingkat kolesterol jahat dalam tubuh bertambah, maka kita bisa menderita serangan jantung. Jelly membantu mengurangi kolesterol jahat, yaitu LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Makan jelly membantu mencegah risiko penyakit jantung.

6. Mengatasi Arthritis

Jelly terbuat dari gelatin alami yang membantu meningkatkan pelumasan sendi dan mencegah kondisi arthritis pada wanita. Dia juga dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi.

7. Mengurangi Stres

Asam amino esensial dalam jelly membantu mengurangi stres dan mengurangi tanda-tanda depresi ringan pada wanita.

8. Mengurangi Gangguan Kulit

Jelly memiliki jejak inositol dan niacin yang membantu mencegah gangguan kulit. Bahkan, sering mengonsumsi jelly membantu mengurangi gangguan kulit seperti kulit kemerahan (rosacea) dan jerawat.

Manfaat lLain dari Diet Jelly

Selain membantu untuk menurunkan berat badan, diet jelly juga menyimpan beragai manfaat lainnya untuk kesehatan. Antara lain:

1. Baik untuk Pencernaan

Serat dari rumput laut dan kandungan glisin yang terdapat di dalam agar-agar dapat membantu utuk memperlancar pencernaan.

Selain itu, gelatin juga dapat merangsang produksi asam lambung dan enzim-enzim perncernaan lainnya agar mempermudah makanan bergerak dalam saluran pencernaan.

Itu sebabnya makan agar dapat mencegah Anda dari risiko masalah pencernaan seperti diare dan sembelit. Kesehatan saluran cerna yang lebih baik juga pada akhirnya membantu tubuh lebih efektif mengatur dan menyimpan energi serta cadangan lemak.

Selain itu, sebuah penelitian tahun 2002 menyatakan bahwa glisin dapat mengontrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada orang-orang yang memiliki diabetes tipe 2.

2. Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Glisin merupakam jenis asam amino yang terkandung di dalam gelatin. Sebuah penelitian tahun 2012 melaporkan bahwa asupan glisin dapat meningkatkan stamina sehingga Anda tidak mudah capek dan mengantuk pada siang hari.

Glisin juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak karena asam amino tersebut membantu merangsang otak anda untuk melepaskan hormon ngantuk melatonin dalam jumlah yang lebih banyak dan stabil sepanjang malam.

Namun, Agar-Agar Hampir Nol Gizi

Meski tinggi serat dan cukup mengenyangkan, agar-agar bisa dikatakan sebagai makanan yang minim gizi lainnya atau bahkan sama sekali nol. Maka, Anda tetap perlu mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya dari makanan lain.

Jika tidak, Anda malah akan berisiko mengalami kekurangan gizi. Sedikitnya kandungan gizi yang terdapat di dalam agar justru memicu rasa lemas dan tidak bertenaga.

Selain itu, kebanyakan produk agar siap saji di pasaran mengandung gula. Asupan gula yang berlebihan akan disimpan oleh tubuh sebagai cadangan lemak. Hal ini tentu dapat berbalik menjadi bumerang bagi tujuan awal Anda untuk melakukan program diet, bukan?

Buat Sendiri Jelly Sehat di Rumah

Nah untuk menyiasati risiko tambahan gula yang tidak perlu serta menangkis kekurangan gizi selama diet jelly, anda sebaiknya membuat sendiri agar-agar tersebut di rumah.

Anda bisa menggunakan jelly serbuk tanpa rasa yang minim kalori dan gula, atau dari lembaran gelatin sapi yang dilarutkan di air yang hangat.

Tapi jangan tambahkan gula, tapi hadirkan rasa manis serta asupan nutrisi lainnya dari topping buah-buahan segar, seperti potongan mangga, jeruk, stroberi, hingga siraman yogurt sebagai sausnya.

Nah itu tadi sedikit pemaparan dari saya mengenai bagaimana sih cara membuat cenil nutrijel yang cocok untuk keluarga, saya juga sedikit membahas mengenai manfaat mengkonsumsi nutrijel maupun agar – agar. Semoga itu tadi dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga anda.

Oh iya selai resep dan cara membuat ceni nutrijel, saya ada sedikit reverensi buat anda yang gemar mencoba hal baru dan ingin membuat olahan bdengan berbagai jenis ini dia Cara Membuat Pindang Ikan Emas Enak dan Lezat

Bagi anda yang ingin mencoba semoga berhasil dan tenang yang penting kenyangnya.