Cara Membuat Stik Sukun

Cara Membuat Stik Sukun adalah sebuah proses olahan stik berbahan dasar sukun, nama sejenis suatu pohon yang berbuah. Buah  sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang sangat empuk, yang mirip dengan roti setelah dimasak atau digoreng.

Sukun dapat diolah secara lebih utuh atau dipotong-potong terlebih dulu yaitu direbus, digoreng, disangrai atau dibakar. Setelah dimasak dapat juga diiris-iris dan dikeringkan di bawah matahari atau dalam tungku, sehingga lebih awet dan dapat disimpan lama.

Buah sukun ini juga dapat dijadikan suatu keripik. Selain itu buah tersebut juga banyak sekali mengandung sumber karbohidrat. Kelebihan dari jenis buah ini selain mengandung karbohidrat. Daging nya dapat juga di jadikan sebuah  tepung.

Setelah dilakukan sebuah proses pengeringan terdapat juga kandungan sebuah pati ,gula,protein dan sedikit lemak. Untuk daun nya juga bisa kita jadikan pakan ternak. Serta kulit batang nya dapat juga dijadikan sebagai bahan pakaian local yang terdapat serat yang bagus.

Asal Stik Sukun

cara membuat stik sukun

Salah satu oleh-oleh khas dari Cilacap yang wajib Anda bawa kepada sanak keluarga Anda adalah sebuah keripik dan stik sukun khas Cilacap. Kripik sukun yang berbentuk tipis sementara stik sukun berbentuk panjang persegi. Itu cara membuat stik sukun.
Keduanya diolah dengan cara digoreng sampai renyah . Rasa dari jajanan stik dan kripik Sukun sangat  gurih dan renyah. Anda tidak perlu susah-susah untuk menemukan sebuah toko atau warung yang menjual berbagai stik dan keripik sukun di Cilacap.
Karena kedua jenis makanan ini bisa ditemukan dengan sangat mudah baik itu di toko oleh-oleh maupun di warung-warung biasa. Cilacap selain kaya akan hasil lautnya juga mempunyai produk sangat unggulan dibidang pertanian yaitu sukun.
Buah sukun terkenal sampai ke dalam luar negeri sampai-sampai Ratu Inggris pernah menyebutnya sebagai buah roti. Buah sukun juga pada dasarnya sudah enak dan gurih seperti roti lebih enak lagi bila diolah kembali.

Di Cilacap buah sukun sangatlah banyak diolah menjadi stik dam kripik. Kripik sukun berbentuk sangat tipis sementara stik sukun berbentuk panjang persegi. Diolah dengan cara proses digoreng. Rasanya sangat gurih dan  sangat renyah. Itu cara membuat stik sukun.

Sukun menjadi salah satu primadona di kota Cilacap. Selain diolah  oleh di industri pengolahan menjadi makanan camilan seperti kripik dan stik sukun, hasil panen buah sukun asal Cilacap banyak dipasok ke dalam kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung serta Bogor.

Berdasarkan data sebuah dihimpun produksi buah sukun bisa mencapai sekitar 50-150 buah per pohon. Berat buah sukun ini rata-rata 2 hingga 4 kilogram dengan harga eceran berkisar antara Rp 2.500 hingga mencapai Rp 3.500 per buah tergantung ukuran buah.

Musim panen sukun biasanya dua kali dalam setahun antara bulan Januari – Pebruari dan Juli – September. Ini menjadi peluang tersendiri bagi para petani buat budidaya buah sukun secara intensif. Saat ini sukun di Cilacap umumnya merupakan hanya tanaman sampingan.

Cara Pengolahan Stik Sukun

Bahan Yang Di Perlukan :

  1. Minyak Goreng secukupnya
  2.  1 Potong Kunir
  3.  1 sendok Garam
  4.  2 siung Bawang Putih
  5.  Segelas Air Bersih
  6.  Segelas Air Kapur Sirih

Cara Pembuatan Stik Sukun:
– kupas kulit sukunnya hingga bersih
– Iris tipis membentuk seperti stick
– Rendam irisan itu kedalam air kapur sirih selama 15-20 Menit
– Cuci hingga dalam kondisi bersih
– Haluskan semua Bumbu: Kunir, garam, bawang putih. tambahkan sebuah air sebanyak 1 Ltr atau sesuai  dengan kebutuhan
– Rendam irisan sukun itu tadi kedalam bumbu hingga bumbu meresap
– Goreng sukun tadi kedalam minyak yang panas hingga warna kuning kecoklatan.

Minyak harus benar-benar sangat panas supaya hasil bisa garing dan renyah, dan di dalam sebuah penggorengan diusahakan stick sukun terendam dalam minyak, jadi penggunaan minyak juga harus sangat banyak.
– Angkat dan tiriskan hingga keripik sukun itu benar-benar dingin

-Taburkan semua bumbu tabur variant rasa seperti rasa balado dengan stick sukun yang sudah di dinginkan,lalu kocok hingga rata .

– stick sukun dengan taburan bumbu siap untuk di sajikan dan kita nikmati.

Itulah ulasan dari cara membuat stik sukun yang gurih. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda semuanya serta bisa menjadi pembelajaran dirumah. Sekian dan Terimakasih.