Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan cara mengecek madu asli dengan mudah dan sederhana. Nah, sebelum kita masuk ke topik pembahasan, sudahkah kamu tahu apa itu madu ?. Berikut ini Penjelasannya.

Apa Itu Madu ?

apa itu madu ?

Seperti yang kita ketahui madu merupakan cairan yang menyerupai sirup namun, lebih kental dan manis. Madu sendiri berasal dari nektar bunga yang kemudian diolah oleh serangga atau lebih tepatnya lebah.

Didalam madu terdapat unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang menyebabkan rasa manis pada madu, dan rasa manis ini hampir sama dengan rasa manis yang terdapat didalam gula.

Selain itu, madu juga memilik ciri-ciri yang menarik dan dioleskan jika digunakan untuk pemanggangan. Rasa yang berbeda dari gula dan pemanis lainnya pada madu menjadi salah satu mengapa madu ini sehat untuk digunakan.

Mikroorganisme dalam madu kebanyakan tidak bisa berkembang, dikarenakan rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6 saja.

Cara Mengecek Madu Asli

cara mengecek madu asli

Nah, setelah kita mengetahui apa itu madu, kali ini kita akan mencoba untuk mengecek apakah madu tersebut asli atau palsu. Saat ini, banyak yang sudah tahu dengan khasiat madu asli untuk tubuh.

Hal ini pun dibuktikan dengan banyaknya penjual madu yang terdapat di sekitar kita. Namun, lagi-lagi hal ini dimanfaatkan oleh pedagang yang tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan yang besar. Yaitu mereka menjual madu oplos yang sudah dicampur dengan gula.

Tentu saja, kita sebagai konsumen sangat dirugikan dengan madu palsu yang beredar. Pasalnya madu palsu sudah pasti tidak memiliki khasiat untuk tubuh, yang ada malah membahayakan.

Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, berikut ini ada cara untuk mengecek apakah madu tersebut asli atau palsu. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Mengecek Label Madu

Sebelum kamu membeli madu yang dijual, pastikan untuk mengecek label kemasan dengan hati-hati. Apabila kamu menemukan bahan tambahan selain madu, bisa dipastikan bahwa madu ini bukanlah madu asli.

Namun, terdapat juga madu yang dijual tanpa menggunakan label kemasan sehingga kita perlu mengujinya dengan cara yang lain.

  • Menguji Madu Dengan Air

Cara mengujinya adalah dengan mengambil sesendok madu dan tuangkan madu ke dalam segelas air. Biasanya, madu asli akan tetap menggumpal meskipun dimasukkan kedalam air. Apabila madu tersebut larut, tandanya madu ini sudah tidak asli lagi.

  • Menguji Madu Dengan Kertas

Pertama, siapkan kertas dan tuangkan beberapa tetes madu pada kertas. Madu yang asli tidak akan mudah merembes kedalam kertas dan tetap berada diatas kertas. Sebaliknya, apabila madu meresap kedalam kertas, maka madu ini sudah tidak asli lagi.

  • Menguji Madu Dengan Roti

Cobalah untuk mengoleskan madu murni ke roti yang biasa dimakan saat sarapan ataupun sebagai camilan. Jika roti cenderung menjadi lebih keras, maka madu yang digunakan merupakan madu asli.

Sebaliknya, jika tekstur roti menjadil lebih lembek atau basah, maka madu yang digunakan sudah tidak murni lagi.

  • Mengecek Aroma Madu

Karakteristik madu murni cenderung memiliki aroma yang ringan dan halus, tetapi sangat menggoda indra pernafasan kita. Madu yang sudah tidak murni lagi, aromanya cenderung asam dan memiliki zat berbusa putih didalamnya.

  • Menguji Madu Dengan Kain

Cara ini bisa kamu lakukan dengan menuangkan beberapa tetes madu pada kain. Ciri madu yang masih murni cenderung akan lebih mudah diserap oleh kain. Bahkan, setelah dicuci kain yang ditetesi dengan madu murni tidak akan meninggalkan bekas noda sama sekali.

  • Menguji Madu Dengan Sendok

Sebelum membeli madu, biasanya penjual mempersilahkan kita untuk mencobanya terlebih dahulu. Nah, saat kita mendapatkan kesempatan yang diberikan, cobalah untuk memasukkan sendok kedalam atau pengaduk kedalam madu.

Setelah itu, angkat sendok atau pengaduk tersebut kira-kira 5-10 cm dari tempat madu. Jika madu tersebut benar-benar asli maka alirannya akan sulit untuk putus, karena teksturnya yang kental.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai cara menguji madu dengan mudah dan sederhana. Artikel yang tak kalah menarik adalah cara membuat madu asli tanpa tambahan bahan lain.

Akan sangat berguna untuk kita yang ingin membuat madu asli sendiri, dan untuk memastikan keaslian dari madu itu sendiri.

Madu ini juga bisa anda manfaat kan sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan. dan anda perlu brangkas juga donk supaya apa yang anda dapatkan dari penghasilan itu tersimpan dengan aman. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.