Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat puding coklat oreo. Tapi tahukah Anda cara membuat puding? ya, simak resep berikut ini!

Puding

cara membuat puding coklat oreo

Hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Istilah juga dapat dipakai untuk berbagai jenis pai yang berisi campuran lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang, direbus, atau dikukus.

Pada umumnya, puding dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu.

Seperti ini bisa memiliki rasanya manis dengan menggunakan perisa coklat, karamel, vanila, atau dengan buah-buahan. Tak hanya puding yang Lezat Anda bisa mencampur puding dengan roti dan dengan cara membuat roti maryam sederhana yang benar.

Puding agar-agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut vla. Saat ini sudah terdapat tepung puding instan yang memudahkan orang membuat,karena hanya perlu dicampur susu atau air lalu dipanaskan diatas kompor.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis puding rasa tradisional yang memakai kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan. Buah-buahan yang dipakai untuk puding misalnya: jeruk, nanas, sirsak, mangga, atau markisa.

Selain rasanya yang enak, puding juga memiliki beragam manfaat. Bagi anak-anak puding bisa digunakan sebagai cara sehat untuk mendapatkan kalsium yang bersasal dari susu, kandungan vitamin dan mineral, protein serta serat.

Asaal Usul Puding

Saat ini puding dikenal sebagai hidangan dessert yang manis dan bertekstur creamy. Padahal menurut catatan sejarah makanan, puding pertama yang dibuat oleh koki kuno menghasilkan makanan mirip sosis dengan cita rasa gurih.

Pada abad ke-17, puding di Inggris terdiri dari dua rasa, yaitu gurih karena terbuat dari daging dan manis karena terbuat dari tepung, kacang, dan gula. Kedua puding ini biasanya direbus dalam tas puding khusus.

Haggis adalah salah satu contoh puding gurih karena terbuat dari jantung, hati, dan paru-paru domba yang dicampur dengan bawang bombay, oatmeal, lemak, aneka rempah, dan garam. Secara tradisonal, Haggis dibungkus dalam perut hewan dan kemudian direbus selama tiga jam.

Pada sekitar abad ke-18, puding di Inggris tidak lagi terbuat dari daging. Dan pada abad ke-19 puding masih dibuat dengan cara direbus, namun hasil akhirnya lebih mirip cake. Pada saat itu, puding disajikan secara tradisonal pada perayaan Natal. Puding plum atau Christmas pudding salah satu contohnya.

Ahli sejarah makanan umumnya sepakat bahwa custard yang dikenal seperti puding saat ini diciptakan sejak abad pertengahan. Pada saat itu custard bisa dimakan langsung atau digunakan sebagai isian pie, kue tart, atau roti.

Di Spanyol dan Prancis, flan dikenal dengan nama creme caramel yang terasa manis karena lapisan karamel lembut di atasnya. Mulai abad 19 dikenal beragam puding dengan paduan custard, biskuit, dan cake atau bolu dan buah-buahan.

Setelah dikenal gelatin, jelly, dan agar-agar, puding mulai disajikan dalam keadaan dingin dengan beragam jenis saus. Varian puding dingin ini disajikan sebagai dessert dengan variasi yang tak terbatas.

1. Cara Membuat Puding Coklat Oreo

Selain sebagai biskuit dengan isi strawbery, vanila ataupun coklat buat cemilan, ternyata bisa kita manfaatkan untuk membuat dessert yang lezat lho. Apalagi kalau dikombinasikan dengan puding kenyal yang menyehatkan ini.

Pasti anak anak dan suami menyukai kelezatan resep puding coklat oreo spesial ini. Buat yang ingin mencobanya, cara membuatnya ada di bawah ya.

Bahan :

  • Biskuit oreo yang sudah dihilangkan cream tengahnya dan dihancurkan kurang lebih sebanyak 15pcs.
  • Putih telur kurang lebih sebanyak 3pcs.
  • Susu uht cair warna putih atau bisa juga coklat kurang lebih sebanyak 300ml.
  • Gula pasir sesuai selera atau kurang lebih sebnayak 120gram.
  • Pasta vanila sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1sdt.
  • Agar agar bubuk kurang lebih sebanyak 1bungkus saja.

Bahan Lapisan Coklat :

  • Agar agar bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1bungkus saja.
  • Pasta coklat kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1sdt.
  • Coklat bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 30gr.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 150gram.
  • Kuning telur yang sudah dikocok lepas kurang lebih sebanyak 2pcs.
  • Susu cair siap minum atau uht kurang lebih sebanyak 800ml.

Cara Membuat Puding Coklat Oreo :

  1. Pertama kita akan membuat lapisan puding bagian coklatnya terlebih dahulu.
  2. Ambil wadah kemudian masukkan susu cair, bubuk coklat, bubuk agar agar dan gulanya
  3. kemudian masak sambil diaduk aduk sampai mendidih.
  4. Setelah mendidih ambil kurang lebih 2 sendok sayur kemudian campur dan aduk aduk
  5. bersama kuning telur yang sudah dikocok lepas sampai rata.
  6. Tuang bahan kuning telur tadi kedalam panci lalu aduk aduk kembali sampai mendidih dan rata.
  7. Matikan apinya kemudian masukkan pasta coklatnya lalu aduk aduk kembali sampai tercampur rata.
  8. Tuangkan setengah adonan coklat diatas kedalam cetakan puding kemudian dinginkan.
  9. Sekarang kita akan membuat lapisan oreonya.
  10. Ambil wadah lagi kemudian masukkan susu, gula pasir dan bubuk agar-agarnya kemudian aduk aduk sampai rata sambil dimasakn sampai mendidih.
  11. Setelah mendidih matikan apinya kemudian masukkan pasta vanilanya dan aduk kembali sampai rata dan sisihkan.
  12. Di tempat lain masukkan putih telurnya kemudian kocok sampai kaku teksturnya.
  13. Tuang adonan diatas kedalam wadan berisi telur sedikit demi sedikit sambil tetapi dimixer pakai speed rendah saja.
  14. Setelah telur habis diatunag matikan micer kemudian masukkan oreo yang sudah dihancurkan sampai rata.
  15. Tambahkan puding berisi oreo di atas ke dalam wadah pertama yang sudah berisi 1/2 bagian kemudian diamkan sampai dingin dan membeku.
  16. Masukkan ke dalam cetakan puding dan tunggu sampai dingin.
  17. Setelah dingin bisa dimasukkan kembali ke kulkas supaya lebih segar atau bisa juga ditaburi meisis supaya lebih menarik.

Puding ini bilan anda jadikan sebagai bisnis usaha pasti akan sangat menguntungkan lo.! Anda juga perlu brangkas untuk menyimpan barang-barang berharga anda seperti hasil dari penjualan puding ini supaya aman.

Sekian dan terima kasih.