Kali ini saya akan membahas mengenai pepes udang yang lezat kali untuk di santab bersama nasi hangat. Saya juga menyantumkan resep pepes udang yang mudah.

Dengan perkembangan waktu jenis varian pepes udang pun juga ikut berkembang. Saat ini di luaran sana banyak macam pepes udang yang tak kalah lezat. Bagi anda yang penasaran bisa simak pemaparan beberapa resep pepes udang berikut ini.

Resep Pepes Udang yang Lezat

1. Resep Pepes Udang

resep pepes udang

Bahan yang Perlu Disiapkan :

  • 20 ekor udang sedang
  • 1 buah jeruk nipis
  • 3 sdm santan kental (bisa pakai instan)
  • 1 batang serai iris2
  • 1 bungkus daun kemangi
  • Daun pisang untuk membungkus
  • 5 lembar daun salam

Bumbu Halus :

  • bawang putih
  • 5 buah cabe merah buang biji
  • 10 siung bawang merah
  • 7 siung butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 5 buah cabe kriting buang biji
  • 2 cm jahe
  • 1 buah tomat
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya kaldu jamur

Langkah Membuat Pepes Udang :

  1. Kucurkan air perasan jeruk nipis diatas udang yang akan dimasak.
  2. Blender semua bahan yang di gunakan untuk membuat bumbu halus, hingga mencapai tekstrur yang anda inginkan.
  3. Campurkan bumbu halus, serai yang sudah di cicang (bisa dengan cincang dengan ukuran besar supaya bisa dipisahkan nanti), kemangi, santan, dengan udang aduk hingga semua tercampur dengan rata
  4. Setelah itu anda bisa lanjut gunting daun pisang kemudian bakar diatas api supaya daun pisang tersebut menjadi lemas dengan tujuan agar tidak mudah robek
  5. Simpan adonan udang dan selembar daun salam diatas daun pisang yang sudah di bakar, gulung sampai semua tertutup lalu semati ujungnya dengan menggunakan tusuk gigi atau di hekter (isi 1 bungkus 4 udang)
  6. Setelah semua bahan telah terbungkus semuanyya anda bisa lanjutkan dengan cara mengukus pepes udang tersebut kurang lebih selama 10 menit setelah itu anda bisa angkat
  7. Kemudian anda bisa membakar pepes udang tersebut di atas kompor sampai dengan daun pisang memunculkan bau yang wangi
  8. Jika dirasa pepes telah matang dengan sempurna anda bisa menghidangkan pepes udang dengan nasi panas, siap disantab bersama keluarga.

2. Pepes Udang Kelapa Parut

resep pepes udang

Bahan yang Digunakan :

  • 1 biji telor
  • kelapa parut (dari 1/2 butir kelapa,kelapa nya yang agak muda)
  • 1 buah cabai merah besar(potong sesuai dengan selera anda)
  • 300 gram udang kecil
  • 1 buah tomat (potong juga sesuai keinginan anda)

Bahan yang Dihaluskan :

  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • secukupnya jahe
  • 1 batang serai
  • secukupnya gula
  • garam
  • penyedap rasa

Langkah Membuat Pepes Udang Parut Kelapa

  1. Ambil udang sekitar 75-100 gram lalu anda bisa ulek udang kalau sudah halus masukkan kedalam parutan kelapa beserta garam gula,penyedap rasa
  2. Setelah itu masukkan juga bahan yang sudah dihaluskan tadi, kemudian aduk sampai rata lalu masukkan telor dan aduk lagi hingga merata
  3. Kemudian anda bisa masukkan cabai dan tomat, kemudian bungkus adonan tersebut dengan daun pisang
  4. Kemudian kukus selama kurang lebih 10 menit lalu bakar diatas arang sampai tak ada air lagi yang menetes,pepes udang pun siap untuk dihidangkan

Oh iya selain resep pepes udang tadi, kali ini saya juga akan sedikit membahas mengenai manfaat mengkonsumsi udang bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Mengkonsumsi Udang Bagi Kesehatan

udang

1. Udang Sebagai Penyeimbang Hormon

Manfaat mengkonsumsi udang yang paling utama yaitu penyeimbang hormone-hormon yang ada di dalam tubuh kita. Khususnya, jika kita sering melakukan aktivitas olahraga udang tersebut sangatlah bermanfaat.

Udang yang memiliki kandungan protein yang banyak akan mendukung memproduksi hormone dan menyeimbangkan jumlah hormone yang ada di dalam tubuh.

Apalagi jika kita menginginkan peningkatan massa pada otot, hormone pembentuk massa otot akan dapat diproduksi dengan baik oleh nutrisi yang terkandung di dalam udang tersebut.

