Kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat olahan kue dadar gulung. Selain itu saya juga akan membahas mengenai resep dadar gulung polkadot.

Kenapa kue dadar gulung polkadot? Karena saat ini di era yang telah moderen muncul berbagai macam resep telur dadar dengan berbagi model varian mulai dari rasa, penampilan dan penyajiaannya.

Siapa sih yang nggak tau apa itu dadar gulung? Kemungkinan besar dari anda telah tau apa itu dadar gulung. Olahan satu ini merupakan salah satu makanan yang memiliki cita rasa yang khas dan lembut khas pula.

Bagi anda yang penasaran akan olahan dadar gulung polkadot anda bisa mencobannya dirumah, berikut ini beberpa macam resep kue dadar gulung polkadot.

Beberapa Resep Dadar Gulung Polkadot

1. Resep Dadar Gulung Polkadot Kekinian

resep dadar gulung polkadot

Bahan Kulit :

  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 600 ml air
  • 2 sdm minyak
  • Sejumput garam
  • 1 sachet santan (65 ml)
  • secukupnya Pewarna makanan

Bahan Isi :

  • 1/2 butir Kelapa parut
  • 2 lembar daun pandan
  • 100 grm Gula merah
  • 1 sdm gula putih, sesuai selera

Langkah Membuat Telur Gulung :

  1. Untuk membuat bahan isian dengan cara. Masukan semua bahan isian pada penggorengan lalu masak sampai gula tersebut larut dan agak berkurang. Setelah itu anda bisa mengkatnya lalu sisihkan.
  2. Buat untuk adonan kulit olahan telur gulung ini dengan cara. Masukan tepung terigu dan tepung sagu aduk, lalu beri air dengan cara sedikit demi sedikit.
  3. Tambahkan telur yang sebelumnya sudah dikocok. Aduk hingga semua tercampur dengan rata sampai tidak ada yang bergerindil. (Boleh juga disaring). Pisahkan sedikit adonan untuk diberi pewarna sesuai dengan keinginan anda.
  4. Setelah asemua selesai anda bisa memanaskan teplon, tuang sedikit-sedikit agar membentuk bulat sehingga menutupi seluruh bagian teplon tersebut. Lalu masukan adonan berikutnya, seperti buat dadar biasa.
  5. Saat pinggirannya mengering, anda bisa mengangkatnya. Setelah itu beri unti lalu lipat menyerupai bentuk amplop.
  6. Kemudian itu anda bisa menyajikan olahan ini sesuai dengan selera anda.

2. Dadar Gulung Polkadot Fla Keju

resep dadar gulung polkadot

Kulit Dadar :

  • 250 grm tepung terigu serbaguna
  • 2 sendok makan tepung kanji
  • 1 butir telur
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 600 ml air
  • Pewarna makanan merah muda, biru,ungu, hijau, kuning
  • Keju secukupnya untuk diatas kue

Bahan untuk Membuat Fla :

  • 2,5 sendok makan maizena
  • 125 ml air untuk melarutkan maizena
  • 70 grm gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 250 ml susu UHT
  • 1sendok makan essence rum

Langkah untuk Membuat Telur Gulung Polkadot :

  1. Masak terlebih dahulu adonan untuk membuat flanya dengan cara campurkan susu dan gula sampai larut.
  2. Larutkan maizena dengan menggunakan air, dan 1 kuning telur lalu aduk rata. Setelah itu masukan dalam adonan susu tadi sambil terus diaduk pakai whisk, sampai mengental dan mendidih.
  3. anda bisa menyisihkan dan dinginkan, setelah itu anda bisa masukan essence rum
  4. Aduk rata terigu, kanji, telur, minyak dan air pakai whisk. Saring agar adonan halus saat di pan dadar. Ambil adonan 1 sendok sayur di wadah kecil untuk diberi warna, saya 5 warna. Sisa tetap warna asli.
  5. Siapkan pan dadar panaskan dahulu pan,pakai api sedang-kecil. Pakai sendok kecil teteskan masing-masing warna tadi sesuai dengan selera anda.
  6. Sambil pegang diangkat pan dari kompor. Sebagian saja, yang tampak bagian luar dadar setelah digulung nanti.
  7. Segera tuang adonan putih diatas tetesan warna tadi, pan masih diangkat dari kompornya.
  8. Lakukanlah sampai adonan habis, sambil menunggu fla tadi dingin.
  9. Ambil adonan dadar, isi fla, lipat seperti amplop, beri sepotong keju diatasnya,dan digulung plastik.

Selain itu saya juga ingin menyampaikan sedikit ilmu mengenai manfaat mengkonsumsi telur yang dilakukan secara rutin. Semoga bermanfaat bagi kesehatan anda dan menjadikan ilmu yang berguna.

