Kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat apem jawa kukus, pasti penasarankan karena biasanya olahan satu ini dimasak bukan dikukus namun digoreng.

Siapa sih yang nggak tahu apa itu apem, olahan yang terkenal dengan ciri khas bentunya bundar danberwarna sedikit kecokelatan. Dengan cita rasa yang legit, namuntahukah anda bagaimana cara membuat apem jawa kukus?

Mungkin sebagia dari anda telah tau bagaimana cara membuat apem jawa kukus, namun tak bisa dipungkiri sebagian besar dari anda juga ada yang belum tau bagaimana sih caranya?

Nah berikut ini beberapa resep dan cara membuat apem jawa kukus yang bisa anda coba dirumah.

Cara Membuat Apem Jawa Kukus

1. Resep Apem Kukus

cara membuat apem jawa kukus

Bahan yang Digunakan :

  • 100 gram tepung terigu
  • 150 gram tepung beras
  • 250 gram gula Jawa
  • 50 gram gula pasir
  • 1/2 sachet fermipan
  • 50 gram tape singkong
  • 200 ml santan instan
  • 600 ml air kelapa
  • 100 ml air
  • 1/4 btr kelapa agak muda
  • 2 lbr daun pandan wangi
  • 1/8 sdt garam
  • secukupnya Margarin

Langkah untuk Membuat Apem Kukus :

  1. Kupas & cuci bersih kelapa lalu parut kasar, kemudian tambahkan sedikit garam aduk rata lalu tambahkan selembar pandan kukus sebentar.
  2. Campur gula pasir, gula jawa, pandan & 100 ml air lalu didihkan hingga gula larut, kemudian saring & sisihkan hingga suhu turun menjadi hangat
  3. Campur tepung terigu, tepung beras, santan, garam, fermipan aduk hingga rata lalu tambahkan air kelapa, sirup gula jawa & tape kemudian aduk2 hingga tdk bergerindil
  4. Diamkan adonan selama 1 jam, olesi cetakan bunga seroja dg margarin & panaskan panci kukusan
  5. Setelah adonan mengembang tuang ke dalam cetakan isi setinggi 3/4 bagian cetakan
  6. Kukus selama 10 menit
  7. Hidangkan apem kukus Seroja dengan parutan kelapa

2. Apem Kukus Gula Merah

cara membuat apem jawa kukus

Bahan yang Digunakan :

  • 250 grm tepung terigu serba guna
  • 200 grm gula merah (cacah gula merah kecil)
  • 100 ml air
  • 5 sdt double acting baking powder
  • 100 ml minyak goreng
  • secukupnya Garam
  • Meises secukupnya untuk topping saja

Langkah untuk Membuat Apem Kukus Gula Merah :

  1. Masak air hingga mendidih masukkan gula merah aduk hingga mencair saring, sisihkan.
  2. Ayah tepung terigu, baking powder dan garam.
  3. Masukkan gula merah cair kedalam terigu aduk rata.
  4. Masukkan minyak goreng kedalam adonan aduk rata.
  5. Tuang kedalam cetakan yang sudah dioles minyak. Tambahkan meises secukupnya untuk topping, Kukus selama 25 – 30 menit dengan api sedang.
  6. Dan apem kukus gula merah siap dinikmati. Teman nikmat kopi dan teh hangat­čśŐ

Manfaat Tepung Terigu

Tepung terigu adalah salah satu jenis tepung yang sering dijadikan sebagai adonan makanan ataupun kue, tapi tahukah Anda bahwa tepung terigu ini memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan kulit wajah?

Lalu apa saja yang dapat dilakukan oleh tepung terigu untuk kulit wajah Anda? simak artikel di bawah ini.

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Memanfaatkan tepung terigu agar wajah anda menjadi lebih cerah dari sebelumnya dengan cara membuat masker menggunakan tepung terigu, 1 sendok yogurt dan sedikit campuran bubuk kunyit.

Cara pakainya oleskan masker terigu secukupnya ke wajah hingga merata selanjutnya diamkan selama 25 menit dan bilas hingga bersih. Cara ini dapat membantu kulit wajah Anda menjadi lebih cerah.

Itu karena kandungan yogurt dan kunyit merupakan bahan pembuatan kosmetik yang dipercaya mampu mencerahkan kulit kusam. Jadi bukan karena tepung terigunya, sebab peran terigu di masker adalah sebagai media maskernya.

