Kali ini saya akan membahas tentang olahan yang nikmat. Olahan itu adalah rendang, kali ini saya akan berbagi beberapa resep rendang ayam dan telur.

Siapa sih yang nggak kenal rendang? ya makanan yang memiliki cita rasa yang nikmat dengan bumbu yang meresap sampai ke lapisan paling dalam. Saya yakin sebagian besar dari anda banyak yang sudah tau cara dan resep membuat rendang ayam dan telur.

Beberapa Resep Rendang Ayam dan Telur yang Enak

1. Resep Rendang Ayam dan Telur

resep rendang ayam dan telur

Bahan yang Perlu Disiapkan :

  • 1/4 paha ayam
  • Kelapa parut segenggaman
  • 4 butir telor ayam
  • Kelapa parut separoh (pisahkan perasan pertama secangkir)
  • Batang sereh 2 btg (geprek)
  • Kelapa perasan kedua semangkuk kecil
  • 2 lembar Duan kunyit + daun salam + daun jeruk purut masing2

Bahan untuk Bumbu Halus :

  • 5 buah Kemiri
  • 1 ruas Jahe
  • Kunyit sedikit (kira – kira cukup)
  • 2 sdt Ketumbar bubuk
  • Laos juga sedikit (boleh di haluskan boleh juga di geprek saja)
  • 10 buah Bawang merah
  • 5 siung Bawang putih
  • Cabe merah banyakin
  • Cabe rawit kecil sesuai selera (pedas atau tidak)

Langkah Membuat Rendang Ayam dan Telur :

  1. Yang pertama anda lakukan adalah meraebus telurnya dulu. Sembari menunggu telur matang anda bisa mulai menghaluskan bumbu bumbu yang ada.
  2. Setelah itu anda bisa lanjut yang berikutnya adalah gongseng kelapa parutnya hingga berwarna kecoklatan.
  3. Tumis bumbu halus nya sampai dengan setengah matang. Lalu anda dapat memasukkan batang sereh, dan bebagai dedaunan (salam, kunyit, jeruk).
  4. Lalu tambahkan gula, garam, penyedap rasa (anda bisa pakai sesuai dengan selera) cek rasanya bila telah sesuai dengan keinginan anda. Kemudian anda dapat masukkan paha ayam nya. Tunggu hingga ayam mulai matang dan bumbunya mulai meresap sempurna.
  5. Setelah itu ada bisa lanjut untuk masukkan perasan kedua santan sebanyak semangkuk kecil kedalam tumisan ayam tersebut. Anda bisa tunggu sampai kuahnya menjadi lebih sedikit (menyusut).
  6. Saat kuah tinggal sedikit anda bisa memasukkan lagi santan perasan yang pertama (secangkir) dan masukan pula telur rebusnya. Tunggu sampai sedikit menyusut kuahnya, masukkan kelapa gongsengnya.
  7. Yang perlu untuk diingat yaitu selalu mengaduk biar tidak gosong dibagian bawahnya. Kemudian Koreksi rasa dan kematangan nya setelah itu anda bisa menyajikannya sesuai dengan selera anda.

2. Rendang Telur Ati Ampela Ayam

resep rendang ayam dan telur

Bahan yang Perlu untuk Disiapkan :

  • 5 butir Telur ayam
  • 1 sdt Garam
  • 5 pasang Ati ampela
  • 1 sdt Gula
  • secukupnya Air
  • 1 sdt Kaldu ayam
  • 65 ml santan kara
  • secukupnya Minyak goreng

Bahan untuk Bumbu Halus :

  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 2 buah kemiri
  • 1 ruas laos
  • 4 siung Bawang putih
  • 1 1/2 sdt ketumbar (bubuk)
  • 8 buah Cabai merah keriting
  • 1/4 sdt jinten
  • 5 siung Bawang merah
  • 1 sdt merica (bubuk)
  • 1/4 biji Pala

Tambahan Bumbu Tumis  :

