Kali ini saya akan membahas tentang bagai mana sih cara membuat wajik ketan hitam yang mudah namun memiliki cita rasa yang lezat.

Siapa sih yang nggak tahu wajik olahan yang memiliki teksur kenyal yang identik dengan rasa legit. Nah bagi anda yang belum tahu cara untuk membuat olahan ini anda bisa coba beberapa cara membuat wajik ketan hitam berikut ini.

Beberapa Cara Membuat Wajik Ketan Hitam yang Mudah

1. Wajik Ketan Hitam

cara membuat wajik ketan hitam

Bahan yang Diperlukan :

  • 500 gram beras ketan
  • 250 gram gula jawa / gula merah
  • 7 lembar daun pandan
  • 200 ml santan (bisa pakai 2 bungkus santan ukuran 65ml)
  • 500 ml air
  • Secukupnya garam

Langkah Membuat Wajik Ketan Hitam :

  1. Cuci bersih beras ketan, lalu rendam minimal 3 jam.
  2. Kukus beras ketan dan 1 lembar daun pandan sekitar 30 menit, lalu sisihkan.
  3. Iris atau haluskan gula jawa, lalu masak bersama dengan 500 ml air. Setelah mendidih, angkat, saring, sisihkan
  4. Campurkan santan ke dalam larutan gula jawa, masak bersama dengan 5 lembar daun pandan, beri sedikit garam. Setelah mendidih, matikan api, lalu keluarkan daun pandannya dari air rebusan.
  5. Masak kembali larutan santan dan gula tersebut dengan api sedang, sambil sedikit demi sedikit masukkan beras ketan yang sudah dikukus.
  6. Selama berada di step 5, jangan berhenti untuk mengaduk seluruh bagian masakan, karena rentan terhadap penggumpalan gula dan santan di bagian bawah wajan. *kaya bikin dodol, aduk teruuuus 😂😅
  7. Setelah sudah cukup kering, matikan api. Siapkan wadah yang sudah dilapisi oleh plastik sebelumnya agar tidak lengket. Ratakan ketan yang sudah dimasak ke dalam wadah cetakan. Diamkan sampai dingin, masukkan ke lemari es sekitar 1-2 jam
  8. Setelah dingin dan teksturnya sudah menjadi lebih keras. Potong2 wajik ketan sesuai selera, lalu daun pandan yang tersisa 1 lembar sebagai pemanis. (Saya potong wajiknya cukup pakai spatula karena jadi tidak lengket, kalau pakai pisau sepertinya justru akan jadi lengket deh)

2. Resep Wajik Ketan Hitam

Bahan yang Diperlukan :

  • 100 gr ketan hitam
  • 50 gr ketan putih sebagai campuran
  • secukupnya Gula merah
  • sesuai selera Gula putih
  • sejumput Garam
  • 2 lembar Daun pandan
  • 1 butir Kelapa serut

Langkah untuk Membuat Wajik Ketan Hitam :

  1. Rendam ketan hitam dan putih putih 5-6 jam, lalu tiriskan
  2. Campur beras ketan dengan garam dan kelapa,tambah daun pandan kukus selama 1 jam lebih, angkat letakkan pada wadah lain
  3. Campur gula merah dan gula putih dan air, tunggu hingga mendidih
  4. Jika sudah mengentall campur ketan ke dalam gula, tunggu 5 menit sampai benar” mengental,
  5. Angkat dan letakkan pada cetakan, selamat mencoba

3. Kue Wajik, Khas Lombok

cara membuat wajik ketan hitam

Bahan yang Diperlukan :

  • 500 gr ketan hitam
  • 500 gr ketan putih
  • 4 btr kelapa
  • 3/4 gula pasir
  • 3 buah gula merah
  • secukupnya garam

Langkah untuk Membuat Wajik Ketan Khas Lombok :