2. Membantu Mengatasi Jerawat

Bisa memang untuk ngilangin jerawat? Insyallah bisa. Menurut yang ada diluaran sana, masker dari tepung terigu, madu dan teh hijau dapat mengatasi jerawat yang ada di wajah Anda.

Caranya bisa dikatakan sama seperti pada no 1, hanya saja waktu mendiamkan lebih lama yaitu didiamkan semalaman.

Cara ini mungkin tidak akan langsung dapat menghilangkan jerawat Anda, tapi secara bertahap dan dilakukan secara rutin. Hindari juga makanan yang kaya lemak dan bersihkan wajah dengan air apabila terkena debu ataupun setelah ber make up.

Kandungan tepung terigu minim akan aneka nutrisi dan kaya akan karbohidrat dan protein. Namun jika dinalar kandungan nutrisi pada terigu tidak ada yang langsung memberikan manfaat untuk kulit kita jika di aplikasikan menjadi masker ataupun lulur tubuh.

Jika kedua macam racikan masker di atas mengharuskan anda untuk campuran bahan lain selain terigu seperti teh hijau, madu, yogurt dan kunyit agar kulit wajah menjadi lebih cerah dan mengatasi beberapa masalah kulit dengan asupan nutrisi dari bahan tambahan itu.

Kalau menurut saya lebih praktis menggunakan masker buah seperti tomat, semangkan ataupun buah-buahan yang lain karena kaya vitamin. Namun jika Anda memang tertarik menggunakan masker dari tepung terigu silahkan anda coba di rumah.

Semoga sedikit pemaparan ini Manfaat Tepung Terigu Untuk Kulit Wajah dapat bermanfaat bagi anda.

Manfaat Tepung Terigu Berdasarkan Jenisnya

1. Tepung Terigu Protein Tinggi

Tepung terigu yang protein tinggi memiliki kadar gluten paling tinggi yaitu berkisar antara 13%-14%  sehingga memiliki kemampuan mengikat dan memerangkap gas dengan baik yang membuat adonan mengembang sempurna dan tekstur lebih kenyal.

Namun kelemahannya, yaitu tepung terigu jenis ini terbilang cepat basi dan berjamur sehingga tidak dapat bertahan lebih lama.

Tepung terigu jenis ini dapat dibilang lebih cocok untuk membuat adonan makanan yang memerlukan elastisitas tinggi.

Beberapa jenis makanan yang dapat dibuat dari tepung terigu jenis ini antara lain: roti, pasta, donat, kue sus, roti tawar, sandwich, burger, hot dog, beberapa jenis mie seperti mie tarik, mie ayam, mie kuning, mie instan, mie telor mie lidi serta martabak telot.

2. Tepung Terigu Protein Sedang

Tepung terigu yang protein sedang memiliki kadar gluten menengah yaitu berkisar kurang lebih antara 11%-12% dan pada umumnya sering digunakan sebagai tepung serba guna dalam pembuatan makananan.

Nah tepung ini dengan protein sedang baik sekali untuk makana dengan tekstur lembut namun cukup mengembang.

Beberapa makanan yang cocok dibuat dari tepung terigu jenis ini antara lain beberapa macam cake seperti bolu, banana cake, brownies, bolu gulung, roti manis, waffle, martabak manis ataupun kegunaan lain yang lebih luas.

3. Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu protein rendah memiliki kadar gluten paling rendah yaitu tak lebih dari 11% dan baik sekali untuk membuat kue-kue yang bertekstur renyah. Kelebihannya, tepung terigu jenis ini memiliki daya tahanan yang lebih lama dikarenakan rendahnya kadar protein di dalamnya.

Tepung terigu jenis ini sering digunakan untuk membuat makanan yang tidak mengutamakan volume dan kekenyalan pada olahannya.

Beberapa jenis makanan yang cocok dibuat dari tepung terigu protein rendah antara lain seeperti kue kering dan biskuit, maupun bakpia , sponge cake, black forest, chocolate cake, lapis Surabaya, ya seperti olahan kue basah dan yang lainnya seperti untuk membuat bahan campuran gorengan.

Nah itutadi pemaparan saya mengenai cara membuat apem jawa kukus yang bisa anda coba di rumah. Semoga berhasil dan yang jelas kenyannya, selain itu saya tadi sedikit menyinggung mengenai manfaat dari tepung terigu itu sendiri. Semoga bermanfaat bagi anda.

Bagi anda yang gemar memasak saya punya sedikit reverensi yang mungkin jika anda tertarik anda bisa mencobanya juga Cara Membuat Pisang Molen Coklat Enak