2. Udang Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker ternyata juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi udang. Pada 56 mikrogram di dalam 4 ons udang yang kita konsumsi, mengandung selenium dengan jumlah yang sesuai kebutuhan mineral selenium dalam tubuh.

Mineral selenium merupakan zat antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Bahkan, telah ada yang membuktikan bahwa kandungan selenium di dalam udang tersebut dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita.

3. Udang dapat Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Anti depresi

Selain penyakit kanker, udang juga dapat menjadi faktor pendorong pencegah yang bisa dikatakan unik untuk menghindari resiko terkejangkit penyakit kardiovaskular seperti penyakit gagal jantung.

Lagi-lagi, selenium adalah faktor yang sangat berpengaruh pada pencegahan penyakit jantung ini. karena kekurangan selenium ternyata dapat berakibat pada tingginya resiko terjadinya gagal jantung.

Penyakit diabetes yang tergolong penyakit yang bisa dikatakan sulit untuk disembuhkan juga. Bisa kita cegah dengan memasukan udang ke dalam menu makanan yang akan kita konsumsi setiap harinya.

Dan satu lagi nih, selenium yang terkandung di dalam udang bermanfaat pula sebagai pencegahaan ataupun pengobatan bagi penderita penyakit depresi. Wow banget kan manfaat si udang ini?

4. Udang sebagai Sumber Omega 3

Beberapa orang beranggapan bahwa udang sebagai sumber kolesterol jahat atau LDL yang tinggi, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak memasukan udang ke dalam menu sehat pada setiap harinya.

Tahukah anda jika udang adalah sumber omega 3 yang dapat dibilang sangat lengkap? Saya yakin sebagian besar dari anda sudah mengetahui manfaat omega 3 kan ? sangat penting untuk otak pada organ tubuh kita.

Ya, banyak penelitian sudah membuktikan kebenaran bahwa udang memiliki kandungan omega 3 yang beragam.

Di dalam empat ons udang, terkandung 50% Eicosapentaenoic Acid atau EPA dan terkandung juga Docosahexaenoic Acid atau DHA dalam presentase seimbang yakni 50%.

EPA dan DHA sendiri merupakan dua jenis omega 3 yang berperan aktif guna menjaga kesehatan sistem syaraf dan sebagai faktor pencegah penyakit yang berkaitan dengan organ jantung.

5. Udang Mengandung Zat Anti Inflamasi

Riset membuktikan bahwa udang mengandung zat yang dapat digunakan sebagai anti inflamasi. Zat anti inflamasi tersebut merupakan Astaxanthin dan selenium mineral.

Astaxanthin ini terdapat pada pigmen warna yang terdapat di cangkang udang. Zat tersebut sudah banyak diteliti oleh para ahli dan ditemukan bahwa zat ini sangat berguna untuk mencegah maupun mengobati inflamasi.

6. Udang sebagai Sumber Makanan Kaya Protein

Udang merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi sumber protein yang sangat baik. Kandungan protein di dalam udang bahkan menjadikan udang masuk ke dalam sepuluh besar makanan paling sehat di dunia.

Dan, udang mengandung protein yang tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan tubuh tetapi juga memiliki kualitas protein yang sangat bagus. Kegunaan protein tentu sangat banyak.

Pertumbuhan kuku, rambut maupun untuk meningkatkan massa otot.

7. Udang dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Jika anda merasakan kurang berselara untuk makan, disarankan anda untuk mengkonsumsi udang. Kenapa? Ini karena udang tersebut mengandung banyak protein jika dikonsumsi akan membantu membentuk zat bernama peptida.

Peptida di dalam tubuh akan merangsang pelepasan hormon yang berkaitan dengan nafsu makan yaitu hormon cholecystokinin (CCK). Jumlah CCK inilah yang mengatur tingkat nafsu makan seseorang.

Dengan adanya peptida, jumlah hormon CCK dapat diatur sehingga anda pun dapat memiliki nafsu makan anda kembali.

8. Udang Sebagai Obat Anemia

Udang memiliki jumlah Vitamin yang tinggi dan beragam.  Di antaranya, udang memiliki kandungan vitamin B. Tidak hanya satu jenis vitamin B saja tetapi ada juga vitamin B jenis lainnya.

Vitamin B dalam udang yaitu vitamin B6, B12, Kolin, Niasin dan asam pantotenis. Manfaat dari vitamin-vitamin B ini yaitu untuk menstabilkan tekanan darah serta dapat mencegah terjadinya anemia pada tubuh kita.

Bahkan mereka yang sudah diduga menderita penyakit kekurangan darah ini dapat diobati dengan konsumsi udang yang disesuaikan.

Itu tadi sedikit pemaparan mengenai resep pepes udang dengan beberapa varian caranya. Bagi anda yang ingin mencoba hal lain saya punya reverensi olahan yang bisa anda coba Resep Keripik Bayam Untuk dijual