Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang resep bolu kukus coklat mekar. Tapi tahukah Anda cara membuat bolu kukus? ya, simak resep berikut ini!

Bolu

 

resep bolu kukus coklat mekar

 

Dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus.

Cake merupakan makanan manis (sweet goods) yang terbuat dari bahan utama: tepung terigu, gula, telur dan margarin.

Secara etimologi berdasar Kamus Oxford, kata Cake (dalam bahasa Inggris) berasal dari kata “Kaka” yang berasal dari bahasa kuno Norse (yaitu bahasa yang di gunakan oleh pendatang dari utara Jerman) di wilayah scandinavia masa era viking pada abad 13.

Cake pada masa itu sangat berbeda dengan cake yang kita makan pada masa sekarang. Bentuk cake menyerupai roti dengan rasa manis yang berasal dari madu. Pada awal sejarah cake, cake di buat untuk memperingati ritual upacara keagamaan.

Namun seiring dengan perkembangan zaman cake di sajikan secara khusus untuk memperingati hari bersejarah dalam kehidupan manusia seperti hari kelahiran, perkawinan, pembabtisan, masa liburan dan bahkan di sajikan saat ada kematian, sebagai kue spesial untuk penghormatan bagi orang-orang tercinta.

Perkembangan Cake mulai sangat bervariatif pada abad 19 sejak di ketemukannya Baking Powder sebagai bahan pengembang kue(leavening agent) sehingga kita dapat mengenal seperti yang kita makan saat ini, dengan penambahan gula icing sebagai topping ataupun penggunaan butter cream sebagai hiasan.

Istilah yang sebelumnya di kenal sebagai makanan yang memiliki bentuk seperti roti dengan penambahan madu sebagai pemanis, menjadi sangat beragam setelah di ketemukannya bahan pengembang cake tersebut. Di berbagai negara Eropa sejarah cake di kenal sangat beragam.

Sedangkan di Perancis Cake di kenal istilah gateaux yang merupakan makanan yang berasal dari adonan pastry seperti :puff pastry, shortcrust pastry,sweet pastry,choux pastry (kue sus), Genoese dan meringue.

Sejarah Bolu

Bolu merupakan makanan manis (sweet goods) yang terbuat dari bahan utama : tepung terigu, gula, telur dan margarin.

Secara etimologi berdasar Kamus Oxford, kata bolu atau Cake (dalam bahasa Inggris) berasal dari kata “Kaka” yang berasal dari bahasa kuno Norse (yaitu bahasa yang di gunakan oleh pendatang dari utara Jerman) di wilayah scandinavia masa era viking pada abad 13.

Bentuk cake menyerupai roti dengan rasa manis yang berasal dari madu. Tak hanya bolu coklat yang lezat ada juga bisa mencoba resep puding dengan cara membuat puding coklat yang lezat.

Pada awal sejarah Bolu, bolu di buat untuk memperingati ritual upacara keagamaan, namun seiring dengan perkembangan zaman cake di sajikan secara khusus untuk memperingati hari bersejarah dalam kehidupan manusia.

Seperti hari kelahiran, perkawinan, pembabtisan, masa liburan dan bahkan di sajikan saat ada kematian, sebagai kue spesial untuk penghormatan bagi orang-orang tercinta.

Perkembangan bolu mulai sangat bervariatif pada abad 19 sejak di ketemukannya baking powder sebagai bahan pengembang cake (leavening agent) sehingga kita dapat mengenal cake seperti yang kita makan saat ini, dengan penambahan gula icing sebagai topping ataupun penggunaan butter cream sebagai hiasan ataupun filling.

Menjadi sangat beragam setelah di ketemukannya bahan pengembang cake tersebut. Di berbagai negara Eropa sejarah cake di kenal sangat beragam.

Sedangkan di Perancis Cake atau bolu di kenal istilah gateaux yang merupakan makanan yang berasal dari adonan pastry seperti : puff pastry, shortcrust pastry,sweet pastry,choux pastry (kue sus), Genoese dan meringue.

 

2. Resep Bolu Kukus Coklat Mekar

Bahan :

  • Tepung terigu 500 g
  • Gula pasir 400 g
  • Minuman bersoda tawar 450 ml
  • Telur 4 butir
  • Emulsifier 2 sdt (TBM/SP)
  • Baking powder 1 sdt
  • Pasta vanilla 1 sdm
  • Pasta coklat 3 sdt
  • Kertas kue bolu 20 cup

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar  :

  1. Ayak tepung terigu dengan baking powder. Sisihkan.
  2. Campur semua. Kocok dengan mixer yang berkecepatan tinggi selama 10 menit hingga mengembang. Turunkan kecepatan mixer.
  3. Lalu tambahkan tepung terigu dan baking powder yang telah diayak ke dalam wadah bergantian dengan minuman soda sedikit demi sedikit sembari terus dikocok.
  4. Ambil 100 g adonan dan lalu tambahkan pasta coklat.
  5. Tambahkan pasta vanilla pada adonan satunya.
  6. Siapkan cetakan kue bolu kukus lapisi dengan kertas kue bolu kukus.
  7. Tuang adonan putih pada cetakan lalu tambahkan sedikit chocolate.
  8. Kukus selama 20 menit atau hingga mengembang.
  9. Diamkan pada suhu ruangan selama 5 menit, lalu lepas kue dari cetakannya.

Bila anda berniat menjadikanya sebagai peluang usaha pasti sangat menguntungkan. dan anda perlu yang namanya brangkas supaya apa yang anda dapatnkan dari usaha ini dapat tersimpan dengam aman.

Itulah ulasan tentang resep cara membuat bolu kukus yang mudah. Natikan rese-resep saya berikutnya. Terimakasih atas perhatian Anda semua.

Semoga bermanfaat.