Kali ini saya akan memnbahas mengenai cara membuat dan resep bubur ketan hitam kental yang mudah untuk anda coba membuatnya dirumah.

Siapa sih yang nggak tahu apa itu bubur ketan hitam? olahan yang bisa dijadikan sebagai pengganjal lapar dan makanan pencuci mulut. Olahan yang satu ini memiliki cita rasa yang khas ya itu gurih dan manis.

Saya yakin sebagian besar dari anda telah banyak yang tahu bagaimana cara membuat bubur ketan hitam itu. Nah bagi anda yang penasaran tapi belum tahu cara membuatnya saaya akan berbagi beberapa resep bubur ketan hitam kental, bagi anda.

Beberapa Resep Bubur Ketan Hitam

1. Bubur Ketan Hitam Kental

resep bubur ketan hitam kental

Bahan yang Dibutuhkan :

  • 1 1/2 ons beras ketan Hitam
  • 10 sdm gula
  • 3 sdm tepung beras
  • Secukupnya air
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 bungkus santan kara

Langkah Membuat Bubur Ketan Hitam :

  1. Anda bisa cuci dan Rendam beras ketan hitam selama kurang lebih semalaman
  2. Hancurkan bisa menggunakan alat seadanya (bisa pakai ulekan dibungkus plastik)
  3. Masak beras ketan dengan menggunakan air secukupnya. Masukkan pandan namun jangan lupa sesekali di aduk biar tidak lengket di bagian bawah. Sembari menunggu air habis kita masak santan didalam panci yang lain.
  4. Masukkan santan kara pada panci kecil,air ¾ gelas belimbing,sepucuk sendok garam dan daun pandan 1 lembar. Masak sampai mendidih sambil di aduk agar santan tidak pecah. Setelah matang anda bisa matikan kompor.
  5. Bubur ketan hitam Jgan sampai kehabisan air. Jika dirasa kurang empuk tambahkan lagi dengan air.
  6. Setelah empuk tambahkan air secukupnya,dan masukkan gula,aduk2 sampai air habis. Larutkan tepung beras dengan air secukupnya. Tuangkan pada bubur yang dalam posisi hampir matang. Aduk cepat sampai mengeluarkan letupan – letupan, lalu matikan kompor

2. Bubur Ketan Hitam Santan Kental

resep bubur ketan hitam kental

Bahan yang Dibutuhkan :

Bahan Bubur :
  • 100 gram beras ketan hitam
  • 2 liter air putih
  • 1/2 sendok garam
  • selera Gula pasir, takaran sesuai tingkat kemanisan yang diinginkan
  • 2 lembar daun pandan (kalau tidak ada tidak usah pakek it’s ok)
Bahan Santan Kental :
  • 200 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok garam

Langkah Membuat Bubur Ketan Hitam :

  1. Rendam beras ketan dengan air terlebih dahulu selama kurang lebih 2 jam, kemudian tiriskan
  2. Masukkan hasil rendaman beras ketan tadi dengan 2 ltr air, garam, dan gula. Jangan lupa cicipi agar rasanya sesuai dengan keinginan anda. Masak sampai menjadi bubur, setelah itu anda bisa angkat
  3. Selanjutnya untuk bahan kuah santannya, yaitu anda bisa masukan santan kental kurang lebih sebanyak 200 ml, garam dan daun pandan, masak sampai benar – benar mendidih.
  4. Setelah bahan bubur dan kuah santan telah siap, anda bisa tuang bubur kedalam mangkuk, lalu siram dengan menggunakan santan kental. Nah bubur ketan hitam siap untuk disajikan

7 Manfaat Mengkonsumsi Ketan Hitam yang Kaya akan Serat

Memiliki tekstur yang legit dan empuk, ketan hitam kerap diolah menjadi aneka hidangan manis, tak terkecuali menu berbuka puasa.

Biasanya, ketan hitam dipadukan bersama bubur candil, kacang hijau, dan bubur sumsum dalam sajian Bubur Kampiun khas Minang, atau disajikan dengan santan sebagai sajian Bubur Ketan Hitam.

Selain nikmat, ketan hitam ternyata kaya akan serat yang baik bagi pencernaan, lho. Tak hanya itu, ketan hitam juga dapat meningkatkan energi karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.