  1. 3 lembar Daun salam
  2. 2 biji cengkeh
  3. 4 lembar Daun jeruk
  4. 1 Batang sereh (geprak)

Langkah Membuat Rendang Ampela Ayam dan Telur :

  1. Pertama kali anda haru menyiapkan air yang mendidih, rebus telur selama kurang lebih  7 menit. Setelah itu anda bisa angkat dan tiriskan jika telur benar sudah matang. Rendam di air dingin suhu ruangan agar seapt dingin setelah itu anda bisa angkat, lalu kupas telur itu.
  2. Langkah selanjutnya yaiu anda bisa cuci bersih ati ampela, kemudian didihkan air rebus selama kurang lebih 10 menit. Angkat lalu potong ati ampela tersebut sesuai selera anda. Anda bisa sisihkan.
  3. Cuci semua bumbu bumbunya, lalu bisa blender bumbu halus (atau bisa dengan cara manual).
  4. Kemudian panaskan minyak, tumis bumbu halus dan bumbu tambahan sampai mengeluarkan aroma yang harum dan matang.
  5. Beri air nya lalu aduk tunggu sampai benar – benar mendidih, dan anda bisa masukkan telur dan potongan ati ampela tadi ke dalamnya.
  6. Yang terakhir anda bisa lanjut untuk masukkan santan. Beri garam dan kaldu ayam aduk dan anda tes rasa seauai dengan selera anda . Tunggu sampai kekentalan yang anda inginkan.
  7. Setelah benar matang anda bisa mengangkatnya dan sajikan sesuai selera anda.

Manfaat Mengkonsumsi Ayam

1. Tinggi Protein

Pada daging ayam itu tinggi akan kandungan protein sehingga bisa membangun otot anda supaya jadi lebih kuat dari sebelumnya.

Selain itu, kandungan lemak sehat yang ada di dalamnya bisa mengekang nafsu makan anda, membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, dan baik untuk mendukung program penurunan berat badan.

2. Anti Depresan Alami

Ayam pun mengandung asam amino yang sering disebut dengan tryptophan. Zat ini akan meningkatkan kadar serotonin di dalam otak dan memiliki manfaat positif untuk memperbaiki suasana hati anda.

3. Mencegah Keroposnya Tulang

Suatu saat tulang akan memasuki masa keropos ketika usia anda semakin menua. Mengkonsumsi ayam akan membantu anda untuk melawan peristiwa pengeroposan tulang dan mencegah terkena penyakit yang berhubungan dengan persendian.

4. Baik untuk Jantung

Makan ayam dapat membantu anda dalam mengendalikan dan menekan kadar homosistein dan melindungi jantung anda dari berbagai penyakit kardiovaskular.

5. Kaya akan Fosfor

Kandungan fosfor yang berada dalam ayam sangat efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang anda. Termasuk juga untuk mendukung kesehatan ginjal, lever, dan sistem saraf pusat.

6. Mengandung selenium

Selenium yaitu salah satu dari zat sehat yang ada terkandung di dalam ayam. Selenium adalah mineral penting yang membantu anda untuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh, mendukung kerja kelenjar tiroid, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

7. Meningkatkan Kerja Sistem Metabolisme

Kandungan vitamin B6 yang ada di dalam daging ayam membantu anda untuk mencerna makanan tanpa menyimpannya sebagai lemak dalam tubuh anda. Sehingga anda akan terhindar dari kegemukan atau obesitas.

8. Kaya Niasin

Niasin merupakan vitamin penting yang berguna untuk mencegah terjadinya penyakit kanker dan berbagai jenis kerusakan pada DNA.

9. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan retinol, alfa, beta karoten, dan lycopene yang ada di dalam ayam berfungsi untuk menjaga tingkat ketajaman mata anda.

10. Menjaga Kesehatan Jaringan Tubuh

Banyak dari kamu yang mungkin sering mengalami masalah bibir pecah-pecah atau kulit kering. Zat di dalam ayam yang disebut dengan riboflavin membantumu untuk memperbaiki jaringan tubuh dan menghindarkanmu dari gangguan kesehatan di atas.

