Diartikel kali ini, saya akan memaparkan tentang resep bubur mutiara singkong.Bubur yang lembut dang lengit ini enak dinikmati ketika masih hangat maupun dingin. aroma gula merah dan daun pandan yang lengit menambahkan enak bubur ini.

Bentuknya yang bulat dan transparan ini menjadikannya disebut jadi mutiara. Sagu mutiara biasa dijual dalam bentuk kering. Setelah dimasak, ia bisa berubah seperti butiran-butiran yang kenyal, legit, dan lengket.

Selain dijadikan campuran dalam es atau aneka jajan tradisional, sagu mutiara ini bisa anda masak jadi bubur manis lengkap dengan siraman saus santan gurih. Tak hanya ketika hangat, bubur ini juga nikmat disajikan saat dingin atau setelah disimpan dalam kulkas.

Resep Bubur Mutiara Singkong

Resep Bubur Mutira Singkong

Bahan-bahanya

  • 150 Garam mutiara
  • 1 liter air
  • 2 Lembar daun pandan
  • 150 Gram gula merah
  • 2 Sendok makan gula pasir
  • 500 Gram singkong, kupas potong kecil-kecil
  • 5 Buah kurma buang bijinya, potong kecil
  • 2 Sendok makan tepung kanji, larutkan dengan sedikit air
  • 200 Ml santan kental
  • 1 Lembar daun pandan, potong-potong
  • garam secukupnya
  • 1 Sendok makan tepung beras

Resep Bubur Mutiara Singkong

  1. Rebus biji mutiara dengan air dan daun pandan hingga biji mutiara bening
  2. Masukkan gula merah, gula pasir dan potong singkong
  3. masak terus hingga singkong empuk dan bubur kental
  4. Tuang larutan tepung kanji, aduk hingga kental lalu angkat
  5. rebus santan, daun pandan, garam dan laruatan tepung beras
  6. Didihkan hingga kental lalu angkat
  7. Sajikan bubur selagi hangat atau dibuat dingin

Manfaat Sagu Mutiara Utuk Kesehatan

1. Pencegahan Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah yang terdapat pembuluh darah yang biasanya mengakibatkan tersumbatnya aliran darah menuju jantung. Kondisi ini akan mempengaruhi kinerja organ tubuh lain.

2. Baik Untuk Gula Darah

Bisa menghambat laju peningkatan kadar glukosa dalam darah karena serat dan mineral fosfor yang terdapat pada sagu. Mampu menekan gula yang terdapat dalam tubuh biar tidak langsung menyebar ke jaringan tubuh dan mampu menghambat penumpukan gula dalam darah agar tidak membentuk kristal yang dapat menyebabkan kadar gula dalam darah naik.

3. Mencegah Masuk Angin

Dapat menyembuhkan nyeri terdapat ulu hati dan mencegah perut kembung serta serangan masuk angin. Masuk angin yang dimaksud yang disebabkan oleh kelelahan, perjalanan jauh, pergantian iklim atau karena kurang tidur.

4. Sebagai Prebiotik

Serat yang ada pada sagu mampu bertindak sebagai prebiotik yaitu kemampuan melindungi kondisi mikro flora usus. Setelah itu usus bisa langsung menghindari dari serangan penyakit merugikan dan menstabilkan enzim pencernaan agar selalu sehat.

Serat pada sagu dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mempercepat penyembuhan terhadap luka, peradangan pada pencernaan dan infeksi kulit.

5. Pencegahan Kanker

Serat pada sagu dapat mencegah tumbuhnya sel kanker pada usus, dan pada paru paru karena zat prebiotik pada sagu mampu menyehatkan sel pada usus dan paru serta melancarkan peredaran darah serta pembuluh darah disekitar area usus dan paru paru.

Sagu terdapat bersifat prebiotik mampu menghalangi atau menghancurkan pertumbuhan sel kanker dan mengikatnya agar tidak langsung menyebar ke jaringan tubuh lain.

6. Sumber Kalsium

Manfaat kalsium yang ada pada sagu dapat mempertahankan kekuatan dan kepadatan kalsium dalam tulang, persendian dan gigi pada orang dewasa dan lansia. Selain kalsium ada zat mineral fosfor sekitar 13 mg yang ada pada sagu mampu mencegah terjadinya osteoporosis atau kerapuhan tulang.

Sagu dapat mempercepat pembentukan, pertumbuhan dan memadatkan kalsium dalam tulang sehingga anak anak cepat tumbuh menjadi tinggi dan sehat.

7. Kaya Akan Fosfor

Dapat memperbaiki dan mempertahankan struktur tulang aagar terhindar dari pegal pegal, serangan rasa nyeri atau keretakan tulang yang diakibatkan cedera pada orang orang usia lanjut. Mineral fosfor yang ada padaa sagu mampu mengontrol dan mengikat serta sebagai penyusun aktif dalam menyehatkan struktur tulang dan gigi seiring bertambahnya usia seseorang.

8. Alternatif Diabetes

Dapat dijadikan alternatif sebagai konsumsi bagi orang-orang yang memiliki riwayat keluarga mengidap penyakit diabetes. bagi yang memiliki orangtua atau kerabat yang menderita gula maka 6 kali lipat seseorang tersebut akan memiliki warisan didalam darahnya untuk beresiko terserang gula jika tidak berhati hati dalam mengkonsumsi jumlah gula.

Selain beras merah yang terbebas mengenai gula, makanan yang terbuat dari sagu pun dapat mempertahankan kestabilan kadar glukosa dalam darah.

9. Menurunkan Berat Badan

Sagu mempunyai manfaat karbohidrat yang lebih tinggi dari nasi putih, gandum, jagung dan gandum.  karbohidratnya tinggi akan tetapi memiliki kadar gula yang sangat sedikit dibandingkan nasi putih.

Pada orang yang menderita obesitas dapat memanfaatkan sagu sebagai makanan sehari hari karena zat mineral fosfor dan serat yang ada didalamnya dapat menekan ras lapar seseorang lebih lama.

Sekian dari kami mengenai artikel ini bila anda berkenan, anda juga dapat mambaca artikel lain tentang cara membuat ayam kremes padang. Terima kasih