  1. Campur ketan hitam dan putih menjadi satu, setelah itu cuci sampai bersih dan rendam sebentar kira2 (10 mnt)
  2. Setelah ketan di tiriskan, jemur ketan, tapi jangan terlalu kering. Soalnya mau di haluskan menjadi tepung
  3. Parut semua kelapa dan peras santan lumayan banyak kira2 (3000 ml, tapi sebaiknya lebihkan santan untuk jaga2 siapa tau kurang), supaya jajannya tidak keras
  4. Campurkan semua bahan kecuali gula pasir dan gula merah
  5. Masak menggunakan wajan anti lengket, biar gak ceper gosong, setelah ketan agak lama masukkan gula merah dan pasir aduk2 hingga rata
  6. Setelah 3 jam angkat jajan dan tuang ke wadah yang di inginkan

Selain membahas mengenai bagaimana sih cara membuat wajik ketan hitam itu saya juga akan sedikit mengulas mengenai apa saja manfaat mengkonsumsi ketan hitam bagia kesehatan tubuh.

Manfaat Ketan Hitam Bagi Kesehatan

Berbagai manfaat ketan hitam bagi kesehatan, di antaranya adalah:

1. Menunjang Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat ketan hitam bagi kesehatan adalah efeknya dalam membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Bahkan, sebuah universitas, mengungkapkan bahwa ketan hitam memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan beras merah untuk hal ini.

Kemampuan ketan hitam itu mungkin saja berkaitan dengan tingginya vitamin E yang ada di dalamnya. Selain bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, vitamin E juga berfungsi untuk melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Hal ini juga mungkin terkait dengan tingginya kandungan antosianin dalam ketan hitam. Bahkan, kandungan antosianin yang merupakan antioksidan ini, lebih tinggi dalam ketan hitam dibandingkan dalam bluberi.

2. Melawan Kanker dan Penyakit Jantung

Ternyata manfaat ketan hitam juga dianggap bisa digunakan untuk membantu melawan kanker dan penyakit jantung. Jadi manfaat tersebut, salah satu ahli mengungkapkan bahwa, kandungan antosianin pada ketan hitam yang berperan penting.

Antioksidan diprediksi berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL, sehingga turut berkontribusi dalam upaya melawan penyakit jantung.Selain itu, antioksidan juga memiliki sifat antiradang dan antikanker.

Antosianin sebagai antioksidan diketahui dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Namun penemuan mengenai sifat antikanker dari zat ini, masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ketan hitam termasuk ke dalam gandum utuh, sehingga kandungan seratnya cukup tinggi. Serat sangat penting dalam menjaga kesehatan usus.

Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, dan kolest Menurut penelitian, beras ketan hitam juga memiliki efek probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

4. Mencegah Anemia

Didalam ketan hitam juga terkandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh anda untuk membantu pembentukan sel darah merah. Karena saat tubuh anda mengalami kekurangan zat besi hal itu dapat menyebabkan penyakit anemia.

Karena itu, mengonsumsi ketan hitam dipercaya dapat mengurangi risiko terkena anemia akibat kekurangan zat besi. Namun, hal ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

5. Membentuk Sel dan Jaringan

Ketan hitam juga kaya akan protein, sehingga bisa menjadi alternatif sumber protein nabati. Protein penting dalam membentuk sel dan membangun berbagai jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit dan tulang.

6. Pewarna Alami Makanan

Ternyata, pigmen warna dalam ketan hitam bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami dalam pengolahan makanan, mulai dari merah muda hingga hitam.

Memakai pewarna makanan yang berasal dari ketan hitam akan lebih baik bagi kesehatan karena merupakan bahan alami, ketimbang memakai pewarna buatan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman dengan pewarna buatan berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti peningkatan risiko kanker, hiperaktif pada anak-anak, dan alergi.

Nah itu tadisedikit pemaparan saya mengenai cara membuat wajik ketan hitam yang mudah dan lezat jadi bisa anda coba membuatnya dirumah. Srelain itu saya juga sedikit mengulas mengenai manfaat yang diperoleh jika mengkonsumsi ketan hitam tersebut.

Bagi anda yang berkeinginan untuk mencoba semoga berhasil dan yang jelas kenyangnya, dan bagi anda yang senang akan olahan dan berniatan untuk membuat nya dirumah saya ada sedikit reverensi nih yang bisa anda baca Makanan Dari Jagung Pipil