Mie ramen merupakan mie kuah Jepang yang sebenarnya berasal dari China. Nama mie ramen sendiri kini tengah populer di tengah kalangan pecinta kuliner sebab cukup mudah dibuat dan memiliki cita rasa yang cukup lezat dan menggoda selera.Kali ini saya akan membagikan resep mie ramen enak dan mudah yang bisa anda coba dirumah.

Bukan hanya itu namun mie ramen juga bisa disesuaikan dengan selera dari siapa yang hendak memasak dan mengolahnya, dengan menyesuaikan dan melakukan modifikasi bahan.

Resep Mie Ramen Enak

Berdasarkan dari semakin disukainya jenis olahan mie yang satu ini dalam negeri, maka tidak ada salahnya kita mencoba membuatnya sebagai salahsatu alternatif makanan yang bisa disajikan bagi orang-orang terdekat anda atau keluarga anda secara sederhana dan praktis.Anda juga bisa menyimak artikel cara membuat taco.

Tertarik mencoba membuat mie ramen? Berikut kita hadirkan resep dan cara membuat mie ramen asli yang sederhana, praktis dari bahan sendiri dan halal yang bisa anda aplikasikan di rumah masing-masing.

Waktu Memasak Persiapan: 15 menit

Memasak: 20 menit

Total: 35 menit

Bahan Bahan Resep Mie Ramen Enak:

  • 250 gram mie bulat atau mie ramen yang siap saji
  • 100 gram daging ayam yang dipotong kotak-kotak
  • 2 bakso sapi siap saji, potong menjadi 4 bagian
  • dua bakso ikan siap saji, potong 4 bagian
  • 2 udang besar yang sudah dikupas, namun sisakan untuk bagian ekornya Sawi hijau yang sudah dipotong serong (secukupnya)
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan tepung maizena yang dilarutkan dengan air
  • ¼ sendok teh jahe yang dipatur
  • 350 ml air kaldu ayam
  • 1000 ml air untuk rebusan

Bahan Bumbu Mie Ramen:

  • 1 sendok teh kecap Jepang (shoyu)
  • 1 sendok teh kecap manis
  • satu sendok makan saus thailand
  • 1 sendok makan minyak ikan
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir

Cara Membuat Resep Mie Ramen Enak:

  1. Siapkan panci dan air untuk merebus mie, kemudian panaskan hingga mendidih.
  2. Masukan mie ramen ke dalam panci dengan air yang sudah mendidih.
  3. Tunggu hingga matang dan mie mengapung, kemudian angkat lalu tiriskan.

Cara Membuat Bumbu Kuah Mie Ramen:

  1. Siapkan panci penggorangan anda, masukan minyak ke dalamnya.
  2. Tumis bawang putih bersama dengan jahe hingga tercium aroma yang harum.
  3. Tambahkan air kaldu bumbu-bumbu seperti kecap jepang, kecap manis, saus sambal Thailand, minyak ikan, garam, dan gula pasir.
  4. Jangan lupa juga tambahkan bakso dan sawi hijau, kemudian terus aduk hingga matang. Masukan larutan maizena ke dalam tumisan kemudian aduk hingga mengental, namun jangan terlalu kental.

Cara Penyajian Mie Ramen:

  1. Siapkan mangkok saji anda. Ambil kuahnya dan tempatkan dalam mangkok saji.
  2. Ambil mie yang telah dibuat di awal, kemudian masukan mie anda ke dalam kuah tersebut. Sajikan mie ramen ini selagi hangat kepada keluarga anda.
  3. Demikian resep dan cara membuat mie ramen asli yang sederhana, praktis dari bahan sendiri dan halal.
  4. Semoga anda bisa mempraktikannya di rumah dan mendapatkan hasil masakan seperti yang diinginkan.

Sejarah Muncul dan Berkembangnya Mie Ramen

Menurut catatan sejarahnya sendiri, Tokugawa Mitsukuni (Mito Komon) sering disebut sebagai orang pertama yang mencicipi menu mie ramen ini.

Sedangkan untuk pembuat menu ini sendiri diketahui adalah seorang Konghucu yang sedang melakukan pengasingan saat jaman Dinasti Ming, di mana saat itu dia diundang ke Domain Mito untuk membuatkan makanan lezat bagi Mito Komon.

Ramen sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala. Pada jaman dahulu, ramen sudah masuk ke dalam daftar menu makan di kawasan Pemukikan Tionghoa, tepatnya di daerah Kobe dan Yokohama.

Selain itu, para ahli sejarah juga berpendapat bahwa para penjual mi di Hokkaido juga telah menjual menu mie ramen satu ini sejak lama. Hingga sekarang, mie ramen telah dikenal luas oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk salah satunya di Indonesia ini sendiri.

Varian ramen di jepang Meskipun catatan sejarah mengatakan mie ramen berasal dari China, tetapi menu tersebut berkembang pesat di Jepang. Seiring dengan berkembangnya jaman, sekarang ini terdapat banyak sekali varian mie ramen khas Jepang.

Adapun macam-macam jenis ramen tersebut antara lain seperti shoyu ramen, asahikawa ramen, hakodate ramen, kitakata ramen, banshu ramen, dan masih banyak lagi. Tercatat ada lebih dari 30 varian ramen di Jepang yang populer.

Masing-masing varian ramen tersebut menawarkan rasa dan ciri khas yang berbeda-beda. Mulai dari ramen pedas, ramen gurih, ramen manis segar, dan masih banyak lagi. Sehingga membuat penikmatnya sendiri selalu ketagihan dengan rasa-rasa yang ditawarkannya.Anda juga bisa simak resep mie ramen murah dan lezat

bila anda membuat ramen mie pastiek ruangan anda nyaan dan terbebas dari gangguan bakteri da pertil-partikel berbaya, Segera lakukan penyervisan AC. Anda dapat menyerisan AC disejasajogja

Terimakasih telah membaca artikel saya.Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan anda,selamat mencoba!.