Kali ini saya akan membahas mengenai olahan yang kaya akan manfaat terutama bagi ibu hamil. Apa dia? Jenang Sumsum dan saya akan berbagi Resep Jenang Sumsum

Mengapa jenang sumsum dikatakan bermanfaat bagi ibu hamil? Kalau anda penasaran anda akan menemukan jawabannya didalam artikel ini. Dan siapa sih yang tidak tahu jenang sumsum olahan yang sangat legit yang dapat membuat rasa lapar hilang seketika.

Karena perkembangan waktu banyak diluaran sana macam dari jenang sumsum itu sendiri yang memiliki daya pikat yang beragam mulai dari warna penampilan dan tentu rasanya. Berikut ini saya akan berbagi bebarapa resep jenang sumsum yang bisa anda coba.

Beberapa Resep Membuat Jenang Sumsum yang Lezat

1. Resep Jenang Sumsum

resep jenang sumsum

Bahan Jenang Sumsum :

  • Tepung beras 100 g
  • Santan 850 ml
  • Garam 1 sdt
  • Daun pandan 6 lembar

Langkah Membuat Jenang Sumsum :

  1. Anda perlu menyiapkan santan sebanyak 650 ml kemudian bagi menjadi dua gelas.
  2. Kemudian langkah berikutnya adalah merebus 1 gelas santan dengan 5 lembar daun pandan dengan menggunakan api kecil. Anda bisa terus mengaduk agar santan yang kanda rebus tidak pecah.
  3. Ambil 1 gelas santan tersebut, kemudian tuang secara perlahan pada tepung beras. Anda harus selalu mengaduknya secara terus menerus. Pastikan jangan sampai santan tersebut menggumpal. Lalu anda dapat tambahkan satu sdt garam (atau dapat disesuaikan sesuai selera anda).
  4. Masukkan adonan ke dalam santan yang sedang anda rebus. Aduk kembali hingga semua tercampur secara merata. Jangan sampai muncul gumpalan pada tahap ini.
  5. Ketika semua sudah tercampur secara merata, anda bisa matikan apinya.
  6. Lalu cincang gula merah lalu masak dengan menggunakan api yang kecil. Masukkan pula selembar daun pandan, lalu tambahkan air secukupnya. Anda bisa mengduknya hingga gula tersebut larut.
  7. Rebus sisa santan sebnyak kurang lebih 200 ml yang dijadikan sebagai kuah.
  8. Saran penyajian bubur sumsum yaitu dengan cara ambil adonan lalu tuang gula merah dan kuah santan pada suatu tempat yang sama.
  9. Bubur sumsum telah siap untuk dihidangkan

2. Cara Membuat Jenang Sumsum Candil

resep jenang sumsum

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Jenang Sumsum :

  • Tepung beras 100 g
  • Santan 650 ml
  • Garam 1 sdt
  • Daun pandan 6 lembar

Bahan untuk Membuat Bagian Candil :

  • Tepung ketan 300 g
  • Santan 300 cc
  • kacang tanah 300 g, sangrai
  • Gula merah 250 g, cincang
  • Air 400 cc
  • Nangka 50 g, cincang
  • Daun pandan 2 lembar

Langkah Membuat Jenang Sumsum Candil :