Manfaat Mengkonsumsi Telur Secara Rutin

telur ayam

1. Tubuh Panen Nutrisi

Telur yang sarat dengan vitamin A, E, B6, B12, tiamin, riboflavin float, zat besi, fosfor, magnesium, selenium dan masih banyak lagi lainnya.

2. Menstabilkan Hormon Dalam Tubuh

Telur sendiri mengandung lipoprotein densitas tinggi (HDL) yang sangat vital bagi tubuh dan otak manusia. HDL sendiri memberikan stabilitas ke setiap sel darah tubuh dan membantu hormon tubuh memproduksi seperti halnya hormon testoteron, estrogen dan kortisol.

3. Meningkatkan Daya Ingat dan Kinerja pada Otak

Ya telur merupakan sumber yang kaya akan kolin yang mempromosikan perkembangan otak dan fungsi memori pada otak manusia.

4. Menyehatkan Mata

Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, vitamin karotenoid, yang diperlukan untuk indra pengelihatan manusia. Hal tersebut mengurangi resiko degenerasi makula terkait usia yang menyebabkan kebutaan pada usia lanjut.

5. Menguatkan Otot

Program diet yang hanya berisikan putih telur itu dapat membantu membangun otot tubuh menjadi lebih kuat. Jadi anda tak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi telur setiap harinya, bisa 3 butir setiap harinya.

6. Tulang pada Tubuh Menjadi Kuat

Pada telur mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk tubuh manusia. Vitamin D juga membantu dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat kalsium.

7. Turunkan Berat Badan

Suatu studi mengungkapkan bahwa mengkonsumsi telur selama sarapan akan mengurangi jumlah makanan yang akan kita konsumsi di jam berikutnya. Maka jangan heran nantinya berat badan akan berkurang.

8. Cegah Resiko Terkena Penyakit Stroke

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi telur dan memilih untuk diet rendah karbohidrat sebenarnya secara tidak langsung juga mengurangi resiko terserang penyakit stroke.

9. Kaya akan Asam Amino

Pada telur juga mengandung semua asam amino esensial yang tepat. Hal tersebut memungkinkan tubuh kita untuk mengolah penggunaan proteind yang ada di dalamnya

Selain manfaat mengkonsumsi telur ada juga beberapa resiko yang mungkin terjadi saat kelebihan makan telur. karena sesuatu yang berlebihan itu pasti ada resikonya.

3 Resiko yang mungkin Muncul Saat Kelebihan Mengkonsumsi Telur

1. Meningkatkan Kolesterol

Satu butir telur itu mengandung sekitar kurang lebih sebanyak 185 mg kolesterol per butirnya. Konsumsi 6 butir dalam seminggu menjadi batas maksimal yang diperbolehkan. Namun jumlah ini juga harus diimbangi dengan aktivitas olahraga yang cukup.

Anda harus menjaga tingkat kolesterol tubuh anda di bawah 200 miligram per harinya. Bila Anda terlalu banyak makan telur, Anda akan mengalami peristiwa kelebihan kolesterol.

Nah peristiwa tersebut dapat mengakibatkan tubuh akan mengalami peningkatan kolesterol dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

2. Risiko Diabetes

Kandungan lemak dalam telur juga bisa memicu penyakit diabetes, terutama pada wanita. Mengapa karena makan telur ayam setiap hari membuat pria berisiko 55% mengalami diabetes tipe dua. Sedangkan wanita, berisiko sekitar 77%, lebih besar dari pria.

3. Jerawat

Meski tidak langsung menyebabkan jerawat, telur dapat membuat jerawat pada sebagian orang semakin memburuk. Pola makan yang tinggi daging dan produk daging termasuk telur, biasanya mengandung karbohidrat olahan.

Sedangkan makanan olahan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Peradangan akan membuat laju produksi kelenjar minyak meningkat, sehingga membuat kulit berminyak, mengundang bakteri dan memicu munculnya jerawat di kulit.

Itu tadi sedikit pemaparan dari saya mengenai beberapa macam resep kue dadar gulung yang dapat anda coba di rumah. Selain cocok untuk di konsumsi bersama keluarga, juga bisa untuk jual beli.

Ouh iya bagi anda yang ingin mencoba membuat cemilan sendiri di rumah, ini ada sedikit reverensi untuk anda Aneka Cemilan Kering Pedas

Semoga sedikit ilmu yang saya sampaikan mengenai manfaat mengkonsumsi telur itu dapat bermanfaat bagi anda. Dan selamat mencoba resep dadar gulung polkadot semoga berhasil dan yang penting kenyangnya.