pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang resep membuat selai green tea. Tapi tahukah Anda apa itu Green Tea?

Green Tea

resep membuat selai green tea

Selai green tea atau teh hijau ini bisa dibuat dengan bubuk teh dalam bahasa Inggris green tea powder.

(green tea milk spread) Anda juga bisa membuat olahan krim pasta yang teksturnya lebih kental atau saos/saus yang teksturnya lebih cair dan meleleh.

Menurut situs Wikipedia. Matcha (抹茶?, teh bubuk) adalah teh hijau berbentuk bubuk yang di buat dari menggiling teh hijau hingga halus seperti tepung.

Menurut situs food detik. Salah satu selai populer saat ini. Selai tea tak hanya dipakai untuk roti atau olesan roti tawar. makanan spanyol juga tak kalah menarik seperti churros dengan cara membuat churros spanyol.

Anda bisa mengolah selai green tea dari campuran whipping cream dan bubuk green tea. Tambahan white chocolate atau coklat putih membuat rasanya lebih legit dan manis.

Oh ya, karena ini buatan home made atau rumahan dibuat tanpa pengawet kimia tentu kurang awet atau tahan lama. agar tahan lama mungkin selai bisa disimpan dalam kulkas atau mesin pendingin.

1. Selai Macha Keto

   Bahan Kering :

  • 1 sdm matcha bubuk premium.
  • 1 sdm tepung keto.
  • 1/4 sdt xanthan gum.
  •  1/4 sdt himalayan salt bahan basah.
  • 50 ml whipped cream.
  • 20 gram cocoa butter yang dicairkan.
  •  7 tetes sukralosa (sesuaikan selera).
  • Campur semua bahan kering.
  • Tambahkan whipped cream, aduk dan panaskan diatas api sedang.
  •  Tambahkan cocoa butter cair dan sukralosa.
  •  Tes rasa. Matikan api. Tunggu dingin sehingga mengental.
  • Kalau disimpan di chiller jadi ga bisa di spread. Harus diangin2 dulu baru balik ke bentuk selai semula.
  • 3,5 sdm gren tea bubuk chocolatos
  • 3 sdm tepung terigu
  •  2 sdm susu bubuk dancow
  •  6 sdm gula pasir
  •  1 tetes pewarna makanan hijau
  • 250 ml air
  • 1/2 sdm mentega

   Pembuatan Selai Macha Keto

1. Campurkan bubuk green tea, tepung, susu, gula dan air dalam wadah. Aduk sampai rata dan tidak ada yg bergerindil. Tambahkan setetes pewarna hijau biar warnanya ngga terlalu pucat. Biar seger gituu :v
2. Masak dengan api kecil sampai mengental dan meletup2. Matikan api, tambahkan mentega aduk-aduk sampai rata.
3. Note : jika ingin dijadikan cocolan atau saos, setelah matang bisa ditambahkan air matang sedikit demi sedikit sampai kekentalan yang di inginkan. Happy cooking!

 

Manfaat Dari Selai Green Tea

 

1. Kaya Antioksidan

Seperti yang kita tahu, tubuh kita membutuhkan antioksidan untuk melawan efek negatif dari radiasi sinar UV, sehingga sangat bermanfaat bagi kulit kita. Bahkan antioksidan dapat mencegah sejumlah penyakit yang sangat mengancam jiwa kita, lho!

Kabar baiknya adalah dalam satu mangkuk green tea matcha, memiliki kandungan oksigen lima kali lebih besar daripada antioksidan yang terkandung dalam sayuran hijau, bahkan nilainya mencapat nilai tertinggi dalam metode ORAC (oxygen radical absorbance capacity).

2. Kaya Akan Catechin, EGCg

Teh hijau mengandung serangkaian tertentu senyawa organik yang dikenal sebagai Catechin. Di antara antioksidan, catechin yang paling ampuh dan bermanfaat. Bahkan catechin bubuk green tea yang bernama epigallocatechin (EGCg) memiliki kandungan yang besar yaitu sejumlah 60 persen.

Di EGCg sendiri adalah catechin yang diakui untuk sifat resisten terhadap kanker. Para ilmuwan telah menemukan bahwa Matcha Green Tea mengandung lebih dari 100 kali lebih EGCg dibandingkan teh lainnya di pasar. Wow!

3. Punya Efek Menenangkan

Matcha green tea udah ada dari zaman dahulu kala, bahkan hampir satu milenium digunakan sebagai alat untuk meditasi, karena khasiatnya yang menenangkan namun bisa tetap waspada.

Hal ini disebabkan karena daun yang digunakan untuk membuat matcha mengandung asam amino L-Theanine yang fungsinya untuk meningkatkan produksi gelombang alfa di dalam otak sehingga menyebabkan relaktasi tanpa mengantuk.

4. Meningkatkan Memori Dan Konsentrasi

L-Theanine disamping memiliki manfaat relaksasi ternyata juga memproduksi dopamin dan serotonin. Kedua bahan kimia ini berfungsi untuk meningkatkan mood, memori, sehingga membuat konsentrasi menjadi lebih baik.

5. Menghasilkan Energi

Pada zaman dahulu, green tea matcha dipercaya oleh para prajurit Jepang sebagai minuman berenergi. Makanya sebelum berperang, mereka kudu minum matcha green tea.

Hal ini disebabkan karena secara alami, green tea mengandung kafein dan kombinasi nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan energi. Dalam semangkuk matcha green tea, efeknya bahkan bisa bertahan hingga enam jam lamanya.

 

Cukup sekian ulasan tentang resep cara membuat selai green tea. untuk kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Semoga bermafaat untuk Anda.

Terimaksaih.