Itulah manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dari makan ayam seperti yang dilansir dari boldsky.com. Agar lebih sehat, kurangi mengolah ayam dengan cara digoreng atau dibakar

Selain itu juga saya akan bahas sedikit mengenai resiko yang mungkin muncul saat kita sering mengkonsumsi daging ayam . simak berikut ini pemaparan saya, semoga bermanfaat bagi anda.

Resiko Terlalu Sering Mengkonsumsi Daging Ayam

1. Sebabkan Sakit Kepala

Jenis ayam potong atau ayam boiler ini memiliki potensi buruk bagi kesehatan. Bahan-bahan yang ada di dalam ayam menyimpan beberapa residu obat-obatan kimiawi.

Bisa jadi karena memang ayam tersebut di suntik, atau berasal dari pakan ayam. Ini bisa berakibat fatal bagi tubuh Anda. Yang ditakutkan adalah jika bahan kimia tersebut bisa menyebabkan sakit kepala dan masalah neurologis lainnya.

2. Banyak Karsinogen

Kelebihan zat kimiawi dalam tubuh akan berpengaruh buruk bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah memicu karsinogen di dalam tubuh. Karsinogen adalah zat pemicu kanker di dalam tubuh. Bila di biarkan akan menyebabkan risiko penyakit kanker apa saja.

Saat sarang karsinogen berada pada bagian payudara, maka akan menyebabkan penyakit kanker payudara. Jika yang terserang pada bagian nasofaring, maka akan menyebabkan kanker nasofaring.

3. Infeksi Pencernaan

Menurut sebuah tes yang dilakukan pada ayam broiler, ditemukan bahwa daging ayam 97 persen mengandung kuman dan bakteri berbahaya. Jika pencucian daging ayam tidak bersih, ini tentunya fatal untuk kesehatan pencernaan.

4. Kebal antibiotik

Ayam broiler memiliki kekebalan tubuh yang rendah dan itulah sebabnya mereka diperkuat dengan antibiotik atau zat kimiawi lain, ini bisa berpengaruh pada tubuh manusia.

Ayam yang di beri anti biotik residu zat – zat yang diberikan tidak bisa hilang, melainkan akan tetap menetap pada bagian daging ayam tersebut.

Jika ini masuk ke tubuh manusia, maka anti biotik ini juga masuk ke dalam tubuh. Efek jangka panjangnya adalah manusia kebal terhadap anti biotik.

5. Menggunakan Hormon Sintetis

Banyaknya residu obat-obatan kimiawi dalam daging ayam karena di suntik,  lalu dari pakan ayam diberi hormon sintetis yang membuat ayam pedaging terlihat lebih besar. Ketika dikonsumsi, ada kemungkinan hormon-hormon ini masuk ke tubuh manusia dan menyebabkan masalah reproduksi.

6. Kolesterol

Daging ayam ternyata mengandung kolesterol tinggi, terutama pada bagian kulit yang berlemak. Penumpukan kolesterol ini bisa menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung.

Itu tadi sedikit pemaparan mengenai resep dan cara membuat rendang ayam dan telur yang bisa anda coba dirumah. Sebagai tambahan untuk anda yang ingin melakukan usaha ini dan ingin membuka rumah makan, namun terkendala dengan iklim dan suhu. Maka anda bisa mencari jasa pasang ac untuk menambah kenyamanan pengunjung yang datang di usaha rumah makan anda dan membuat usaha anda menjadi lebih maju lagi.

Selain itu saya juga sedikit mengulas mengenai manfaat dan resiko mengkonsumsi daging ayam bagi kesehatan anda.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasildan yang jelas kenyangnya. Oh iya bagi anda yang ingin mencoba olahan yang lain saya ada sedikit reverensi nih yang dijamin nikmat untuk anda dan keluarga Resep Masak Ikan Bandeng Asap