Kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat dan resep agar gula merah tanpa santan yang mudah di buat namun memiliki cita rasa yang lezat.

Siapa sih yang nggak tahu tentang olahan agar – agar ? saya yakin sebagian besar dari anda banyak yang telah tahu akan olahan ini. Bagi anda yang belum tahu dan ingin tahu untuk mencobanya saya akan berbagi beberapa resep agar gula merah tanpa santan.

Nah bagi anda yang berniatan untuk mencoba resep agar – agar gula merah tanpa santan. Selamat mencoba resep ini dan semoga berhasil ya ysng jelas kenyangnya. Simak nih beberapa resep agar gula merah tanpa santan.

Beberapa Resep Agar Gula Merah Tanpa Santan

1. Agar Agar Santan Gula Merah

resep agar gula merah tanpa santan

Bahan yang Dibutuhkan :

  • 1 bungkus agar agar sesuai dengan keinginan anda warna putih
  • 100 grm gula pasir
  • 200 grm gula merah
  • 800 ml air
  • 3 buah daun pandan

Langkah Membuat Agar Agar Tanpa Santan :

  1. Iris gula merah
  2. Siapkan panci panas, masukan air
  3. Masukan gula merah, gula pasir, daun pandan, dan 1 bks agar agar
  4. Aduk sampai muncul gelembung, angkat lalu tuang dalam cetakan. tunggu sampai keras

2. Agar Agar Gula Merah Toping Apel

Bahan yang Dibutuhkan :

  • 1 bungkus agar agar
  • Gula merah (secukupnya)
  • 100 gram Gula pasir
  • 4 gelas Air putih
  • Buah apel (secukupnya sesuai selera)

Langkah Membuat Agar Agar Gula Merah :

  1. Pertama kupas kulit apel, cuci bersih dan potong-potong untuk toping nya
  2. Siapkan panci masukkan gula merah dan 1 gelas air putih, setelah mencair lalu saring
  3. Selanjutnya siapkan panci yang bersih, masukkan 1 bungkus agar swallow, gula merah cair dan 3 gelas air putih aduk-aduk hingga mendidih
  4. Terakhir masukkan agar yang sudah masak ke dalam wadah lalu kasih toping apel diatas nya tunggu beberapa menit, masukkan dalam kulkas, tunggu hingga dingin agar-agar siap disantap

3. Es Agar-agar Kelapa Buatan

Bahan yang Dibutuhkan :

  • 1 gelas gula pasir
  • 2 bks agar-agar rasa
  • 1 gelas sirup leci
  • 2 bks nutrijel plain
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 2 bks nutrijel
  • 1 gelas santan kara
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Agar-agar Kelapa Buatan :

  1. Rebus agar-agar dengan menggunakan air secukupnya (sekiranya cukup), jika sudah andab bisa langsung dinginkan.
  2. Setelah itu anda juga rebus nutrijel dengan menggunakan air secukupnya, lalu anda juga bisa dinginkan juga.
  3. Untuk membuat kelapa buatannya anda bisa dengan cara, siapkan nutrijel plainnya, lalu santan dan gula, aduk hingga semua tercampur dengan rata, lalu angkat dan dinginkan juga.
  4. Supaya terlihat seperti kelapa serut beneran, serut nutrijel plain dengan mengunakan penutup botol yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  5. Agar-agar dan nutrijel yang telah dingin kemudian bisa anda potong kecil-kecil seperti bentuk dadu (atau sesuai dengan selera yang anda inignkan).
  6. Masukkan semua isian dari agar-agar dan nutrijel tersebut ke dalam baskom.
  7. Lalu anda bisa tambahkan sirup, susu kental manis dan es batu. Aduk hingga merata supaya terlihat sepertinyata.
  8. Nah es agar-agar kelapa buatan ini tadi telah siap untuk dihidangkan sesuai dengan cara penyajian anda sendiri.

Nah itu tadi sedikit pemaparan mengenai resep agargula merah tanpa santan yang bisa anda coba di rumah. Dan kali ini saya juga akan sedikit menyinggung mengenain manfaat yang kita dapat jika kita mengkonsumsi agar agar.