  1. Siapkan santan sebanyak kurang lebih sekitar 650 ml setelah itu anda bisa membaginya menjadi 2 gelas.
  2. Rebuslah 1 gelas santan dengan dicampur 5 lembar daun pandan dengan menggunakan api berukuran kecil. Anda harus terus mengaduk agar santan tersebut tidak pecah.
  3. Ambil 1 gelas santan, kemudian tuang secara perlahan lahan pada tepung beras. Jangan lupa agar terus diaduk dan pastikan tidak terdapat gumpalan pada adonan tersebut
  4. Setelah itu anda bisa lanjut yaitu masukkan adonan tersebu ke dalam santan yang sedang direbus. Aduk lagi hingga semua tercampur secara nerata. Pastikan jangan sampai terdapat gumpalan.
  5. Ketika semua sudah tercampur secara merata, anda dapat matikan api pada kompor tersebut.
  6. Langkah selanjutnya yaitu anda perlu membuat candilnya. Pertama siapkan wadah, masukkan tepung ketan pada wadah tersebut. Tuang santan secara sedikit demi sedikit jangan lupa anda juga harus sembari diaduknya.
  7. Bentuklah adonan tersebut sebesar kelereng(atau ukuran dapat disesuaikan dengan selera anda).
  8. Isi adonan taersebut yang sudah dibentuk dengan menggunakan kacang tanah. Bulatkan kembali menjadi bulatan seperti semula lagi.
  9. Kemudian yang perlu anda lakukan adalah merebus air, tunggu hingga air benar benar mendidih.
  10. Serlah itu anda dapat memasukkan candil ke dalam air mendidih. Tunggu hingga candil tersebut mengapung. Tirikan kemudian anda dapat merendam lagi dengan menggunakan air matang.
  11. Rebuslah air sebanyak kurang lebih 400 cc ditambah dengan gula merah dan daun pandan. Aduk hingga gula merah tersebut larut.
  12. Anda bisa mengangkat dan menyaring bila telah larut seluruhnya.
  13. Kemudian rebus kembai, namun kali ini masukkan pula candil dan nangka. Rebus sebentar saja hanya agar semua matang seutuhnya.
  14. Sajikan jenang sumsum dengan cara ambil adonan lalu tuangi dengan gula merah dan candil.

Selain resep jenang sumsum saya akan sedikit mengulas dan berbagi sedikit ilmu mengenai manfaat mengkonsumsi jenang sumsum tersebut bagi ibu hamil. Bagi anda yang penasaran silahkan anda baca pemaparan saya berikut ini semoga bermanfaat bagi anda.

Manfaat Mengkonsumsi Jenang Sumsum Bagi Ibu Hamil

1. Menambah Energi

Karena ibu hamil juga tidak akan terhindarkan dari berbagai macam aktivitas sehari – hari, maka jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh tetap harus terpenuhi dengan baik.

Dengan mengkonsumsi jenang sumsum, maka pada ibu yang sedang mengalami masa – masa kehamilan dapat memenuhi kebutuhan kalorinya dengan baik. Satu mangkuk jenang sumsum secara umum memiliki kandungan kalori kurang lebih sekitar 418 kalori.

Terdapat cukup banyak kandungan kalori baik dari gula maupun karbohidrat untuk membantu menambah energi para ibu hamil yang masih disibukan dengan rutinitas hariannya.

Selain itu dengan mengkonsumsi jenang sumsum maka ibu hamil akan terhindar dari gula darah yang rendah pada ibu hamil karena adanya gula alami dari gula merah atau gula aren yang terdapat dari pada jenang sumsum tersebut.

2. Mencegah Terjadinya Anemia

Jenang sumsum untuk ibu hamil juga menjadi salah satu jenis makanan penambah tekanan darah, pada ibu hamil yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Hal ini mungkin terjadi karena adanya kandungan santan pada jenang sumsum tersebut.

Santan juga memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin agar tidak terkena penyakit seperti anemia atau kekurangan darah pada tubuh.

Jadi, dengan mengkonsumsi jenang sumsum, Anda tidak perlu mengkonsumsi suplemen maupun vitamin untuk ibu hamil yang ditujukan untuk menambah darah pada tubuh ibu hamil.

Akan lebih baik apabila Anda mencoba cara alami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen ataupun vitamin penambah darah yang biasanya berbentuk suplemen.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Jenang sumsum sendiri memiliki manfaat yang sama seperti manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yaitu untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun pada tubuh saat hamil.

Apabila pada buah sirsak terdapat vitamin C yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh agar tetap terjaga dan membuat tubuh terasa fit. Maka pada jenang sumsum terdapat santan yang juga mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Banyak sekali jenis penyakit yang dapat menyerang ibu hamil yang rentan dan salah satunya penyakit yaitu sakit perut. Ada banyak penyebab sakit perut saat hamil, salah satunya adalah keberadaan bakteri jahat pada sistem pencernaan yang bisa berkembang bebas karena sistem imun tubuh dalam kondisi yang kurang baik.

Itu tadi sedikit pemaparan dari saya mengenai resep jenang sumsum yang bisa anda coba dirumah, bagi anda yang ingin mencoba membuat anekan olahan lain saya ada sadikit reverensi bagi anda yang bisa anda lakukan dirumah Resep Bubur Mutiara Singkong