Dilansir Organic Facts, berikut tujuh manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi ketan hitam:

1. Membuat Lebih Cepat Kenyang

Kaya akan serat, ketan hitam dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Serat pada ketan hitam tersebut dapat membantu makanan melewati proses pencernaan lebih cepat, sehingga makanan akan lebih cepat terserap oleh tubuh.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ketan hitam sejatinya memiliki kandungan serat paling tinggi dibandingkan dengan jenis padi-padian lainnya. Selain itu, ketan hitam juga memiliki kandungan lemak yang rendah.

Serat yang tinggi dapat membantu menyingkirkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah, sedangkan kadar lemak yang rendah mampu mencegah penyakit jantung koroner.

3. Meringankan Penyakit Diabetes

Kadar serat makanan pada ketan hitam yang tinggi mampu membantu meringankan penyakit diabetes. Serat di sini berperan untuk mengatur pelepasan insulin dan glukosa ke aliran darah, sehingga dapat mengurangi lonjakan dan penurunan gula darah.

4. Melancarkan Pencernaan

Sudah menjadi rahasia umum bila serat memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan kesehatan pada pencernaan. Selain itu, serat juga berperan dalam meningkatkan asupan nutrisi dan mencegah timbulnya penyakit pencernaan seperti sembelit, diare, dan perut kembung.

5. Meningkatkan Energi

Sebagai salah satu bahan pangan yang kaya akan karbohidrat, ketan hitam dapat memberikan asupan energi dalam waktu singkat. Tak heran, makanan ini kerap disajikan saat buka puasa karena dapat membuat tubuh bugar kembali setelah berpuasa seharian.

6. Menurunkan Berat Badan

Kandungan mineral dan komponen aktif pada ketan hitam juga mampu meningkatkan metabolisme yang dapat membakar kalori dan lemak.

Ketan hitam juga dapat mengurangi kebiasaan menyantap kudapan di sela-sela makan berat karena dapat membuat perut terasa kenyang lebih cepat.

7. Mencegah Inflamasi

Warna hitam pada ketan hitam menandakan bahwa makanan tersebut memiliki kandungan anthocyanin tinggi. Anthocyanin sendiri merupakan antioksidan alami yang dipercaya mampu mencegah inflamasi dan masuknya zat-zat pemicu kanker ke dalam tubuh kita.

Efek Terlalu Berlebihan Mengkonsumsi Beras Ketan

Efek samping dari mengkonsumsi bubur ketan hitam secara berlebih dan salah dalam pengolahannya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Asam Lambung

Ketan hitam digolongkan biji-bijian yang kaya karbohidrat. Yang mana mengkonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan kadar asam lambung sehingga pengkonsumsinya bisa merasakan perih atau sakit di bagian ulu hati bahkan sampai sesak di dada jika sudah parah.

Sehingga disarankan, untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mengkonsumsi makanan ini secukupnya.

2. Perut Kembung

Ketan ini juga merupakan makanan yang mengandung gas dan sulit untuk dicerna tubuh, sehingga akan memperberat kinerja lambung dan usus dalam melakukan proses pencernaan makanan.

Jika dikonsumsi berlebih, bukannya memberikan energy yang banyak bagi tubuh malah perut menjadi terasa bengkak dan sering buang angin.

3. Kandungan Alkohol

Ketidak tepatan dalam mengolahpun bisa menjadi berbahaya bagi sebagian orang. Ketan hitam yang difermentasi menjadi tape dapat membuatnya mengandung alkohol daalam jumlah yang banyak.

Tape ketan hitam mungkin rasanya enak, namun membahayakan bagi orang yang memiliki riwayat sakit maag

Nah itu tadi sedikit pemaparan mengenai resep bubur ketan hitam kental yang bisa anda coba di rumah. Selain itu saya juga sedikit mengulas mengenai apa sih manfaat mengkonsumsi ketan hitam dan resiko yang didapat bila terlalu berlebihan mengkonsumsinya.

Bagi anda yang ingin mencobanya semoga berhasil dan yang penting kenyangnya. Ini saya ada sedikit reverensi nih buat anda yang gemar membuat olahan di rumah. Jika anda penasaran dan berniatan untuk membuatnya anda bisa baca Cara Masak Ayam Semur Bali Spesial