Mungkin sebagian dari anda banyak yang tahu apa saja manfaatnya tapi bagi anda yang belum tahu anda bisa simak pemaparan saya berikut ini, semoga bermanfaat.

Manfaat Mengkonsumsi Agar Agar

Penggunaan agar agar untuk dimanfaatkan dalam berbagai bidang tentunya beralasan. Berikut adalah manfaat agar agar dan kandungan didalamnya.

1. Bidang Kesehatan

Tanpa disadari ternyata agar-agar dapat memberikan manfaat di dalam bidang pengobatan seperti berikut ini :

1. Penutup Luka

Agar agar bisa digunakan untuk bahan pembuat perban penutup luka. Sifat agar agar yang menyerap cairan berfungsi untuk membantu mempercepat pembekuan darah pada luka, supaya luka tersebut lebih cepat kering.

2. Pembungkus Kapsul

Agar agar juga digunakan untuk bahan dasar selaput pembungkus kapsul obat pengganti gelatin. Pada awal mula pembuatan kasul, gelatin hewani digunakan dalam selaput pelapis kapsul.

Namun sekarang telah mulai digantikan dengan bahan agar agar karena lebih mudah larut dalam tubuh sehingga tidak menggganggu sistem penyerapan obat yang ada di dalam kapsul agar agar.

3. Mengurangi Stres

Asam amino esensial yang terkandung dalam agar agar dipercaya dapat membantu menurunkan tingkat stres pada orang yang mengkonsumsinya. Dengan mengkonsumsi agar secara rutin dapat membantu mengurangi tingkat depresi yang terjadi pada manusia.

4. Mencegah Peradangan Sendi

Agar agar sering dikatakan bisa membantu mengurangi sakit radang sendi ataupun mencegah radang sendi dengan mengkonsumsinya secara rutin. Kandungan kolagen di dalam agar agar dipercaya dapat menambah pelumas pada sendi sehingga radang sendi dapat dicegah.

5. Mencegah Osteoporosis

Selain itu, kandungan kalsium dalam agar agar ternyata 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan kalsium pada yang ada di segelas susu. Kandungan kalsium di dalam agar agar dipercaya dapat mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang.

6. Menu Diet

Agar agar merupakan salah satu jenis makanan yang sangat ampuh untuk diet dan menjaga kesegaran tubuh agar tetap prima. Kaya akan serat dan vitamin, membuat agar agar sangat penting sebagai asupan diet anda.

2. Bidang Kuliner

Dalam bidang kuliner, agar agar telah banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis olahan makanan maupun minuman sebagai berikut ini :

1. Makanan Pencuci Mulut

Bahan dasar agar agar sering diolah menjadi puding, jelly, makanan pencuci mulut, pengental dalam sup, saus, hingga digunakan untuk pengental es krim.

2. Serat Untuk Nasi

Selain itu, agar agar juga dapat dicampur kedalam nasi ketika dimasak dengan tujuan agar nasi yang dimakan mengandung lebih banyak serat.

Cemilan Sehat– Penggunaan agar agar juga dapat untuk camilan tanpa kalori karena tidak mengandung kalori.

3. Bidang Kecantikan

1. Mencegah Penuaan Dini

Kadar kolagen serta asam amino esensial dalam agar agar ternyata dapat membantu mencegah timbulnya tanda tanda penuaan dini pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan muda.

2. Melangsingkan Tubuh

Kandungan serat larut dan tidak larut yang terkandung di dalam agar agar juga dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh sehingga dapat digunakan dalam menu diet untuk membuat tubuh menjadi lebih ramping.

Itu tadi sedikit pemaparan mengenai beberapa resep agar gula merah tanpa santan yang mudah namun memiliki rasa yang lezat. Dan selain itu saya sedikit menyinggung mengenai manfaat yang kita dapat bila kita mengkonsumsi agar – agar.

Nah bagi anda yang ingin mencoba anda bisa coba dan semoga berhasil, namun yang jelas kenyangnya. Ini ada sedikit reverensi yang bisa anda coba dirumah bagi anda yang gemar mencoba dan gemar mengolah masakan, ini nih Cara Membuat Ayam Kremes Padang